< FYI

5 Makanan ini Bisa Bantu Turunkan Berat Badan

5 Makanan ini Bisa Bantu Turunkan Berat Badan

FYI

Tergiur memiliki tubuh langsing? Sayangnya, sebagian besar orang malah terjebak dalam metode yang salah. Bahkan, ada yang menggunakan obat-obatan untuk mendapatkan berat badan ideal. Tapi ternyata ada beberapa kudapan yang terbukti dapat menyehatkan sekaligus membantu Anda turunkan berat badan selama diimbangi dengan olahraga.

1. Kacang-kacangan

photo source: pixabay.com

Bukan rahasia lagi jika kacang-kacangan dikenal kaya akan protein dan fiber. Studi yang dilakukan Universitas Minnesota menunjukan jika fiber yang terkandung dalam kacang-kacangan membuat seseorang merasa kenyang dalam waktu yang cukup lama. Namun, tidak semua jenis kacang dapat membantu menjaga berat badan agar tetap ideal. Beberapa kacang yang baik untuk kesehatan antara lain kacang mete yang terbukti rendah lemak dan tinggi akan zat besi, kacang badam yang kaya akan vitamin E dan kacang tanah untuk menstabilkan gula darah dalam tubuh.

2. Ubi Jalar

photo source: pixabay.com

Selain kaya akan serat, ubi jalar juga memiliki banyak kandungan vitamin A dan B6. Satu porsi ubi jalar mengandung hingga 400 kalori, itu sebabnya ubi jalar sangat cocok dikonsumsi sebagai kudapan. Meski rendah kalori, ubi jalar juga kaya akan karbohidrat yang membuat Anda merasa cepat kenyang, sekaligus mengontrol gula darah.

3. Kentang Rebus

photo source: pixabay.com

Masih dari keluarga umbi-umbian, kentang juga dipercaya ampuh menurunkan berat badan. Yang perlu Anda ingat, kentang dan jenis umbi-umbian lain wajib diolah dengan cara direbus atau dikukus, harus terbebas dari tambahan gula maupun garam.

4. Yogurt

photo source: pixabay.com

Bukan frozen yogurt, melainkan plain atau yogurt cair yang bisa Anda jadikan kudapan untuk memperoleh berat badan ideal. Pilih yogurt rendah lemak untuk mempercepat proses metabolisme, sehingga proses pembuangan zat-zat yang tidak dibutuhkan tubuh menjadi lancar. Anda bisa mengonsumsi yogurt langsung maupun dengan campuran makanan lain, seperti buah atau madu.

5. Dry fruit

photo source: pixabay.com

Dry fruit atau buah kering terbukti kaya akan beberapa serat dan karbohidrat. Tidak mengherankan jika beberapa jenis buah kering mampu membuat Anda merasa kenyang lebih lama. Sebut saja aprikot kering, kurma, prune dan kismis yang mengandung kalsium, magnesium, potassium dan vitamin B5 yang dapat mengatasi rasa lapar bahkan hingga 5 jam setelah mengonsumsinya. Sungguh menakjubkan!