< FYI

5 Makanan yang Masih Bisa dikonsumsi Meski Sudah Kedaluwarsa

5 Makanan yang Masih Bisa dikonsumsi Meski Sudah Kedaluwarsa

FYI

Seperti yang dilansir oleh Dailymail.co.uk, makanan yang sudah melewati tanggal kedaluwarsa bukan berarti dapat membahayakan kesehatan jika dikonsumsi, hanya saja kualitas rasa dan tekstur makanan tersebut akan menurun. Pada dasarnya, batas kedaluwarsa makanan terbagi menjadi dua, best before dan expiry date.

Best before sendiri merupakan batas waktu makanan dalam kondisi terbaik. Dengan kata lain jika Anda mengonsumsi makanan lewat dari best before yang tercantum pada kemasan, maka tidak akan membahayakan, hanya kualitas rasa menurun. Sementara expiry date adalah batas waktu makanan aman dikonsumsi. Makanan yang sudah lewat expiry date-nya tentu bisa membahayakan jika dikonsumsi, seperti produk olahan daging dan produk makanan lain yang mudah membusuk. Lantas, makanan apa saja yang masih bisa dan aman dikonsumsi meski sudah lewat tanggal kedaluwarsanya?

1. Biskuit

photo source: pixabay.com

Proses pemanggangan yang tinggi membuat biskuit masih bisa dikonsumsi meski telah melewati masa best before-nya hingga dua bulan. Biskuit yang sudah mulai lembek masih bisa dikonsumsi dengan catatan dipanggang kembali agar teksturnya lebih renyah lagi.

2. Sereal

photo source: pixabay.com

Selama kemasan sereal favorit Anda tertutup rapat dan disimpan dalam tempat sejuk serta tidak terkena matahari langsung, sereal masih aman dikonsumsi meski lewat 1 bulan dari masa best before-nya.

3. Cokelat

photo source: pixabay.com

Cokelat yang disimpan dalam lemari pendingin tidak kurang dari 21 derajat celcius akan bertahan lebih lama dari tanggal kedaluwarsa yang tertera pada kemasannya. Hal ini juga berlaku untuk makanan lain yang mengandung banyak gula.

4. Keju

photo source: pixabay.com

Keju dengan tekstur keras, seperti cheddar masih bisa Anda konsumsi meski sudah lewat masa best before-nya. Meski bagian luarnya berjamur, Anda masih bisa menggunakan bagian dalamnya yang masih bersih.

5. Yogurt

photo source: pixabay.com

Meski terbuat dari susu, yogurt bisa bertahan hingga 6 minggu lamanya dari tanggal kedaluwarsa yang tertera selama disimpan dalam lemari pendingin dalam keadaan tertutup rapat. Pastikan sebelum mengonsumsi, yogurt tersebut tidak berbau asam dan berubah warna.