Monday, May 27, 2019
Cafe & Resto
Cafe & Resto

5 Restoran Vegetarian Paling Terkenal di Jakarta (Part 1)

Spectr News Theme Isny Dewi R.
08, January 2019
664

Popularitas vegetarianisme dan veganisme di Indonesia sudah mulai meningkat. Pola makan tanpa daging kini seolah sudah menjadi bagian dari gaya hidup, karena semakin banyak orang yang menyadari pentingnya makan makanan sehat. Jangan khawatir! Di Jakarta sendiri sudah semakin banyak kafe yang menawarkan menu sehat. Lima di antaranya bisa Anda lihat di bawah ini.

1. Dharma Kitchen
Sudah eksis selama 20 tahun lebih, Dharma Kitchen adalah salah satu kafe vegetarian paling lama di Jakarta. Memiliki slogan “Healthy Food for Healthy Life”, Dharma Kitchen bisa Anda temukan di Central Park, Jakarta Barat dan Pluit, Jakarta Utara. Di restoran vegetarian ini Anda dapat menemukan hidangan Asia, Indonesia, dan Barat, seperti bebek panggang, rendang, dan burger ayam tiruan. Karena hanya tiruan, maka Dharma Kitchen tidak menggunakan daging dan menggantinya dengan jamur atau kedelai. Hampir 90 persen menu yang ditawarkan ramah vegan, karena restoran ini sendiri juga jarang menggunakan madu, susu, atau telur.


Photo Source: @dharma.kitchen

Dharma Kitchen
Alamat: Central Park, Lantai 1, Jl. Letjen S. Parman, Tanjung Duren, Jakarta Barat
No. Telp: 0816966108
Jam buka: Setiap hari 10.00 – 22.00 WIB
Instagram: @dharma.kitchen

2. Burgreens
Burgreens adalah perintis restoran vegetarian di Jakarta. Dibuka pada tahun 2013, restoran ini telah memiliki beberapa outlet di Jakarta, antara lain Menteng Flagship, Pacific Place, Plaza Indonesia, Darmawangsa, Pondok Indah Mall Street Gallery, Neo Soho, dan Erasmus Huis Kuningan. Burgreens terkenal dengan burger nabati yang tersedia dalam pilihan jamur, bean n cheese, crispy tofu, spinach chickpea bean patties, serta vegan rendang burger.


Photo Source: @burgreens

Burgreens
Website: https://www.burgreens.com
Instagram: @burgreens

3. Plantubi
Plantubi merupkan bisnis rumahan tanpa toko. Namun, namanya telah menarik perhatian penganut hidup sehat karena menyajikan hidangan nabati dengan citarasa lokal, yaitu Padang Bowl dan Sunda Bowl, nasi jagung, dan rendang jamur. Dengan harga Rp 48.000 per mangkuk, menu yang ditawarkan Plantubi diklaim ramah vegan karena tidak menggunakan telur, mentega, atau susu.

Plantubi
Jam buka: Senin – Jumat 10.00 – 14.00 WIB
No. Telp: 0819 1100 9060
Instagram: @plantubi


Photo Source: @plantubi

4. Blue Zone Center Indonesia
Buka pada bulan Mei, Blue Zone Center Indonesia adalah pusat gaya hidup sehat, yang menampilkan restoran sekaligus bar salad, bar kombucha, pusat kebugaran, dan toko kelontong untuk bahan makanan sehat.

Pendiri, Jason Tanu mengaku terinspirasi laporan National Geographic tentang Blue Zone, yang menjelaskan bahwa ada lima wilayah di dunia di mana penduduknya hidup lebih lama dan lebih sehat. Dari situ, Jason bercita-cita ingin Jakarta menjadi salah satu bagian dari Blue Zone berikutnya.

Di restoran, penggemar sayuran dapat mencoba salad dengan berbagai saus buatan sendiri, seperti spicy chipotle, tom yum, dan spicy adobo. Juga yang menjadi sorotan dalam menu adalah bibimbap (nasi campur Korea), rendang vegetarian, dan acai bowl. Dan menurut Jason, restoran ini juga menawarkan menu ramah vegan. Sementara itu, bar kombucha di sini menawarkan minuman sehat dalam berbagai rasa, yaitu mixed berries, fruit cocktail, honey lemon, dragon punch and rose, dengan harga mulai dari Rp 38.000 per gelas.

Blue Zone Center Indonesia
Alamat: Jl. Gunawarman No.51, Kby. Baru, Jakarta Selatan
Jam buka: Senin – Kamis 09.00 – 21.00, Jumat 09.00 – 17.00, Sabtu 18.30 – 22.00, dan Minggu 08.00 – 21.00
No. Telp: (021) 7203752
Instagram: @bluezone.id

5. Beets and Bouts
Beets and Bouts terletak di basement parkir Fairgrounds. Meski terkesan mungil, namun dirancang sangat apik dan nyaman untuk hangout, atau sekadar membaca buku sambil menikmati camilan sehat. Menu yang ditawarkan menampilkan healthy smoothie bowl, acai bowl, dan berbagai jenis smoothie, cold press juice, dan bahkan beberapa hidangan gurih seperti salad, nasi merah, sandwich, semuanya buatan sendiri dan dijamin sehat.


Photo Source: @beetsandbouts

Beets and Bouts
Alamat: Fairgrounds SCBD Sudirman Lot 14 (Basement Level), Jakarta Selatan
Jam buka: Senin – Jumat: 07.30 – 21.00, Sabtu 07.00 – 18.00, Minggu: 07.00 – 12.00 WIB
Instagram: @beetsandbouts

Isny Dewi R.
Isny Dewi R.
Journalist
Registration