< FYI

5 Manfaat Cuka Apel untuk Kecantikan

5 Manfaat Cuka Apel untuk Kecantikan

FYI

Mungkin Anda sudah mendengar ada banyak sekali manfaat cuka apel untuk kecantikan. Pada dasarnya, cuka apel sudah dikenal sejak zaman Yunani kuno sebagai salah satu bahan pengobatan. Hasil fermentasi buah apel ini mengandung betakaroten dan pH yang berguna untuk kulit, rambut, serta kuku. Berikut beberapa manfaat cuka apel yang belum banyak diketahui.

1. Mengurangi Noda Hitam

Perempuan mana yang ingin terlihat tua? Tanda-tanda penuaan seperti noda hitam yang sudah mulai tampak pada wajah dapat dihilangkan dengan cuka apel. Caranya, cukup mencampur cuka apel dengan bawang merah yang dijus. Aplikasikan pada noda hitam yang tampak pada wajah. Perawatan murah dengan bahan-bahan dapur ini memang memakan waktu yang tidak sebentar, namun patut dicoba.

2. Mendinginkan Kulit

Kulit wajah terasa terbakar setelah berjemur di bawah matahari? Campuran cuka apel dengan es batu dapat digunakan untuk mendinginkan kulit. Basuh campuran setengah botol cuka apel dengan beberapa butir es batu pada wajah. Ulangi beberapa kali hingga wajah terasa tidak panas lagi.

3. Melawan dan Menghilangkan Jerawat

Selain untuk menghilangkan jerawat membandel, cuka apel juga mampu melawan jerawat. Kandungan antibakteri dalam cuka apel mampu menjaga kulit dari bakteri penyebab jerawat. Anda juga dapat mencampur cuka apel dengan madu dan sedikit tepung hingga teksturnya berubah seperti adonan. Aplikasikan pada jerawat, diamkan selama beberapa menit, bilas hingga bersih.

4. Melawan Garis Halus

Untuk melawan sekaligus mengurangi garis-garis halus (keriput), cuka apel dapat digunakan sebagai pengganti sabun cuci muka. Mencuci muka dengan cuka apel atau mengaplikasikan cuka apel dengan kapas pada kulit wajah dapat membantu mengurangi garis halus dan tanda penuaan lain.

5. Toner Wajah

Campuran seimbang antara cuka apel dan air terbukti ampuh menjadi toner alami wajah. Mengaplikasikan cuka apel pada wajah berguna untuk membuat kulit wajah lebih halus dan terlihat cerah. Di samping itu, cuka apel juga berguna menjaga pH kulit agar tetap seimbang, sehingga tidak membuatnya terlalu kering atau berminyak seperti toner lain.