< FYI

5 Manfaat Sehat Bawang Putih

5 Manfaat Sehat Bawang Putih

FYI

Bawang putih yang masih termasuk keluarga umbi-umbian ini sering kita jadikan bumbu masakan. Selain sudah terkenal sebagai pencegah kanker, ada 5 manfaat lain dari bawang putih lho. Simak di artikel berikut!

1. Menurunkan Tekanan Darah Tinggi
Banyak riset menunjukkan bahwa bawang putih dapat menurunkan tekanan darah tinggi sebanyak 7-8%. Bawang putih memang lebih baik dikonsumsi secara langsung untuk menurunkan tekanan darah, namun banyak orang yang tidak kuat dengan aromanya sehingga banyak pula yang mencampurkannya menjadi bumbu masakan.

2. Baik untuk Kolesterol
Bawang putih juga berkhasiat dalam memangkas kolesterol jahat (LDL) di dalam tubuh secara signifikan. Bawang putih tidak berkhasiat untuk kolesterol baik (HDL) sehingga bila dikonsumsi akan tetap aman bagi HDL Anda. Riset membuktikan bahwa bawang putih dapat memangkas LDL sebanyak 10-15%. 

3. Menghilangkan Sakit Gigi
Bawang putih memiliki sifat antibakteri dan kemampuan analgesik yang baik. Bila Anda mengalami sakit gigi, oleskan bawang putih cincang pada titik sakit gigi Anda. Walaupun memang aroma bawang putih menyengat, namun bila ada manfaatnya menjadi tidak masalah, kan? 

4. Membantu Penderita Diabetes
Bawang putih dapat memicu produksi insulin dalam tubuh, sehingga dapat membantu penderita diabetes untuk menurunkan kadar gula. Namun apabila Anda sudah mengonsumsi obat-obatan dari dokter, jangan berhenti minum obat tersebut. Jadikan bawang putih sebagai obat tambahan. 

5. Sumber Antivirus yang Baik
Zat baik seperti allicin, vitamin C, B6, kalium, kalsium, selenium, magnesium, serta flavonoid yang terkandung dalam bakteri dapat membantu mencegah perkembangan bakteri, jamur, virus, hingga cacing yang ada dalam tubuh.