< FYI

5 Makanan ini Ternyata Dapat Memberikan Efek Bahagia

5 Makanan ini Ternyata Dapat Memberikan Efek Bahagia

FYI

“Anda adalah apa yang Anda makan", mungkin ungkapan yang satu ini sudah tidak asing lagi bagi Anda. Namun kenyataannya, apa yang Anda makan akan mempengaruhi suasana hati, bahkan ada makanan yang dapat membuat seseorang merasa bahagia.

Ada alasan mengapa terkadang Anda merasa sedikit murung setelah menyantap makanan tertentu. Terlepas dari rasa bersalah karena telah mengonsumsi makanan berkalori tinggi, terlalu banyak gula ternyata juga dapat menekan suasana hati, sehingga efek rileks dan bahagia yang dihasilkan hanya terasa di awal saja.

Tapi tenang! Masih ada cara untuk memperbaiki suasana hati Anda hanya dengan melahap makanan. Kuncinya adalah memilih makanan yang dapat meningkatkan hormon endorfin dan membuat Anda merasa seperti baru saja melakukan olahraga kardio. Dilansir dari telegraph.co.uk, ada lima makanan yang ternyata jika dikonsumsi dapat membuat Anda merasa bahagia sepanjang hari. Apa sajakah itu?

1. Alpukat
Buah yang satu ini memiliki kandungan kolin di dalamnya, yang dapat meningkatkan kadar serotonin di dalam tubuh. Tak hanya itu, kandungan vitamin E yang terdapat di dalam buah alpukat juga dapat membuat kulit Anda lebih halus. Namun, buah ini juga mengandung lemak tinggi, sehingga dianjurkan memakan secukupnya saja.

2. Cabai
Mungkin Anda akan terheran-heran begitu mengetahui cabai dapat memberikan efek bahagia. Saat memakan cabai, ada sensasi terbakar yang Anda rasakan. Pada saat itulah tubuh melepaskan opioid, atau endorfin alami, yang dapat membuat suasana hati Anda membaik. Selain itu, cabai juga ampuh dalam membunuh patogen. Jadi selain dapat memperbaiki suasana hati, cabai juga dapat mencegah tubuh Anda terkena flu.

3. Cokelat
Cokelat yang dimaksud di sini bukan cokelat batangan, karena lebih banyak mengandung gula, melainkan cokelat murni. Cokelat murni mengandung theobromine yang berperan dalam memberikan stimulan sehat. Cokelat murni akan memberikan asupan endorfin dan antioksidan pada tubuh Anda.

4. Sayuran Hijau
Beragam sayuran hijau pada umumnya memiliki satu kesamaan, yaitu sama-sama dapat meningkatkan kadar endorfin dalam tubuh. Vitamin B6 yang banyak terkandung dalam sayuran hijau dapat mengurangi hormon kortisol, hormon yang dapat membuat seseorang merasa cemas atau stres.

5. Kacang Brazil
Kacang Brazil mengandung kadar selenium yang cukup tinggi. Selenium akan membantu tubuh Anda meningkatkan hormon serotonin di dalam tubuh, yang dapat memperbaiki suasana hati Anda. Namun, sama seperti alpukat, kacang Brazil juga memiliki kandungan lemak yang tinggi, sehingga lebih baik dikonsumsi secukupnya saja.