< Marketing

5 Langkah Memulai Bisnis di Instagram

5 Langkah Memulai Bisnis di Instagram

Marketing

Dewasa ini media sosial sering dijadikan sebagai alat untuk berjualan. Tak sedikit orang yang membeli sebuah produk dari Instagram. Dari sisi pelaku bisnis, mereka tidak perlu memiliki toko fisik untuk berjualan sehingga memangkas biaya sewa tempat dan pengeluaran lainnya. Sedangkan dari sisi konsumen, mereka bisa mendapatkan barang yang diinginkan tanpa harus pergi ke toko atau pusat perbelanjaan, sehingga menghemat waktu dan energi. Nah, buat Anda yang hendak memulai bisnis di Instagram, simak 5 langkah berikut ini:

1. Membuat Akun Khusus 
Tentunya bila Anda hendak berjualan, Anda wajib memiliki akun khusus dengan nama yang menarik dan mudah diingat orang lain. Atau jika sudah memiliki online shop, Anda dapat menggunakannya sebagai nama akun Instagram Anda untuk memulainya.

2. Cari Followers Sebanyak-banyaknya
Semakin banyak followers yang mem-follow Instagram shop Anda, maka semakin banyak juga orang yang tahu produk yang Anda jual. Untuk mendapatkan followers, Anda dapat menggunakan beberapa cara.

Pertama, menggunakan tagar popular di Instagram yang berhubungan dengan produk- yang Anda jual. Kedua, menggunakan jasa follower terpercaya yang sudah memiliki banyak followers. Ketiga, menggunakan Instagram Ads. Instagram Ads biasanya bertuliskan sponsored, muncul pada bagian timeline, serta memiliki jangkauan target market yang lebih luas. Sehingga menjadikan brand Anda dikenal banyak orang.

3. Posting Foto Secara Teratur & Menarik
Posting-lah foto secara teratur. Ini penting! Rencanakan waktu dan berapa posting-an yang harus di-upload ke dalam Instagram setiap harinya. Let’s say, sehari Anda harus mengunggah foto produk sebanyak 4 hingga 5 posting terbaru setiap harinya. Anda juga harus menentukan pukul berapa saja Anda harus mengunggah foto ke dalam Instagram shop. Sebaiknya lakukanlah pada jam 9.00, 12.00, 15.00, 18.00, 21.00. Karena pada jam-jam tersebut banyak orang yang sedang online dan searching apapun yang mereka suka di internet maupun media sosial.


Pastikan juga Anda memiliki foto produk yang bagus dan poleslah foto tersebut sebelum di-upload. Karena foto menjadi faktor paling penting yang harus diperhatikan dalam bisnis online. Jika Anda tidak dapat memotret sendiri produk yang hendak dijual, Anda bisa mencari dan menggunakan jasa fotografer profesional. Namun Anda harus menyediakan budget khusus untuk yang satu ini.

4. Memberi Diskon
Diskon adalah hal yang selalu menarik minat para calon pembeli, terutama kaum wanita. Ini adalah salah satu trik agar para calon pembeli mau mengunjungi, mem-follow Instagram shop Anda, dan akhinya membeli prduk yang Anda jual.

5. Menyortir Akun
Terkadang jika kita sudah mem-follow seseorang di Instagram, belum tentu mereka akan bersedia mem-follow balik kita. Nah, hal-hal seperti ini juga akan terjadi pada pemilik Instagram shop. Oleh karena itu sortirlah akun-akun yang tidak mem-follow Instagram shop Anda. Caranya Anda bisa menggunakan pihak ketiga dengan mengunduh aplikasi Unfollower for Instagram atau InstaFollow for Instagram. Dari situ penyortiran followers pun bisa Anda lakukan. Selamat mencoba dan semoga berhasil!