< FYI

5 Manfaat ini Bisa Didapatkan dari Minum Kopi

5 Manfaat ini Bisa Didapatkan dari Minum Kopi

FYI

Sebagian besar penduduk di dunia suka minum kopi. Tapi tahukah Anda bahwa ternyata minum kopi memiliki beberapa manfaat? Berikut berbagai manfaat yang bisa Anda dapatkan dari minum kopi. Dilansir dari Reader’s Digest Indonesia.

1. Kopi Memberikan Banyak Antioksidan
Memang tidak perlu diragukan lagi, buah dan sayur-sayuran memiliki kandungan antioksidan yang melimpah, namun kopi juga dapat menjadi sumber antioksidan untuk tubuh, lho. Hal ini terbukti dari fakta yang didapat dari kajian yang dilakukan pada tahun 2005 bahwa tubuh menyerap antioksidan lebih banyak dari kopi.

2. Mencium Aroma Kopi Dapat Mengurangi Stres
Yup, aroma kopi disukai oleh banyak orang karena ciri khasnya tersendiri dan ternyata mencium aroma kopi dapat mengurangi stres. Dengan catatan, aroma kopi bukan berarti dapat mengurangi stres secara luas atau stres yang sudah parah, melainkan stres yang ditimbulkan akibat kurang istirahat atau terlalu sibuk.

3. Mengurangi Dampak Parkinson
Sebuah fakta mengungkapkan bahwa dengan minum kopi akan membantu orang-orang dengan penyakit Parkinson untuk dapat sedikit mengendalikan gerak tubuhnya. Berbagai studi menunjukkan, bahwa orang-orang yang sering mengonsumsi kopi memiliki kemungkinan kecil terkena Parkinson, tapi ini hanyalah salah satu dari kajian-kajian pertama pada manusia yang menunjukkan bahwa kafein ternyata dapat membantu dalam hal gangguan motorik pada orang yang mengidap penyakit tersebut.

4. Membuat Otak Sehat Lebih Lama
Sebuah penelitian menunjukkan bahwa orang-orang berusia di atas 65 tahun yang memiliki kandungan kafein lebih tinggi dalam darahya memiliki kemungkinan terkena Alzheimer lebih lambat dua sampai empat tahun dibandingkan dengan mereka yang tubuhnya memiliki kandungan kafein lebih rendah. Namun hal ini bukan berarti mengonsumsi kopi dalam takaran sedang akan benar-benar melindungi manusia dari Alzheimer. Bagaimanapun juga, kopi memang dipercaya dapat membantu sedikit menurunkan risiko, atau setidaknya menunda datangnya Alzheimer.

5. Mengurangi Risiko Diabetes Tipe 2
Kopi juga diketahui dapat mengurangi risiko terkena diabetes tipe 2. Sebuah studi mendapati bahwa mereka yang minum 4 atau lebih cangkir kopi dalam sehari, dapat menurunkan peluang terjangkit diabetes tipe 2 hingga 50%. Selain itu, risiko terkena penyakit tersebut juga akan berkurang sebanyak 7%, untuk setiap satu tambahan cangkir.