< FYI

5 Manfaat Berjalan Bagi Tubuh

5 Manfaat Berjalan Bagi Tubuh

FYI

Kegiatan yang dilakukan sehari-hari tanpa disadari terkadang memiliki manfaat yang baik bagi kesehatan tubuh. Salah satunya adalah berjalan. Ya, tahukah Anda bahwa ada setidaknya 5 manfaat sehat berjalan bagi tubuh? Simak di artikel berikut!

1. Keseimbangan Emosional
Ketika Anda merasa bad mood atau memiliki hari yang buruk. Hal yang paling mudah dilakukan untuk mengobatinya adalah dengan berjalan. Keluarlah dari rumah atau ruang kerja Anda dan berjalan sambil menikmati pemandangan dan hirup udara segar. Dalam 15 menit pikiran Anda akan kembali fokus dan bad mood akan segera pergi. 

2. Pelepas Stres
Sebuah penelitian menunjukkan bahwa berjalan dapat menurunkan kadar hormon stres. Maka dari itu ketika Anda sedang memiliki banyak pikiran, keluarlah untuk berjalan dan Anda akan merasa lebih baik secara fisik, mental, dan spiritual.

3. Fleskibilitas Pinggul
Dengan berjalan, pinggul Anda akan memiliki aktifitas. Ketika berjalan menjadi aktifitas rutin Anda, pinggul Anda akan menjadi lebih fleksibel. Selain itu, dengan berjalan juga dapat memecah asam laktat pada otot yang dapat membantu tubuh untuk cepat pulih kembali dan memungkinkan untuk membentuk otot menjadi lebih ramping. 

4. Pemulihan
Berjalan dapat menjadi alternatif Anda untuk memulihkan tubuh. Ketika Anda sedang tidak enak badan namun perlu berolahraga, janganlah melakukan jogging. Anda hanya perlu berjalan, dengan berjalan tubuh Anda akan tetap berkeringat dan tetap bisa membakar kalori. Setelah berjalan, tubuh Anda akan terasa bugar kembali. 

5. Kreativitas
Saat berjalan, pikiran akan menjadi lebih relaks dan terkadang Anda akan menemukan hal-hal baru. Nah, hal tersebut dapat memicu kreativitas Anda sehingga akan muncul ide-ide dan pemikiran baru di kepala Anda.