< Shopping

5 Oleh-Oleh Haji Khas Arab Saudi ini Bisa Anda Dapatkan di Tanah Abang

5 Oleh-Oleh Haji Khas Arab Saudi ini Bisa Anda Dapatkan di Tanah Abang

Shopping Senin - Mingggu: 08.00 - 16.00 WIB

Umat Islam yang melakukan ibadah haji atau umrah pasti ingin membawa oleh-oleh khas Tanah Suci untuk dibagikan kepada kerabat terdekat. Namun, bagaimana jika Anda tak sempat membeli oleh-oleh, atau mungkin bagasi Anda sudah kelebihan muatan saat penerbangan pulang? Tak perlu khawatir! Datang saja ke Pasar Tanah Abang, Jakarta Pusat.

Sejak dulu, Tanah Abang tak hanya dikenal sebagai pusat grosir, tapi juga pusatnya aneka oleh-oleh haji khas Arab Saudi. Mayoritas penjual berada di Blok A, B, dan F. Oleh-oleh apa saja yang bisa Anda dapatkan di sini? Berikut ulasannya.

1. Kurma
Siapa yang tidak kenal kurma? Buah khas Timur Tengah ini banyak dijual di Indonesia, tak terkecuali di Tanah Abang.

Photo Source: http://www.suara-islam.com

Ada beragam jenis kurma yang dijual. Mayoritas dijual dengan harga Rp350.000,- per kardus dengan berat 10 kg. Bahkan ada juga kios yang menjual Kurma Nabi dengan harga yang tentunya jauh lebih mahal, sekitar Rp350.000,- untuk satu kotak kecil.

2. Air Zamzam
Air zamzam merupakan air suci yang mengalir di bawah tanah Mekkah. Biasanya, anggota jemaah hanya boleh membawa maksimal 5 liter air zamzam. Jika Anda merasa kurang membawa 5 liter saja atau tidak sempat membawanya, Anda masih bisa membelinya di Tanah Abang.

Photo Source: https://elshinta.com/

Di pasar ini, air zamzam dijual dengan harga Rp450.000,- per lima liter. Biasanya, peminat air zamzam juga membeli teko berwarna emas yang digunakan untuk menuangkan air tersebut. Harga teko emas ini berkisar Rp 100.000-an.

3. Henna
Henna alias pacar kuku juga identik dengan oleh-oleh khas Arab Saudi. Untuk perempuan, biasanya henna digunakan di kuku atau di pergelangan tangan. Ukiran yang unik memberikan ciri khas tersendiri. Banyak pengantin Muslim di Indonesia yang menggunakan henna pada saat hari pernikahan mereka. Di Tanah Abang, henna berkualitas dijual seharga Rp50.000,- per lusin.

Photo Source: https://kurmaarafah.com/

4. Lipstik Arab
Lipstik yang merupakan salah satu kosmetik yang disenangi para wanita. Lipstik Arab umumnya memiliki kemasan berwarna hijau, namun bukan berarti lipstiknya berwarna hijau. Salah satu keunggulan lipstik ini adalah warna merah muda natural dan langsung terlihat, meski hanya dioles sedikit di bibir. Di Tanah Abang, Anda bisa mendapatkannya dengan harga Rp25.000,- untuk setengah lusin.

Photo Source: http://www.tokoumrohhaji.com/

5. Gantungan Kunci
Bisa dibilang, gantungan kunci adalah oleh-oleh yang paling praktis. Beberapa gantungan kunci memiliki gambar dan ikon khas Arab Saudi. Satu lusin gantungan kunci dibanderol dengan harga Rp39.000,- di Tanah Abang.

Banyaknya pilihan oleh-oleh haji khas Arab Saudi di Tanah Abang dan harga yang cukup terjangkau membuat tempat ini menjadi alternatif bagi mereka yang baru pulang melakukan ibadah haji atau umrah dan ingin membawakan oleh-oleh khas Tanah Suci.

Address

Jl. Kebon Jati 18, Kampung Bali, Tanah Abang, Jakarta Pusat, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 10250


Operational Hours

Senin - Mingggu: 08.00 - 16.00 WIB


SEE MAP