Saturday, September 21, 2019
Cafe & Resto
Cafe & Resto

5 Restoran di Jakarta ini Sajikan Yu Sheng Saat Imlek

Spectr News Theme Isny Dewi R.
31, January 2019

Menjelang Imlek yang jatuh pada 5 Februari 2019, banyak restoran menawarkan beragam hidangan yang identik dengan budaya Tionghoa. Selain kue keranjang yang sudah sangat terkenal, ada pula hidangan lain yang biasanya selalu hadir dalam perayaan Imlek, yakni Yu Sheng, atau juga dikenal dengan Yee sang. Yu Sheng adalah menu istimewa dalam tradisi budaya Cina yang hanya bisa dinikmati di antara perayaan Imlek dan Cap Gomeh. Keistimewaannya terasa kental saat menyantapnya bersama keluarga atau sahabat dekat, disertai segala doa penghangat sukma.

Makanan khas Imlek ini berupa salad ikan segar ditambah irisan halus sayuran seperti wortel dan lobak. Daging ikan yang dipakai adalah ikan tuna atau ikan salem yang sebelumnya sudah direndam dalam campuran minyak wijen, minyak goreng, dan merica. Sedangkan sausnya terbuat dari campuran minyak goreng dan minyak wijen, dengan tambahan saus buah prem, gula pasir, dan bubuk kayu manis. Cara menyantapnya cukup unik, yakni disantap beramai-ramai, lalu mengangkat tinggi isiannya mengunakan sumpit. Hal ini dilakukan sebagai lambang dalam meraih kesuksesan besar di sepanjang tahun.

Di Jakarta sendiri, Anda hanya bisa menikmati Yu Sheng di restoran tertentu. Menu ini ttak begitu saja mudah tersedia di restoran Cina, sekalipun masih dalam suasana Imlek. Berikut lima restoran di Jakarta yang sajikan menu Yu Sheng.

1. Putien
Jika Anda tergolong penikmat masakan rumahan ala Cina, maka Putien bisa menjadi pilihan yang tepat. Restoran asal Singapura ini menyuguhkan suasana yang homey. Nuansa pastel restoran ini menggambarkan keteduhan pantai, seperti ciri khas daerah asal nama restoran ini, Putian. Pada tahun 2016-2018, Putien dianugerahi satu bintang Michelin. Khusus untuk perayaan Imlek, Putien menyajikan Yu Sheng dalam berbagai ukuran, small (Rp 299.000++), medium (Rp 399.000++), dan large. (Rp 499.000++). Setiap pemesanan Yu Sheng, Anda juga berkesempatan mendapatkan ang bao gratis.

Putien
Website: http://www.putien.co.id
Instagram: @putienindonesia
Alamat: Mall PIK Avenue Lantai 1, Jl. Pantai Indah Kapuk, Jkt Utara
No. Telp: 021 2257 0840
Jam buka: Setiap hari 11.00 – 22.00 WIB

2. The Duck King
Terlepas dari namanya yang mengusung olahan daging bebek sebagai menu utama, untuk Imlek kali ini, The Duck King juga menyajikan Yu Sheng. Menariknya, Yu Sheng di restoran ini juga ditambah irisan halus daging bebek, yang menciptakan sensasi berserat begitu dimakan. Yu Sheng dapat dinikmati dalam tiga set menu untuk 10 orang, Set Menu A (Rp 3.988.000++), Set Menu B (Rp 5.688.000++), dan Set Menu C (Rp 8.888.000++).

 
Photo Source: @theduckkingid

The Duck King
Website: http://www.theduckking.com
Instagram: @theduckkingid
Lokasi: Kota Kasablanka, Senayan City, Central Park, Mall Kelapa Gading 5, dan Taman Anggrek

3. Fook Yew
Nama Fook Yew bukanlah plesetan kata umpatan dari Bahasa Inggris. Dalam bahasa Cina, 'Fook' berarti banyak keberuntungan, sedangkan 'Yew' berarti persahabatan. Dari segi makanan dan dekorasi, Fook Yew memadukan unsur Cina kuno dan modern.

Menyambut perayaan Imlek, restoran Cina ini menawarkan Yu Sheng sebagai bagian dari set menu makan malam untuk delapan orang, yang dibagi menjadi dua paket, Paket A seharga Rp 1.288.000 untuk 6 orang dan Paket C 1.888.000 untuk 8 orang. Selain Yee sang, tentunya Anda juga dapat menikmati hidangan signature Fook Yew seperti Sheng Jian Bao, bapao goreng dengan isian kuah berdaging; hingga Jinshan Pheonix Dumpling, dimsum dengan isian udang, telur asin, dan bayam.

Fook Yew
Website: http://www.fookyew.id
Instagram: @fook_yew
Lokasi: Gandaria City, Pacific Place, Grand Indonesia, dan Mall Kelapa Gading 5

4. The Grand Nihao
Berlokasi di Lippo Mall Puri, The Grand Nihao menawarkan cita rasa klasik Yu Sheng, lengkap dengan peralatan makan yang merupakan lambang kemakmuran. Harga yang ditawarkan cukup terjangkau, mulai dari Rp 150.000 untuk 4-6 orang. Jangan lupa mencicipi Ikan Tim ala Hong Kong dan Sop Sapo Tahu Ikan yang super enak!

The Grand Nihao
Alamat: Lantai 2 Lippo Mall Puri @St Moritz, Jakarta Barat
Jam buka: Setiap hari 10.00 – 22.00 WIB

5. Din Tai Fung
Din Tai Fung dikenal sebagai restoran yang menyajikan makanan Cina dalam gaya casual kontemporer. Imlek kali ini, Din Tai Fung menawarkan Yee sang yang disajikan ala carte dalam dua ukuran, medium Rp 288.000 dan large Rp 388.000 per porsi. Namun, Yu Sheng buatan Din Tai Fung hanya tersedia di cabang Kota Kasablanka, Mal Taman Anggrek, dan Plaza Senayan.

 
Photo Source: @dintaifungsg

Din Tai Fung
Website: http://www.dintaifung.co.id
Instagram: @dintaifungsg
Lokasi: Plaza Senayan, PIM 2, Plaza Indonesia, Mall of Indonesia, Lotte Shopping Avenue, Gandaria City, Kota Kasablanka, dan Living World

Isny Dewi R.
Isny Dewi R.
Journalist
Registration