< FYI

5 Manfaat Buah Semangka   

5 Manfaat Buah Semangka  

FYI

Buah merupakan salah satu makanan yang mengandung banyak serat dan baik untuk tubuh. Namun ada juga buah berserat dan mengandung air, seperti salah satunya adalah buah semangka. Buah yang memiliki daging berwarna merah ini ternyata memiliki banyak khasiat, diantaranya adalah:

1. Antioksidan
Polusi udara seperti asap kendaraan bermotor dan asap pabrik merupakan radikal bebas yang dapat membahayakan kesehatan tubuh. Pada buah semangka ditemukan senyawa karotenoid yang berfungsi untuk menetralisir racun dan radikal bebas yang masuk ke dalam tubuh seseorang.

2. Mengontrol Tekanan Darah
Apabila Anda memiliki tekanan darah yang melebihi batas normal, sebaiknya berhati-hatilah karena jika dibiarkan dapat menimbukan penyakit jantung dan stroke. Untuk mencegah hal tersebut, maka tidak ada salahnya Anda mengonsumsi semangka. Buah ini juga baik untuk mengontrol tekanan darah tinggi. Karena mengandung senyawa karotenoid inilah semangka dipercaya dapat mengatur dan menurunkan tekanan darah seseorang.

3. Memberi Kesegaran Pada Kulit
Buah mengandung banyak air sehingga baik untuk memelihara kesehatan kulit. Tak hanya itu, bila Anda rajin memakan semangka dapat memperlambat proses penuaan. Semangka membuat kulit menjadi segar, kencang, dan mengobati jerawat.

4. Memelihara Kesehatan Jantung Dan Ginjal
Buah semangka juga mengandung likopen. Likopen baik untuk memelihara kesehatan jantung Anda. Selain disajikan dengan dipotong, semangka juga bisa disajikan sebagai jus.  

5. Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh
Semangka banyak mengandung vitamin C. Vitamin ini dibutuhkan tubuh dan dapat meningkatkan daya tahan tubuh. Apabila seseorang mengonsumsi vitamin C dengan cukup maka akan jarang sakit, seperti yang dikatakan sebelumnya imunitas tubuhnya kebal. Maka dari itu, apabila Anda rajin mengonsumsi buah semangka akan membuat Anda tidak gampang sakit.