Thursday, October 17, 2019
Recreation
Recreation

5 Pulau Eksotis di Kepulauan Seribu

Spectr News Theme Isny Dewi R.
18, September 2019
712

Bukan rahasia lagi kalau Jakarta juga memiliki wisata alam yang memukau. Adalah Kepulauan Seribu yang menyimpan banyak pulau eksotis. Mengunjungi pulau-pulau tersebut Anda akan dibuat kagum oleh keindahannya dan lupa bahwa sebenarnya Anda masih berada di Jakarta. Namun, ada lima pulau yang harus Anda kunjungi jika berencana berlibur ke Kepulauan Seribu. Apa sajakah itu?

1. Pulau Macan
Pulau yang berada di sebelah selatan Pulau Harapan ini memiliki perairan berwarna biru kehijauan dan sangat bersih, tak kalah dengan Maldives. Jika Anda bisa berenang pasti tak sabar ingin segera menyelaminya, apalagi Pulau Macan juga menyimpan keindahan bawah laut yang luar biasa. Di pulau ini juga terdapat penginapan sederhana seperti pondok pribadi dan kabin yang berlokasi di bibir pantai.

 
Photo Source: Instagram @gesitwisnuprakoso

Pulau Macan dapat ditempuh selama kurang lebih 90 menit dari Marina Ancol. Pulau Macan sendiri terbagi menjadi dua yaitu Pulau Macan Besar di mana terdapat penginapan dan Pulau Macan Kecil yang tak berpenghuni dan hampir tak tersentuh pengunjung. Di sini, Anda bisa menyusuri dan mengitari pulau. Namun, yang tak boleh Anda lewatkan adalah menikmati indahnya matahari terbenam yang sangat mengagumkan.

2. Pulau Perak
Bisa dibilang ciri khas Pulau Perak adalah pasir pantainya yang berwarna putih dan lembut. Cobalah menginjaknya, pasti akan terasa seperti ambles. Maka jangan heran jika banyak pengunjung yang lebih memilih tidak mengenakan alas kaki saat sedang berjalan di pasir pantai, karena memang terasa lebih nyaman membiarkan telapak kaki ‘telanjang’ di sini.


Photo Source: Instagram @gabrieldhika

Salah satu kegiatan seru yang bisa Anda lakukan di pulau ini adalah bermain ayunan yang digantung di batang pohon di bibir pantai. Jika biasanya ayunan berada di taman, coba deh rasakan serunya bermainan ayunan di pinggir pantai dengan deburan ombak di hadapan Anda. Jangan lewatkan juga menikmati keindahan sunset di pulau indah yang tak berpenghuni ini.

3. Pulau Bulat
Sesuai namanya, pulau di Kecamatan Pulau Harapan ini berbentuk bulat dan tidak terlalu luas, hanya 1,28 ha. Memasuki dermaga pantai, Anda akan melihat keindahan Pulau Bulat dengan air pantai yang jernih, hamparan pasir putih dan dikelilingi gugusan bebatuan menyerupai tanggul yang berguna untuk menghalangi ombak besar menghantam Pulau Bulat.

 
Photo Source: Instagram @ratnarengganiss

Di sini, Anda juga bisa menikmati keindahan bawah lautnya yang masih terjaga. Di antara terumbu karang, Anda juga akan menemui bintang laut dan warna-warni kerang-kerang laut. Anda bisa dengan mudah mengelilingi Pulau Bulat tanpa khawatir tersasar. Sayangnya, meski indah namun pulau tak berpenghuni ini tidak cocok untuk tempat berkemah karena tidak ada fasilitas MCK (Mandi, Cuci, Kakus).

4. Pulau Pari
Pulau ini terkenal dengan Pantai Pasir Perawan yang begitu mengagumkan. Pulau Pari juga memiliki perairan jernih berwarna hijau kebiruan yang sangat menawan. Jarak tempuh menuju pulau ini juga tidak terlalu lama, hanya sekitar 90 menit dari Pelabuhan Muara Angke dan 45 menit jika menggunakan speedboat dari Pelabuhan Marina Ancol.

 
Photo Source: Instagram @awaneko

Pulau dengan pasir pantai putih, ombak tenang, air laut jernih, terumbu karang yang indah, dan pepohonan rindang adalah kombinasi sempurna yang membuat Pulau Pari menjadi salah satu destinasi favorit di Kepulauan Seribu. Pulau ini juga menjadi tempat pengembangbiakan rumput laut yang menunjang perekonomian masyarakat sekitar, serta riset biota laut yang didukung oleh pemerintah.

5. Pulau Tidung
Pulau Tidung adalah pulau paling populer di Kepulauan Seribu. Pulau ini hampir selalu dipadati pengunjung. Pulau Tidung terdiri dari Pulau Tidung Besar dan Kecil. Pulau Tidung Besar nampak eksotis dengan pantai pasir putih dan panorama matahari terbenam yang memesona. Sementara Pulau Tidung Kecil terdapat vegetasi hutan mangrove yang dikelola pemerintah setempat.

Pulau Tidung sangat identik dengan Jembatan Cinta berwarna merah muda. Konon katanya, jika ada sepasang kekasih melewati jembatan ini, hubungan mereka akan langgeng. Terlepas dari mitos tersebut, Jembatan Cinta sebenarnya digunakan sebagai penghubung antara Pulau Tidung Besar dan Pulau Tidung Kecil. Di samping itu, kawasan laut di sekitar jembatan ini merupakan salah satu spot terbaik untuk snorkeling.

 

Top Photo Source: Instagram @jakarta_tourism

Isny Dewi R.
Isny Dewi R.
Journalist
Registration