< Fine Dining

5 Restoran Romantis untuk Dinner Date di Jakarta (Part 2)

5 Restoran Romantis untuk Dinner Date di Jakarta (Part 2)

Fine Dining

Melanjutkan artikel sebelumnya, kali ini Check In Jakarta kembali membahas restoran mana saja di Jakarta yang suguhkan suasana romantis dan pas untuk dinner date. Berikut pilihannya.

1. La Vue
Ingin menikmati suasana romantis di rooftop dan melihat Jakarta dari ketinggian? La Vue Rooftop di lantai 9 The Hermitage Jakarta, bisa menjadi pilihan. Meski berada di hotel, namun tempat ini terbuka untuk umum. Artinya, Anda tidak harus menginap di hotel jika ingin berkunjung ke sini.

La Vue terbagi menjadi 2 area. Area pertama diisi kolam renang, bar dan gym. Sedangkan di atasnya merupakan area rooftop yang dihubungkan dengan tangga. Kapasitas untuk area rooftop ini dapat menampung hingga 50 orang.

Datang saat malam hari adalah ide cemerlang, karena Anda dapat menikmati panorama Kota Jakarta yang terlihat cantik bermandikan cahaya. Sofa-sofa nan nyaman dan bangku-bangku unik berjejer untuk tempat Anda bersantai sambil bercengkerama dengan pasangan. Swafoto di sini pun hasilnya akan menarik, karena tidak ada gedung-gedung tinggi di sekitarnya yang menghalangi pemandangan. Angin sepoi-sepoi begitu terasa, suasananya juga cukup tenang karena hanya ada rumah-rumah penduduk saja di sekitar restoran. Karena merupakan area terbuka, jadi disarankan untuk mengecek cuaca dulu sebelum memutuskan datang ke sini.

 Photo Source: http://www.hermitagejakarta.com/id/dining

Bagi para penyuka cocktail, Jager Bomb adalah minuman yang harus Anda coba di sini. Minuman ini merupakan campuran dari Jagermeister dan minuman berenergi, Kratingdaeng. Pilihan lainnya adalah Cosmopolitan, campuran antara vodka, triple sec, jus cranberry, lemon segar, dan sirup gomme. Selain cocktail, La Vue juga menyediakan aneka bir, spirits, dan cider.

Lalu bagaimana untuk pengunjung yang tidak minum alkohol? Tenang saja! Anda bisa memesan teh herbal, teh decaf, serta berbagai olahan teh lainnya. Ada juga mocktail, milkshake, smoothies, kopi, soft drink, squash, dan pilihan jus murni maupun konsentrat.

Untuk makanannya, Anda bisa mencicipi sajian fusion Western dan Indonesia dari dapur La Vue. Ada juga beberapa menu yang bisa untuk berbagi, seperti Tapas Platter Selection yang terdiri dari potato Bravaz, calamari, crab croquette, chicken wings, dan lumpia Semarang.

Tapi jika Anda ingin mengenyangkan perut, menu yang pas Anda pesan adalah Hermitage Nasi Goreng, Hermitage Club, Red Curry Chicken Breast, atau Oxtail Soup. Rendang Pizza atau Spaghetti Vongole juga nampaknya sayang jika dilewatkan.

Beruntung jika Anda datang dengan pasangan, karena tak jarang bar dan restoran ini menawarkan promo menarik khusus untuk pengunjung yang datang bersama pasangannya.

La Vue
Website: http://www.hermitagejakarta.com/id/dining
Alamat: Jalan Cilacap 1, Menteng, Jakarta Pusa
Jam Operasional: Setiap hari: 09.00 – 00.00 WIB

2. AMKC Atelier
Kata “Atelier” sendiri berasal dari Bahasa Prancis yang berarti sebuah studio atau bengkel tempat para artisan berkreasi. Kata ini biasa digunakan para elit fashion untuk melabelkan sebuah rumah mode. 

Namun, Atelier yang satu ini berbeda, tak ada hubungannya sama sekali dengan fashion. AMKC Atelier adalah tempat bagi Anda yang ingin memanjakan lidah dengan hidangan eksklusif. Restoran berkonsep fine dining gourmet ini berada di lantai dasar Plaza Indonesia, tepat di seberang restoran Socieaty.

Masuk ke dalam restoran dengan 70 tempat duduk ini Anda akan menemukan kesan simple, elegan, dan chic. Interiornya bergaya kontemporer klasik minimalis dengan balutan monokromatik hitam-putih yang nampak serasi dengan sedikit sentuhan emas pada bingkai kaca yang menghiasi dindingnya. Anda pun akan merasa seolah sedang bersantap di kafe Prancis di kawasan elit Upper East Side, New York City, Amerika Serikat.


Photo Source: https://www.instagram.com/amkcatelier

Daya tarik AMKC tidak hanya berasal dari kemolekan desain interiornya. Sajian yang ditawarkan juga menjadi alasan restoran ini banyak dilirik orang.

Nama AMKC sendiri merupakan akronim dari inisial dua nama pemiliknya yang merupakan sepasang suami-istri, chef Adhika Maxi dan Karen Carlotta. Di kalangan pegiat kuliner, mereka bukanlah sosok yang asing. Di restoran ini, chef Adhika fokus membuat menu-menu hot kitchen gourmet bergaya Amerika-Prancis. Sementara istrinya, chef Karen bertugas menggarap menu pastry dan dessert.

Sebagaimana desainer dalam menciptakan sebuah busana mahakarya secara mendetail di sebuah atelier, hal yang sama juga dilakukan Adhika di AMKC. Seluruh menu ia buat secara khusus demi terciptanya kesempurnaan rasa. Jadi, jangan heran jika pilihan menu di sini tidak terlalu banyak.

Black Truffle Choux adalah salah satu menu yang menjadi andalan di restoran ini. Menu appetizer ini merupakan interpretasi baru sang chef terhadap kue sus dengan isian mewah berupa truffle hitam. Jangan khawatir, kue sus a la Chef Adhika ini ukurannya lebih kecil dari kue sus biasanya sehingga mudah dilahap di mulut. Per porsinya, Black Truffle Choux terdiri dari lima potong kue sus.

Untuk menu utamanya, Anda bisa menjatuhkan pilihan pada Truffled Angel Hair. Kombinasi tekstur rasa secara utuh akan Anda rasakan dalam sekali gigitan. Selain tekstur kenyal yang berasal dari pasta tipis, ada sensasi renyah dari taburan remahan roti panggang atau yang biasa disebut crouton.

Menu makanan di AMKC sendiri akan berganti tiap sebulan sekali agar pelanggan tidak cepat jenuh.

AMKC Atelier
Website: http://www.amkcatelier.com
Alamat: Plaza Indonesia Lt.1, Jl. M.H. Thamrin No.28-30,Gondangdia, Menteng, Jakarta Pusat
No. Telp: (021) 29924357
Jam Operasional: Setiap hari: 10.00 – 22.00 WIB
Instagram: @amkcatelier

3. Bunga Rampai
Gedung putih di Jalan Cik Diktiro, Jakarta Pusat, merupakan sebuah bangunan bersejarah. Arsitekturnya begitu sederhana, dengan dinding, kusen, pintu, jendela yang dibalut warna broken white, sebagaimana umumnya rumah-rumah di kawasan Menteng pada awal abad ke-20. Di bagian depannya terdapat semacam beranda kecil setengah lingkaran dengan atap kubah. Rumah tua itulah yang kini dikenal sebagai restoran Bunga Rampai.

Pemakaian nama Bunga Rampai sendiri karena pemilik ingin mengisyaratkan adanya pemaknaan khusus. Bunga rampai merupakan sebutan untuk sekumpulan kembang yang disatukan dalam sebuah buket, dan memunculkan aroma serta pesona yang menggoda. Nah, begitu pula dengan restoran mewah ini yang menawarkan aneka hidangan khas Nusantara dalam wadah dan cita rasa yang tinggi.

Restoran yang didirikan lima perempuan ini memang selalu berupaya untuk menyajikan aroma istimewa khas kedaerahan yang hidup. Hampir setiap wilayah di Indonesia terwakili di sini. Mulai dari sate lilit Bali, bakwan jagung dan ikan bakar Manado, nasi buketan ijo dari Jawa, rendang Malin Kundang dari Padang, empek-empek Palembang, dan masih banyak lagi.

Saking banyaknya menu makanan di Bunga Rampai, bahkan untuk menu nasi gorengnya saja ada banyak macamnya. Anda bisa memesan nasi goreng dengan nama daerah, atau istilahnya nasi goreng kampung, dan nasi goreng seafood. Ada pula nasi goreng rebana, yang tak lain merupakan nasi goreng kambing dengan rempah-rempah khas. Menu inipun menjadi hidangan favorit di sini.

Untuk minuman, setiap bulannya Bunga Rampai menghadirkan mocktail of the month. Salah satunya yang sangat disukai dan dijamin kesegarannya adalah Strawberry Lassi dan Fruit Punch yang merupakan kombinasi buah kiwi, leci, dan melon.

Di restoran berkonsep fine dining ini juga terdapat lounge khusus yang merupakan ruang tunggu bagi para tamu restoran. Di lounge ini tersedia sofa panjang dan dua kursi terpisah yang nyaman, bak ruang pribadi. Di sini juga tersandar lemari kaca dengan ensiklopedia dan lemari pendek dengan pajangan foto di atasnya. Nuansa hangat begitu terasa di ruangan ini. 

Bagi para perokok, ruangan khusus berbentuk huruf L dengan lantai bermotif ornamen kuno. Berwarna krem, masing-masing ubin saling membentuk satu corak dan dibingkai dengan sebuah motif lain di sekelilingnya. Begitu mudah menemukan barang antik di restoran ini. Ruang makan utama, dinamai Ruang Anyelir, hadir dengan lampu gantung bermodel ‘jadul’.

 

Total ada tujuh ruang di Bunga Rampai. Semua ruangan menggunakan nama-nama kembang. Ruang perokok dinamai Ruang Kacapiring, lounge biasa disebut Ruang Kemuning. Ruang yang paling favorit di sini adalah Ruang Teratai, lebih tepat disebut sebagai beranda. Di sekelilingnya dipenuhi kaca, membuat ruangan lebih terang. Di dua sisi terdapat lemari kecil dengan vas yang ditanami bunga-bunga harum.

Berbeda dengan Ruang Anyelir, yang terasa lebih formal, di bagian belakang terdapat Ruang Alamanda dengan suasana yang lebih santai. Lantai di ruangan ini juga cukup mengundang perhatian karena motifnya yang unik.

Bunga Rampai sendiri memiliki tema botanical. Dan memang, hampir di tiap sudut ruangan dipenuhi taburan kembang. Tak aneh, jika malam tiba, suasana romantis akan terasa di restoran ini. Ditambah irama gesekan biola, cello dan gitar yang mengisi ruangan dengan lembut, turut membawa kita kembali ke masa silam.

Bunga Rampai
Website: http://www.pakisculinary.com/main/bunga-rampai
Alamat: Jalan Cik Ditiro No.35, Menteng, Jakarta Pusat
No. Telp: (021) 31926224
Jam Operasional: Setiap hari: 11.00 – 23.00 WIB
Instagram: @bungarampai.pakis

4. Atico by Javanegra
Sore ini mau santai sambil makan enak dengan pasangan? Mampirlah ke Atico. Restoran berkonsep fine dining ini hadir dengan menu Spanyol.

Interiornya yang didominasi warna cokelat kayu di lantai dan kursi menciptakan nuansa hangat nan romantis. Ada pula lampu gantung di langit-langitnya. Jika Anda ingin merasakan suasana berbeda, tengoklah ke luar ruangan. Pengunjung bisa menikmati pemandangan gedung-gedung pencakar langit dari lantai cukup tinggi, sambil diiringi hembusan angin sepoi-sepoi.

Photo Source: https://www.instagram.com/aticobyjavanegra

Berkunjung ke sini cobalah menjajal Pollo Asado. Hidangan ini berupa setengah ekor ayam panggang gaya Andalusia. Potongan ayam dibaluri saus kuning kecokelatan dengan baby potato, beberapa siung bawang putih dan irisan tomat ceri sebagai pelengkapnya. Tak ketinggalan, rosemary, dan cincangan daun herba yang menghiasi seluruh permukaan ayam.

Aroma gurih menyeruak dari sajian ini. Ayamnya begitu empuk dengan baluran saus butter yang gurih. Sentuhan bawang putih membuat ayam terasa semakin lezat. Bumbunya pun meresap sempurna hingga ke dalam.

Puas mencicipi ayam sebagai menu utama, Anda bisa memilih Dates Pudding sebagai penutupnya. Dessert berupa hot pudding ini terbuat dari kurma. Terasa manis ringan yang pas dengan saus karamel yang manis legit sebagai pendampingnya.

Sentuhan rasa yang berbeda hadir dari gelato kopi. Dingin dan lembutnya gelato ini terasa sedikit pahit namun cocok mengiringi hot pudding dan saus karamel

Menu lainnya yang juga nikmat dijadikan penutup santapan adalah Cortado. Spanish Macchiato ini terasa pahit pekat dengan jejak asam yang tak begitu kuat. Sepotong cookies jadi pendamping yang pas untuk dicelupkan ke dalam suguhan kopi ini.

Ingin yang manis? Cold Belgian Chocolate lah jawabannya. Es yang menggunakan cokelat Belgia ini memiliki rasa manis yang ringan dan tidak lengket di mulut.

Atico by Javanegra bisa jadi pilihan lainnya untuk quality time bersama pasangan dengan suasana dan suguhan yang sempurna.

Atico by Javanegra
Alamat: Menara BTPN Lantai 4 Rooftop, Jl. Dr. Ide Anak Agung Gde Agung, Kuningan Tim., JakSel
No. Telp: (021) 22958194
Jam Operasional: Setiap hari: 08.00 – 00.00 WIB
Instagram: @aticobyjavanegra

5. Ristorante Da Valentino
Di restoran yang digawangi oleh Chef Marco ini Anda diajak untuk menikmati sajian autentik Italia yang dijamin tidak akan mengecewakan. Pengalaman bersantap pun semakin sempurna dengan kehadiran nuansa bersantap klasik dan tatanan interior bergaya vintage dan sedikit rustic yang menciptakan suasana romantis. Area restoran sendiri terbagi menjadi dua, lounge dan dining area yang juga dilengkapi beberapa private room.

Photo Source: https://www.instagram.com/valentino_jkt/

Restoran yang berekspansi di Jakarta, tepatnya di lantai 11 gedung MD Kuningan, ini memiliki menu andalan, Burrata Cheese with Cherry Tomatoes and Salad. Menu ini berisi keju burrata yang disajikan dengan salad dan cherry tomatoes. Rasanya soft dan creamy namun tetap enak di mulut. Penambahan tomat, olive oil dan balsamic vinegar berbentuk caviar juga turut menambah hint rasa asam yang segar pada sajian ini.

Hidangan khas Ristorante Da Valentino selanjutnya adalah Fettucine al Granchio. Pasta dengan campuran tinta cumi ini dipadukan dengan potongan daging kepiting dalam saus tomat yang creamy. Tampilannya memang terlihat biasa saja tapi rasanya boleh diacungi jempol. Highly recommended!

Ristorante de Valentino
Alamat: MD PLACE, 11th Floor, Jl. Setiabudi Selatan No. 7, Jakarta Selatan
No. Telp: (021) 29057888
Jam Operasional: Setiap hari: 11.30 – 23.30 WIB
Instagram: @valentino_jkt