Sunday, October 20, 2019
Technology
Technology

5 Situs Mengunduh Foto Gratis dengan Domain Publik

Spectr News Theme Isny Dewi R.
03, October 2019
128

Apakah Anda seorang blogger yang bercita-cita tinggi atau ingin membangun situs web untuk bisnis, sulit untuk menghindari pelanggaran hak cipta di era digital. Meskipun tampaknya menarik, Anda tidak bisa hanya menggunakan gambar apa pun yang Anda temukan secara online dan menggunakannya di blog Anda atau untuk tujuan komersial.

Sebagian besar gambar di web tunduk pada hak cipta, artinya fotografer atau pencipta gambar tertentu memiliki hak eksklusif atas gambar itu, dan karenanya dilindungi oleh hukum federal. Untungnya, ada ranah gambar gratis yang biasa disebut "domain publik."

Gambar domain publik tersedia untuk siapa saja dan umumnya dapat digunakan untuk tujuan apa pun yang Anda suka, bahkan penggunaan komersial. Karena berbagai alasan; hak cipta mungkin telah kedaluwarsa. Gambar-gambar itu dapat dipotret oleh cabang pemerintah, atau pemiliknya mungkin baru saja kehilangan haknya dengan alasan apa pun.

Dan, meskipun ada satu ton tempat untuk menemukan gambar domain publik online, banyak situs menawarkan hasil yang terbatas dan tidak bersemangat yang lebih merusak pemandangan daripada eye candy. Tapi tenang! Masih ada beberapa platform foto stok gratis yang dapat membantu Anda menemukan gambar yang Anda cari.

1. Creative Commons
Creative Commons adalah salah satu pilihan terbaik untuk konten domain publik, baik Anda mencari foto, audio, atau lainnya. Utilitas pencarian berguna di situs ini memungkinkan Anda untuk memasukkan istilah pencarian di sudut kanan atas dan memfilter hasil berdasarkan Flickr, Fotopedia, Pixabay, Gambar Google, dan sejumlah tempat terkemuka lainnya untuk hosting foto. Anda bahkan dapat mencari gambar yang merupakan bagian dari koleksi domain publik Met Musem.

Ingatlah bahwa situs mencari gambar yang memiliki lisensi Creative Commons, artinya gambar mungkin tidak harus berada di bawah domain publik, tetapi mereka sering masih dapat digunakan dalam kondisi tertentu. Situs ini juga harus secara otomatis mencari konten yang dapat digunakan secara komersial dan sebaliknya, tetapi merupakan ide bagus untuk memeriksa ulang lisensi demi keamanan Anda.

2. Wikimedia Commons
Dengan lebih dari 54 juta file media tersedia secara gratis, Wikimedia adalah tempat hebat lainnya untuk menemukan berbagai jenis konten domain publik. Pengguna dapat mengkurasi situs, mengunggah, menandai, dan mengkategorikan file. Sebagian besar konten tersedia dan dapat dimodifikasi selama Anda menghubungkan penulis asli atau pemberi lisensi.

Wikimedia menampilkan daftar kategori yang cukup luas, mulai dari alam hingga rekayasa, dan bahkan ada kategori domain publik untuk lebih menyaring hasil Anda. Saat menggunakan bilah pencarian di sudut kanan atas, coba masukkan "PD" sebelum istilah pencarian Anda untuk membatasi hasil secara eksklusif untuk gambar domain publik. Misalnya, coba mengetik "PD Justin Bieber" untuk hanya menampilkan gambar domain publik dari penyanyi asal Kanada tersebut.

3. Flickr
Flickr tidak hanya menampung jutaan gambar yang dilindungi. Situs ini juga merupakan sumber yang tepat untuk menemukan materi berlisensi Creative Commons dan beberapa yang telah masuk ke spektrum domain publik. Situs ini memiliki beragam gambar dan fungsi pencarian komprehensif yang memungkinkan Anda untuk menyaring gambar lebih cepat daripada browser gambar bawaan.

Banyak gambar di Flickr bebas digunakan selama Anda memberi kredit pada fotografer. Setelah mengetikkan istilah di bilah pencarian, gunakan menu drop-down di kiri atas yang mengatakan "lisensi apa pun" dan pilih penggunaan yang Anda cari untuk mengurutkan gambar.

Seperti situs-situs lainnya, yang terbaik adalah menghindari masalah hukum dengan melihat apa batasan pemilik konten asli pada gambar. Beberapa gambar di Flickr sama sekali tidak tunduk pada hak cipta dan dengan demikian dapat digunakan untuk apa pun (termasuk tujuan komersial), sementara yang lain hanya memerlukan atribusi sederhana atau hyperlink kembali ke sumbernya.

4. Unsplash
Unsplash telah berkembang sejak awal yang sederhana. Meskipun awalnya tidak memiliki tombol pencarian dan kategori gambar yang berbeda, sejak itu diperluas pada desain seperti Tumblr, memungkinkan Anda untuk dengan cepat menelusuri gambar baru dan menjelajahi situs berdasarkan tag gambar, koleksi, dan pengguna.

Meskipun ada perubahan baru-baru ini, pustaka Unsplash masih menampilkan beragam foto resolusi tinggi yang dikirimkan oleh pengguna yang berbeda. Foto bervariasi dari close-up hewan dan lanskap hingga mobil dan potret intim, dan sejumlah koleksi yang dikuratori dan berfitur memberi Anda cara menjelajahi beragam topik yang lebih luas, pernikahan, siluet, komputer, dan masih banyak lagi. Foto tetap menjadi yang terbaik untuk penjelajahan biasa juga, karena gambarnya sedikit lebih "artsier" daripada yang ada di situs stok lainnya.

5. Dreamstime
Dreamstime memiliki tampilan dan nuansa yang mirip dengan Shutterstock, tetapi juga mencakup pilihan foto gratis. Situs ini memang meminta pengguna masuk, dan ada beberapa foto yang memerlukan kredit untuk diunduh, tetapi memang memiliki banyak pilihan gambar gratis. Bahkan, dibandingkan dengan situs lain, Dreamstime memiliki variasi terbaik, mengingat itu menarik dari Creative Commons dan banyak situs web lainnya.

Pencarian juga akurat, selama Anda menjaga permintaan pencarian Anda tetap luas. Situs ini juga menawarkan banyak kategori umum untuk ditelusuri, jika Anda mencari sesuatu yang kurang spesifik. Sebagian besar gambar gratis juga memerlukan atribusi. Dan bersiaplah akan iklan untuk benar-benar membeli gambar dari perusahaan fotografi stok.

Isny Dewi R.
Isny Dewi R.
Journalist
Registration