< Tips

5 Pertanyaan Umum Saat Wawancara Kerja dan Cara Menjawabnya

5 Pertanyaan Umum Saat Wawancara Kerja dan Cara Menjawabnya

Tips

Pada saat wawancara kerja, ada beberapa pertanyaan yang kerap diajukan oleh para pewawancara. Berikut adalah 5 pertanyaan umum saat wawancara dan bagaimana cara menjawabnya.

1. “Apa Saja Kelebihan Anda?”
Pertanyaan ini sering kali dilontarkan pada saat wawancara kerja. Untuk menjawabnya, Anda bisa mengatakan bahwa Anda adalah seorang quick learner atau seseorang yang bisa cepat belajar dan seorang yang bisa bekerja dalam sebuah tim. Dalam dunia pekerjaan segala sesuatunya bersifat dinamis dan Anda harus dengan cepat beradaptasi dengan lingkungan tersebut. Dapat bekerja dalam sebuah tim juga dibutuhkan dalam diri seseorang karena di kantor Anda akan bekerja sama dengan rekan kerja, karena itu perlu komunikasi yang baik dengan rekan kerja Anda.

2. “Mengapa Kami Harus Mempekerjakan Anda?”
Dalam pertanyaan ini Anda dapat menjawab dengan menyebutkan skill Anda yang tentunya disesuaikan dengan jenis pekerjaan yang dilamar. Anda juga dapat mengatakan bahwa perusahaan tersebut adalah tempat yang sesuai untuk menyalurkan skill Anda. 

3. “Apa Anda Bisa Bekerja di Bawah Tekanan?”
Tentu saja Anda harus menjawab bisa, dengan catatan harus benar-benar yakin bahwa bisa bekerja di bawah tekanan. Katakan juga bahwa multi-tasking dan kesabaran Anda dapat membantu untuk bekerja di bawah tekanan.

4. “Bagaimana Anda Melihat Diri Anda dalam 5 Tahun ke Depan?”
Anda bisa mengatakan bahwa dalam 5 tahun ke depan sudah berada di posisi senior di perusahaan tersebut. Dengan jawaban tersebut perusahaan dapat mengetahui komitmen Anda pada sebuah perusahaan dan bersungguh-sungguh ingin berkarir di perusahaan tersebut.

5. “Ada Pertanyaan?”
Pertanyaan ini biasanya adalah pertanyaan penutup sebelum wawancara berakhir. Anda bisa menjawabnya dengan bertanya kembali, “Kapan saya bisa mulai bekerja di sini?”. Dengan itu perusahaan bisa melihat semangat bekerja Anda di perusahaan.