< Cafe & Resto

5 Restoran Jepang Otentik di Kawasan Blok M

5 Restoran Jepang Otentik di Kawasan Blok M

Cafe & Resto

Kawasan Blok M dengan nuansa Jepang membuatnya dijuluki sebagai Little Tokyo. Di kawasan ini pula lah terdapat banyak restoran, tempat hiburan, bahkan supermarket mengadaptasi budaya Jepang.

Kali ini Check In Jakarta akan merekomendasikan 5 tempat makan otentik Jepang di kawasan "Little Tokyo" Blok M yang patut dikunjungi terutama untuk Anda pecinta kuliner Jepang.

1. Daitokyo Sakaba
Anda penasaran dan ingin mencoba sajian nasi dengan topping lidah sapi a la Jepang? Kalau begitu, Anda harus sempatkan waktu berkunjung ke Daitokyo Sakaba yang dikenal menawarkan hidangan gyutan don paling enak. Di restoran Jepang ini Anda juga bisa mencicipi sayur horenso dengan bumbu mentega yang gurih.

Masuk ke dalam restoran Jepang ini Anda akan disambut suasana temaram dengan pencahayaan kuning yang memunculkan nuansa. Kesan Jepang pun terlihat mencolok pada interior restoran, terutama dari pemakaian kayu berwarna cokelat tua yang terdapat di hampir seluruh bagian restoran, termasuk furnitur, hingga penggunaan sekat-sekatnya.

Terdapat lorong kecil yang membagi dua area restoran. Sebelah kanan dari pintu masuk terdapat jejeran tempat duduk yang dipisahkan dengan sekat kayu. Area ini nampak seperti kamar kecil dengan penutup korden berukuran setengah dari pintu. Kesan private pun sangat terasa di sini.

 Photo Source: http://www.eshtravaganza.com/blog

Sementara di sebelah kiri, Anda akan menemukan jejeran bar dengan bangku kayu tinggi. Dari sini, Anda dapat meihat secara langsung proses memasak di dapur yang dipisahkan oleh kaca transparan.

Untuk menunya, yang menjadi andalan Daitokyo adalah grill dan donburi. Selain itu, ada juga aneka gorengan khas Jepang, seperti yakitori, hingga ramen.

Gyutan Don adalah makanan yang paling sering dburu di restoran otentik Jepang ini. Disajikan dalam mangkuk berukuran sedang, di dalamnya terdapat nasi dengan topping 4 potong lidah sapi panggang. Di permukaan gyutan, Anda akan mendapati irisan rumput laut dan saus berwarna kecokelatan. Menu ini juga dilengkapi kuah kaldu yang ditaruh dalam mangkuk terpisah.

Tak heran jika gyutan di Daitokyo menjadi favorit. Teksturnya begitu lembut dan juicy, ditambah aroma smoky, membuatnya semakin menggugah selera. Tak ada jejak bau tak enak yang tertinggal di lidah sapi panggang berpotongan tebal ini. Lebih mantap lagi jika Anda menyantapnya bersama saus cokelat yang sedikit kental dan bercitarasa manis.

Nasi pelengkap gyutan pun tak mau kalah sedapnya. Nasi pulen yang diberi mentega dan irisan daun bawang memberikan cita rasa yang gurih dan wangi. Sangat pas begitu dimakan bersama gyutan.

Sementara kuah kaldu tampak putih keruh. Rasa gurih dari kaldu ayam dengan sedikit jejak jahe, ditambah irisan daun bawang, membuat kuah yang agak berminyak ini terasa segar selepas melahap gyutan don. Benar-benar patut dicoba!

Jl. Melawai 9 No.26, Kby. Baru, Jakarta Selatan
(021) 7222047
Senin – Sabtu: 18.00 – 01.00 WIB, Minggu: 17.00 – 23.00 WIB

2. Kashiwa
Kashiwa jadi salah satu izakaya (kedai minum sake a la Jepang) di Jakarta yang dielu-elukan. Selain tentunya ramai oleh orang Jepang, Kashiwa juga digemari orang Indonesia. Tak heran, karena restoran ini juga menawarkan makanan yang jempolan dengan harga yang ramah di kantong. Jadi, jangan kaget jika datang ke restoran yang berada di lantai 2 gedung ini hampir selalu penuh pengunjung.

Kashiwa juga menyuguhkan nuansa Jepang yang kental. Interior ruangannya didominasi kayu cokelat muda. Tempelan menu-menu terpampang di dinding ruangan.

Area makan sendiri terbagi menjadi dua. Ada area makan dengan bangku-bangku dan area makan lesehan. Bagi para pecinta komik dan majalah Jepang, di sini Anda bisa puas membacanya di tempat.

 Photo Source: Check In Jakarta doc.

Untuk menunya, Kashiwa menyediakan aneka salad, onigiri, sashimi, tempura, dan yakimono. Meski porsinya terlihat tidak begitu besar, tapi tetap bisa untuk sharing. Sebab restoran otentik Jepang ini mengusung konsep yang lebih menekankan pada makanan yang memang cocok dijadikan pendamping minuman beralkohol, seperti pub. Namun, di sini Anda juga dapat menikmati gohan set, udon, oden dan soba.

Ke-otentikannya sangat terlihat dari menu-menunya yang mungkin masih asing untuk Anda. Tapi yang tentunya akan membuat Anda tersenyum lebar adalah semua hidangan di sini harganya tak lebih dari Rp 35.000.

Menu yang patut Anda pesan di Kashiwa adalah Nagoya no Tebasaki. Tebasaki merupakan sayap ayam goreng berbumbu khas Nagoya. Hidangan ini berisi empat potong sayap ayam yang diberi gerusan lada hitam di permukaannya, sedangkan di bagian bawahnya terdapat sedikit saus cokelat pekat.

Kulit sayap ayamnya begitu garing, namun empuk di dalamnya. Meski bumbunya sederhana, tapi rasanya cukup enak. Dan semakin enak jika dicocol ke saus cokelat yang ada di bawahnya.

Yakitori bagian momo (paha) adalah menu lainnya yang sayang jika dilewatkan. Menu ini bisa diberi saus tare (manis) atau shio (garam/asin). Anda akan disuguhkan dua tusuk yakitori dengan tambahan potongan jeruk nipis dan cocolan cokelat muda. Tekstur daging bagian paha ini terasa lembut, taka da kesulitan saat mengunyahnya. Tekstur bagian luarnya terasa renyah dan juicy di dalamnya.

Masih belum kenyang juga? Kaisen Okonomiyaki mungkin bisa membantu. Delapan potong okonomiyaki dengan bentuk menyerupai pizza disajikan dalam hot plate. Permukaannya diberi tumpukan katsuoboshi, mayonnaise, dan saus cokelat khas okonomiyakiOkonomiyaki beradonan tebal ini terasa enak dengan paduan saus yang pas. Isian seafood-nya pun cukup padat.

Masih ada satu menu lagi yang dijamin dapat mengenyangkan perut Anda, Kroket Pizza. Berbeda dengan kroket biasanya, kroket khas Jepang ini disajikan dengan menu pendamping yang cukup lengkap. Ada brokoli rebus, saus tomat, bawang bombay, mayonnaise, dan lembaran smoked cheese dengan gerusan lada hitam di atasnya.

Kroket ini berukuran cukup besar dengan tekstur lembut dan citarasa gurih creamy. Permukaannya terasa renyah karena dibaluri tepung roti. Yang mengejutkan, di dalam kroket ternyata masih ada selipan smoked beef dan jagung pipil. Yummy!

Jl. Melawai VIII, Kby. Baru, Jakarta Selatan
(021) 7396063
Setiap hari: 17.00 – 00.00 WIB

3. Kira Kira Ginza
Restoran otentik Jepang satu ini berada tepat bersebelahan dengan restoran Daitokyo. Kira Kira Ginza juga menyuguhkan suasana Jepang yang kental.

Karena mengusung tema Jepang, begitu Anda masuk ke dalam, para pramusaji akan menyambut Anda menggunakan bahasa Jepang, begitu juga saat Anda keluar restoran.

Di sini Anda juga akan melihat banyak poster-poster anime Jepang dan informasi lainnya terpampag di dinding. Uniknya, Kira Kira Ginza menyediakan ruang tatami yang merupakan ruangan dengan desain klasik dan tradisional khas Jepang.

Sama seperti Kashiwa, Kira Kira Ginza juga merupakan jenis restoran Izakaya. Jadi tenang saja, di restoran ini Anda tetap dapat menikmati berbagai jenis hidangan khas Jepang.


Photo Source: Check In Jakarta doc.

Salah satu makanan yang wajib Anda coba di sini adalah menu sashimi-nya. Sashimi di Kira Kira Ginza dijamin bikin puas, karena daging ikannya yang tebal dan porsinya lumayan.

Bagi Anda penyuka sushi, Anda perlu mencicipi menu sushi yang cukup unik di sini, Cabe Toro Maki. Yup, menu ini merupakan sushi roll dengan cabai di dalamnya.

Ada satu menu yang katanya wajib dipesan jika makan di Kira Kira Ginza. Adalah spring roll dengan isian keju. Pasti terbayang, kan, bagaimana enaknya makanan ini?

Jl. Melawai 8 No.9, Kby. Baru, Jakarta Selatan
(021) 7262611
Senin – Jumat: 11:30 – 14:30, 18.00 – 23:30 WIB, Sabtu & Minggu: 11.30 – 22.30 WIB

4. Echigoya Ramen
Belakangan ini banyak sekali tempat makan bermunculan, namun lebih mengutamakan keindahan interior daripada kenikmatan hidangannya. Tapi tidak dengan Echigoya Ramen. Interior yang memanjakan mata, dan makanan yang menggugah selera akan Anda dapatkan di sini. Para pecinta komik juga bisa menyalurkan hobinya di restoran ini sambil menunggu pesanan tiba.

Di musim hujan seperti sekarang ini memang paling pas mencari menu yang dapat menghangatkan badan, seperti ramen. Itu berarti Anda harus mampir ke Echigoya Ramen, salah satu restoran Jepang yang terkenal dengan homemade ramen-nya.

Ramen a la Echigoya ini dijamin tidak menggunakan bahan pengawet sehingga membuat ciri khas dan rasa yang berbeda dari lainnya. Echigoya Ramen pun menjadi salah satu restoran ramen favorit di Jakarta, bahkan orang asli Jepang pun turut meramaikan tempat ini.

 
Photo Source: http://restochoice.com

Tonkotsu Ramen bisa menjadi pilihan tepat untuk menghangatkan tubuh. Daging ayam rebus yang dipadukan dengan kuah yang sangat gurih, terasa sangat ringan sehingga tidak akan membuat Anda merasa kekenyangan ataupun enek meski sudah menghabiskan satu mangkok ramen.

Jl. Melawai VIII No.2A, Kby. Baru, Jakarta Selatan
Senin – Jumat: 11:30 – 14.00 WIB, 18.00 – 01:00 WIB, Sabtu: 11:30 – 14:30, 17:00 – 00.00 WIB, Minggu: 11:30 – 14:30, 17:00 – 23.00 WIB

5. Shibuya Cafe
Restoran ini letaknya paling terpencar dari restoran Jepang yang telah disebutkan di atas. Shibuya Café berada di Kamome Building. Bukan tanpa alasan mengapa tempat ini diberi kata “Café” di belakangnya, karena menyuguhkan suasana coffee shop a la Jepang yang nyaman dan hangat.

Untuk dekorasinya, kafe ini terlihat maskulin. Terlihat warna hitam keabu-abuan mendominasi  dinding, kap lampu dan beberapa interior lainnya. Nuansa hangat ditunjukan melalui penggunaan bahan kayu cokelat yang menghiasi sebagian furnitur kafe. Sementara hiasan dinding mirip yang menyerupai jendela rumah tradisional dengan sekat-sekat berbentuk persegi semakin mencerminkan kafe khas Jepang. Shibuya Café membagi ruangannya menjadi smoking dan non smoking.

Photo Source: https://www.zomato.com/id/jakarta

Mengenai menunya, kafe ini hanya menyediakan menu sarapan, kopi dan teh di pagi hari. Baru mulai pukul 11.00 semua menu kafe tersedia dan bisa dipesan.

Restoran ini terkenal dengan menu Gyu Tan Don. Gyu Tan Don sendiri merupakan masakan khas Jepang yang hampir mirip dengan Don Buri. Gyu tan adalah bagian lidah sapi yang dipotong dengan ketipisan yang sempurna dan dimasak dengan bumbu khas Jepang.

Makanan ini disajikan dengan nasi putih hangat, jadi cocok untuk Anda yang memang sedang ingin mengenyangkan perut. Kemewahan rasa daging dan nasi akan menyatu dalam satu mangkuk.

Meat Sauce Doria jadi menu berikutnya yang juga jempolan. Doria merupakan gratin (teknik kuliner dari Prancis di mana bahan makanan ditaburi dengan remahan yang mencoklat, seringkali menggunakan tepung roti, parutan keju, telur dan/atau mentega) versi Jepang dengan bahan utama nasi, saus Bechamel, dan keju leleh.

Terlihat warna bekas-bekas kecokelatan yang merupakan sisa panggangan pada permukaan keju dengan taburan cincangan peterseli. Ketika disendok terlihat lapisan nasi, cincangan daging, saus tomat, saus Bechamel, dan keju. Nasi yang pulen cocok disantap bersama daging cincang yang empuk diolesi saus tomat yang agak manis. Sensasi renyah terasa dari cincangan bawang bombay yang dimasak dengan daging.

Penggunaan saus putih yang kental menambah rasa gurih paduan susu dan mentega. Semakin mantap saat semua bahan Doria dimakan bersamaan. Top!

Satu lagi menu makanan yang patut Anda coba, Fried Salmon Burger. Sajian burger ini berisi dua potong salmon yang digoreng dengan tepung. Tepungnya mirip dengan tepung yang biasa dibalurkan pada tempura. Daging salmonnya terasa lembut dan tidak amis. Balutan tepungnya juga renyah dan gurih. Selain salmon, terdapat irisan kol yang dilumuri mayonnaise, cincangan bawang bombay, peterseli dan potongan putih telur di dalam burger. Ada juga salad sayuran sebagai pelengkap.

Shibuya Cafe juga memiliki menu minuman andalan, yaitu aneka kopi dan teh hijau Shizuoka. Creme Brulee menjadi yang paling favorit di sini. Sajian ini berupa secangkir kopi hangat yang ditutupi kepingan gula membeku yang merupakan hasil dari proses panggangan blow torch. Wangi gula yang terkaramelisasi terasa nikmat begitu menghirupnya.

Ketika gula tersebut dipecahkan dengan sendok, akan meleleh dan menyatu dengan kopi. Memberi sedikit rasa manis pada double shot espresso. Kopi terasa semakin nikmat dengan campuran susu dan hazelnut. Aftertaste pahit akan terasa begitu menyeruputnya.

Namun, bagi yang tidak suka kopi dapat memilih Shocking Kiwi Melon. Minuman ini merupakan perpaduan dari soda, sirup melon, dan potongan kiwi. Rasa manis melon cukup terasa, namun muncul sedikit rasa asam yang berasal dari lemon dan kiwi. Pas dipilih saat cuaca sedang panas.

Jl. Melawai No.189, Kby. Baru, Jakarta Selatan
Setiap hari: 07.00 – 00.00 WIB
(021) 27515835