< FYI

5 Makanan Ini Ternyata Dapat Menimbulkan Masalah Ingatan

5 Makanan Ini Ternyata Dapat Menimbulkan Masalah Ingatan

FYI

Masalah ingatan biasanya dialami mereka yang sudah berusia lanjut. Hal ini terjadi karena sistem kerja otak ikut melemah seiring bertambahnya usia. Tapi ternyata, masalah ingatan juga dapat menimpa orang-orang berusia muda karena faktor makanan. Bagaimana bisa?

Ternyata otak kita membutuhkan banyak nutrisi yang sangat baik. Misalnya lemak sehat, buah-buahan, sayuran, protein tanpa lemak, vitamin, serta mineral baik. Namun sayangnya banyak orang yang sedikit mengonsumsi makanan yang mengandung semua nutrisi tersebut. Mereka justru terlalu banyak mengonsumsi karbohidrat kompleks, makanan olahan, dan gula yang dapat merangsang produksi racun dalam tubuh. Racun tersebut dapat menyebabkan peradangan dan plak di otak yang mengakibatkan masalah pada ingatan.

Dilansir dari Alzheimers, ternyata ada beberapa makanan yang mendorong terbentuknya masalah ingatan. Selengkapnya bisa Anda baca di bawah ini.

1. Olahan Daging
Daging asap seperti bacon, kalkun, atau ham mengandung nitrosamin yang bisa menyebabkan hati menghasilkan lemak beracun bagi otak.

2. Olahan Keju
Keju mengandung protein yang justru dapat meningkatkan risiko alzheimer. Makanan olahan keju yang dapat menimbulkan masalah ingatan antara lainstik mozzarella, Cheez Whiz, keju Amerika, dan lain-lain.

Photo Source: https://pixabay.com/

3. Bir
Beberapa bir mengandung nitrit di dalamnya yang berkaitan erat dengan alzheimer. Karena itu, sebaiknya Anda jangan terlalu banyak mengonsumsi bir.

Photo Source: https://pixabay.com/

4. Makanan Berwarna Putih
Makanan ini antara lain pasta, kue, gula putih, nasi putih, dan roti putih. Mengkonsumsi makanan tersebut dapat menyebabkan lonjakan produksi insulin dan mengirimkan racun ke otak.

Photo Source: https://pixabay.com/

5. Popcorn
Makanan ini mengandung diacetyl, bahan kimia yang dapat meningkatkan plak amyloid di otak. Penelitian membuktikan bahwa penumpukan plak amyloid dapat menyebabkan seseorang terserang alzheimer. Semoga informasi ini bermanfaat untuk Anda!

Photo Source: https://pixabay.com/