< FYI

5 Makanan Alami untuk Menambah Trombosit

5 Makanan Alami untuk Menambah Trombosit

FYI

Saat trombosit atau keping darah dalam tubuh Anda menurun, otomatis sistem kekebalan tubuh Anda pun ikut turun sehingga bisa menyebabkan Anda mudah sakit. Misalnya, terkena demam berdarah. Nah, 5 makanan di bawah ini bisa Anda konsumsi untuk menambah trombosit agar dapat terhindar dari penyakit. Check it out!

1. Kurma
Selain rasanya yang manis, ternyata kurma mengandung zat besi yang tinggi, lho. Selain itu kurma juga mengandung nutrisi lainnya yang dapat membantu untuk menambah trombosit secara alami. 

2. Angkak
Angkak adalah jenis beras putih tertentu yang difermentasikan menggunakan ragi khusus hingga mengubah warnanya menjadi merah.

Dahulu angkak digunakan oleh penduduk Cina sebagai campuran rempah masakan dan juga ramuan herbal. Namun, kini Anda bisa menemukannya di beberapa supermarket sebagai bumbu masakan.

Jadi untuk mengonsumsinya, Anda bisa mencampurnya dengan masakan yang sehat. Selain untuk menambah trombosit, angkak juga bermanfaat untuk menurunkan kolesterol, lho.  

3. Pepaya
Buah pepaya diyakini sebagai buah terbaik untuk meningkatkan jumlah keping darah di dalam tubuh. Selain mengonsumsi buahnya, Anda juga bisa merebus daun pepaya untuk meningkatkan kadar trombosit secara alami. 

4. Sayuran Hijau
Sayuran hijau seperti bayam, kangkung, dan yang lainnya bermanfaat untuk meningkatkan jumlah keping darah. Alasannya karena sayuran hijau mengandung vitamin K yang baik dikonsumsi ketika trombosit menurun. 

5. Gandum Utuh
Mengonsumsi gandum utuh sebagai asupan karbohidrat lebih baik daripada nasi. Banyaknya serat, nutrisi, mineral, dan vitamin yang terkandung dalam gandum dapat membantu meningkatkan jumlah keping darah dalam tubuh.

Rolled oats merupakan salah satu bentuk gandum utuh dalam makanan yang bisa Anda jadikan asupan karbohidrat. Dan agar lebih nikmat dimakan, Anda bisa mengonsumsinya dalam bentuk overnight oats yang manfaatnya bisa juga Anda baca di sini.