< Recreation

5 Patung Pahlawan di Monas yang Jarang Orang Tahu

5 Patung Pahlawan di Monas yang Jarang Orang Tahu

Recreation Setiap hari: 07.00 – 00.00 WIB

Siapa yang tidak kenal Monas? Jakarta memang identik dengan monumen setinggi 132 meter ini. Tiap akhir pekan dan hari libur nasional Monas selalu dipadati wisatawan. Selain dapat melihat keindahan tugu dengan obor emas di atasnya, tahukah Anda jika Monas juga menyimpan beberapa patung pahlawan yang dibangun di area taman? Dari 4 sisi Monas, berikut lima patung pahlawan di taman Monas yang mungkin belum Anda tahu.

1. Patung Moh. Husni Thamrin
Di sisi barat Monas, tepatnya yang menghadap ke Jalan Medan Merdeka Barat terdapat patung Mohammad Husni Thamrin atau yang biasa dikenal dengan MH Thamrin.

Mohammad Husni Thamrin lahir di Jakarta (sebelumnya Batavia) pada 16 Februari 1894. Beliau merupakan seorang politisi di era Hindia-Belanda. MH Thamrin dikenal sebagai tokoh Betawi pertama yang menjadi anggota Volksraad (Dewan Rakyat) di Hindia-Belanda, mewakili kelompok pribumi.


Photo Source: Check In Jakarta doc.

2. Patung Pangeran Diponegoro
Ukuran patung Pangeran Diponegoro lebih besar dibanding patung-patung pahlawan lainnya di Monas. Sang pangeran digambarkan sedang berada di atas kuda sambil menunjuk ke depan dan wajah yang mengekpresikan semangat juang tinggi. Dengan latar belakang Monas, membuat pemandangan patung ini terlihat lebih dramatis. Tidak sulit untuk menemukan patung ini karena berada di sisi utara Monas, tepatnya menghadap Istana Merdeka.

3. Patung Chairil Anwar
Masih di sisi yang sama, juga terdapat patung Chairil Anwar. Patung kepala Chairil Anwar terlihat membelakangi taman dengan kolam di tengah-tengahnya. Patung ini berdiri di atas monumen berplakat marmer. Di sana tertulis potongan puisi ciptaannya yang paling terkenal, Karawang Bekasi. Selain itu, sekitar 2 meter dari patung kepala tersebut juga terdapat plakat yang menjelaskan mengenai sosok sang pujangga.

4. Patung RA Kartini


Photo Source: Check In Jakarta doc.

Patung RA Kartini bisa Anda temui di bagian timur Monas yang menghadap ke Gambir. Di sini terdapat tiga patung di mana patung terbesar dan berada di tengah adalah patung RA Kartini. Sedangkan, dua patung yang lebih kecil lainnya adalah patung wanita yang sedang menyusui dan sedang menari. RA Kartini dikenal sebagai tokoh emansipasi wanita, di mana dulu wanita sering diremehkan. Patung ini juga menjadi simbol persahabatan antara Indonesia dan Jepang, karena merupakan pemberian dari Jepang. Di bawah patung pun terdapat penjelasan dalam bahasa Indonesia dan bahasa Jepang.

5. Patung Ikada
Patung satu ini memang bukan patung pahlawan, melainkan patung yang menggambarkan sebuah kejadian bersejarah. Di mana Ikada sendiri merupakan sebuah lapangan yang menjadi saksi bisu perjuangan para pemuda dan rakyat pada rapat besar 19 September 1945.


Photo Source: Check In Jakarta doc. 

Saat itu, mereka berkumpul di Lapangan Ikada untuk mendengar pidato Bung Karno. Rapat tetap berjalan, sekalipun ada tentara Jepang bersenjata lengkap. Lapangan Ikada kini menjadi Lapangan Monumen Nasional di mana Monas berdiri tegak. Patung Ikada dapat Anda temukan di sisi selatan Monas.

Address

Gambir, Jakarta Pusat


Operational Hours

Setiap hari: 07.00 – 00.00 WIB


SEE MAP