< Business Highlights

5 Profesi Menggiurkan di Dunia Kuliner Selain Koki

5 Profesi Menggiurkan di Dunia Kuliner Selain Koki

Business Highlights

Dunia kuliner yang berkembang pesat kian dilirik para pencari kerja. Jika dulunya dunia kuliner dipandang sebelah mata untuk digeluti sebagai profesi, kini seolah naik tahta dan menjadi daya tarik bagi jiwa muda yang dinamis, kreatif, dan menyukai tantangan.

Siapa bilang profesi di bidang kuliner hanya koki? Kini ada beberapa profesi lainnya yang tak kalah menarik dan mungkin bisa menjadi inspirasi untuk Anda yang ingin terjun ke dunia kuliner. Simak di bawah ini!

1. Food Tester
Sesuai dengan namanya, tugas seorang food tester adalah mencoba dan menguji makanan pada sebuah tempat makan sebelum disajikan untuk konsumennya. Uji coba dilakukan untuk mengetahui rasa, kebersihan, hingga kandungan nutrisi di dalamnya. Profesi ini pun cukup menggiurkan, karena Anda bisa mencicipi makanan tanpa harus mengeluarkan uang, justru menghasilkan uang.

2. Food Blogger
Bisa dibilang profesi ini adalah langkah termudah bagi Anda yang ingin melebarkan sayap di dunia kuliner. Cukup bermodalkan koneksi internet ditambah skill menulis yang mumpuni. Semakin banyak orang yang membaca dan mengikuti blog Anda, semakin besar pula pengaruh Anda dalam industri kuliner. Tak jarang, beberapa kafe atau restoran akan mengundang Anda untuk datang dan meminta Anda mengulasnya di blog.

Photo Source: https://www.foodbloggerpro.com/

3. Food Photographer
Hampir mirip dengan fotografer konvensional, hanya saja profesi ini khusus memotret makanan. Tentunya Anda harus jenius dalam mengatur komposisi warna, tata letak, sudut pengambilan gambar, dan memberi ‘sentuhan’ agar tercipta foto makanan yang tak hanya bernilai seni tinggi, tapi juga dapat menggugah selera siapa saja yang melihatnya.

4. Food Stylist
Profesi yang terdengar unik ini bertugas menghias makanan agar terlihat menawan saat dihidangkan maupun saat akan difoto. Tak beda jauh dengan makeup artist, seorang food stylist juga dituntut untuk memiliki jiwa estetika yang tinggi, dan paham betul dasar-dasar fotografi agar makanan menjadi menarik saat difoto.

5. Food Enterpreneur
Jika profesi nomor 1 sampai nomor 4 terkesan menggiurkan, masih ada 1 profesi yang sangat menjanjikan: food entrepreneur atau pengusaha makanan. Jika Anda sudah lama berkecimpung di dunia kuliner, sudah hafal seluk-beluknya, mempunyai bakat kepemimpinan, dan memiliki modal yang cukup, tak ada salahnya jika Anda membuka usaha sendiri di bidang ini, seperti membuka restoran dan sebagainya. Apakah Anda tertarik?