< Tips

5 Langkah Menjadi Karyawan yang Berharga Bagi Perusahaan

5 Langkah Menjadi Karyawan yang Berharga Bagi Perusahaan

Tips

Persaingan dunia kerja saat ini memang semakin terasa sengit. Setiap orang tidak hanya dituntut pandai menyelesaikan pekerjaannya saja, tetapi juga dituntut untuk lebih cekatan dan berdedikasi terhadap pekerjaanya. Bila Anda adalah orang yang sangat career oriented, tentunya kenaikan jabatan sangatlah penting bagi kehidupan karier Anda.

Tetapi itu semua tidak akan dengan mudah bisa didapatkan begitu saja. Butuh perjuangan yang lebih untuk mencapai itu semua. Agar perusahaan tempat di mana Anda bekerja melihat Anda sebagai karyawan yang berharga, ada beberapa langkah yang harus dijalankan. Simak artikel berikut ini!

1. Do More
Menyelesaikan pekerjaan sudah menjadi kewajiban Anda terhadap perusahaan. Selesaikanlah pekerjaan dengan tepat waktu dan jangan lupa untuk memberikan nilai lebih, karena dengan demikian Anda dipandang memiliki value yang berbeda dengan karyawan lain.

Salah satu contohnya adalah detail dalam mengerjakan dan menyelesaikan tugas yang diberikan oleh atasan. Apabila Anda menunjukkan kinerja yang baik dan disertai tanggungjawab lebih, maka perusahaan pun akan menyimpan rasa percaya pada Anda. Tak hanya itu, siap-siap saja Anda diberikan tanggung jawab yang lebih besar, yang artinya naik jabatan dan naik gaji.

2. Loyalitas
Seseorang dapat menjadi aset berharga suatu perusahaan bila dia menunjukkan loyalitasnya terhadap perusahaan. Bentuk loyalitas bukan hanya ditunjukkan dengan waktu kerja lama saja, tetapi ditunjukan juga dengan adanya rasa kepemilikan terhadap perusahaan. Tunjukanlah bahwa Anda selalu memberikan yang terbaik!

3. Berinteraksi Dengan Manajemen
Tidak ada salahnya melakukan interaksi dengan manajemen. Hal ini bukan berarti menjilat atau sok akrab dengan atasan atau manajemen, melainkan menunjukkan bahwa Anda adalah sosok yang supel dan dan mudah bergaul. Sesekali berinteraksi dengan atasan atau manajemen, baik di dalam maupun di luar kantor tidak masalah selama dilakukan masih dalam batas wajar.

4. Memahami Keuangan Perusahaan
Ingat, memahami keuangan perusahaan bukan berarti mencari gosip keuangan perusahaan! Bagaimana caranya memahami keuangan perusahaan? Biasanya perusahaan akan mengumukan profit secara periodik. Nah, dari situ Anda bisa menyumbangkan saran maupun solusi cara mencapai profit lebih banyak lagi.

5. Memiliki Dedikasi Yang Tinggi
Apakah Anda termasuk orang yang bekerja secara dedikasi terhadap perusahaan? Jika ya, Anda bisa termasuk orang yang berharga bagi perusahaan. Dedikasi tidak hanya meliputi pengorbanan tenaga, pikiran, waktu demi keberhasilan suatu perusahaan. Tetapi juga melakukan tujuan mulia dan pengabdian pada perusahaan untuk mencapai keberhasilan.

Itu sebabnya, orang-orang yang selalu dinomorsatukan oleh perusahaan ataupun atasan adalah orang-orang yang memiliki dedikasi tinggi dan dapat diandalkan. Jadi, jadilah orang yang berdedikasi jika Anda ingin menjadi karyawan yang penting dan berharga bagi perusahaan. Good luck!