< Shopping

5 Pasar Buku Bekas ini Digilai Para Pecinta Buku

5 Pasar Buku Bekas ini Digilai Para Pecinta Buku

Shopping

Pepatah mengatakan, buku adalah jendela ilmu. Dengan membaca buku, pengetahuan seseorang pun akan bertambah. Mereka yang haus akan ilmu pun tak mempermasalahkan buku itu baru ataupun sudah usang. Bagi Anda para pecinta buku, di Jakarta ada beberapa tempat yang dapat menghilangkan ‘dahaga’ Anda. Bukan toko buku ternama yang membuat pengunjungnya nyaman dengan ruangan sepi dan ber-AC, melainkan pasar buku bekas tentunya dengan suasana yang berbeda namun menawarkan harga buku yang cukup murah. Di mana sajakah itu? Berikut ulasannya.

1. Kwitang
Bagi para penikmat buku sejati, mungkin salah satu kawasan di Jakarta Pusat ini sudah tidak asing lagi. Bisa dibilang Kwitang adalah leluhurnya pasar buku bekas di Jakarta. Meski sempat ditertibkan oleh pemerintah kota dan banyak pedagangnya yang pindah ke Blok M dan Thamrin City, tapi masih ada segelintir orang yang menjajakan berbagai macam buku di sini. Bahkan buku tua yang sulit dicari pun bisa Anda dapatkan jika beruntung. Pasar buku bekas ini juga sempat mencuat namanya setelah menjadi lokasi syuting salah satu adegan dalam film “Ada Apa Dengan Cinta?”.

Alamat: Jalan Kwitang Raya, Kwitang, Jakarta Pusat

Jam Operasional: 09.00 - 17.00 WIB

2. Galeri Buku Bengkel Deklamasi Taman Ismail Marzuki
Jika Anda termasuk penggila buku sastra dan deklamasi, maka Anda harus datang ke sini! Sebagian besar buku yang dijual di sini adalah buku tentang sastra dan budaya.

Galeri Buku Bengkel Deklamasi kini menjadi aset Pemda DKI Jakarta. Galeri ini didirikan oleh Jose Rizal Manua dan diresmikan pada 27 Juli 1996, oleh Direktur Pusat Kesenian Jakarta Taman Ismail Marzuki pada saat itu, Pramana Padmodarmaja. Peresmian ini dihadiri oleh para budayawan, sastrawan dan seniman terkemuka Indonesia.

Alamat: Kompleks Taman Ismail Marzuki (TIM), Jalan Cikini Raya, Jakarta Pusat

Jam Operasional: 10.00 – 17.00 WIB

3. Pusat Buku Bekas Samping Terminal Senen
Banyak orang yang mengenal pasar ini sebagai tempat buku loakan, namun bukan berarti di sini Anda tidak bisa mendapatkan buku baru. Jika sudah menemukan buku yang Anda inginkan sebaiknya lakukan tawar menawar guna mendapatkan harga yang lebih bersahabat.

Alamat: Terminal Senen, Jakarta Pusat

Jam Operasional: 09.00 – 17.00 WIB

4. Pasar Buku Blok M Square

Terletak di lantai basement Blok M Square, pasar buku ini merupakan pindahan dari Kwitang. Selain menjual buku atau majalah bekas, berbagai buku baru termasuk buku pelajaran sekolah juga tersedia di sini. Soal harga, ada beberapa buku yang masih bisa ditawar, namun ada juga buku yang sudah dibanderol harganya. Meski begitu, harganya tetap lebih murah dari toko-toko buku kenamaan.

Photo Source: http://jakarta.panduanwisata.id/

Alamat: Lantai Dasar Blok M Square, Jalan Melawai V, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan

Jam Operasional: 10.00 – 22.00 WIB

5.Pasar Buku Bekas Thamrin City
Satu lagi pasar buku murah yang menjadi tempat pindahan para eks pedagang buku di Kwitang, yakni Thamrin City, tepatnya berada di lantai 3A. Penggila buku akan dimanjakan dengan banyaknya toko buku bekas yang buka setiap hari. Koleksi buku yang ditawarkan juga bermacam-macam dan tentunya dibanderol dengan harga terjangkau.

Alamat: Lantai 3A, Thamrin City, Jalan K.H. Mas Mansyur, Kebon Melati, Tanah Abang, Jakarta Pusat

Jam Operasional: 09.00 – 22.00 WIB