< FYI

5 Manfaat Kurma yang Perlu Anda Ketahui!

5 Manfaat Kurma yang Perlu Anda Ketahui!

FYI

Kurma adalah salah satu buah yang menjadi tren di bulan Ramadhan dan juga sebagai buah yang dianjurkan untuk menu berbuka puasa. Buah yang berasal dari Timur Tengah ini memiliki tekstur yang empuk, rasa yang manis, dan ternyata punya beberapa manfaat bila dikonsumsi saat bulan puasa, lho. Yuk, baca di artikel berikut ini.

1. Dapat Mengontrol Nafsu Makan
Saat waktu berbuka puasa tiba, tidak sedikit orang yang langsung mengonsumsi banyak makanan setelah seharian menahan lapar. Hal ini seperti ‘membalas dendam’ dengan hawa nafsu untuk makan banyak. Namun, hal ini sebenarnya tidak baik karena sistem pencernaan bisa terkejut dari yang awalnya kosong menjadi penuh dalam waktu yang relatif singkat. Nah, di sinilah peran baik kurma yang dapat mengontrol nafsu makan Anda. Bila Anda mengonsumsi kurma saat berbuka, kurma dapat menahan rasa lapar sehingga Anda bisa lebih mengontrol cara makan Anda. 

Photo source: http://www.flickr.com

2. Membantu Sistem Pencernaan
Terkadang makanan yang Anda konsumsi saat bulan puasa menjadi sulit dicerna karena kurangnya asupan serat di dalam tubuh. Namun, jika Anda mengonsumsi kurma, buah ini akan mengeluarkan zat yang bisa mengaktifkan sistem pencernaan yang sempat beristirahat selama Anda berpuasa. Kurma yang mengandung serat larut dan asam amino akan membantu meringankan pekerjaan sistem pencernaan. Jadi, jika Anda merasa sembelit cobalah konsumsi kurma untuk membantu memperlancar pencernaan. 

3. Menjadi Sumber Energi
Tidak makan dan minum saat berpuasa tentunya akan membuat badan menjadi lemas akibat kurangnya energi. Konsumsilah kurma agar Anda bisa kembali bugar setelah menjalani puasa. Hal ini disebabkan oleh kurma yang mengandung gula alami seperti sukrosa, glukosa, dan fruktosa. Ketiga zat tersebut akan memulihkan energi Anda secara instan.

Photo source: http://www.flickr.com 

4. Penyeimbang Tingkat Keasaman Darah
Saat berbuka puasa, biasanya tingkat keasaman darah akan cenderung meningkat akibat konsumsi daging dan karbohidrat dari menu makanan Anda. Darah yang asam tidak baik untuk tubuh karena bisa menjadi sumber segala penyakit. Dengan mengonsumsi kurma, Anda punya ‘senjata’ untuk menyeimbangkan tingkat keasaman darah Anda. 

5. Baik untuk Ibu Hamil
Yup, bila Anda sedang hamil di bulan Ramadhan ini maupun pada bulan selanjutnya nanti, dengan mengonsumsi kurma segar yang mengandung hormon oksitosin Anda bisa memperlancar ASI, lho. Glukosa dan fruktosa yang terkandung di dalam kurma juga dapat memberi kekuatan saat proses persalinan. Selamat menambah stok kurma!