< Street Food

5 Soto Betawi Paling Jempolan di Jakarta

5 Soto Betawi Paling Jempolan di Jakarta

Street Food

Musim hujan nampaknya sudah tiba. Di saat seperti ini paling nikmat ya menyantap yang gurih dan hangat. Dan Soto Betawi adalah jawabannya. Sebagai kota asal, tentu di Jakarta ada banyak sekali rumah makan yang menjajakan makanan satu ini, namun yang paling jempolan bisa Anda dapatkan di lima rumah makan ini.

1. Soto Betawi H. Ma’ruf
Di warung yang bentuknya menyerupai rumah ini, Anda dapat menyantap beragam hidangan khas Betawi, tentu soto Betawi menjadi salah satu yang wajib dicoba.

Soto Betawi H. Ma’ruf terasa sangat gurih dengan kuah berwarna cokelat. Isinya pun beragam, ada daging sapi, hingga jeroan bertekstur empuk. Lebih nendang lagi jika sajian ini dinikmati dengan nasi dan beberapa tambahan seperti tomat, kentang, dan emping.

 

Photo Source: https://www.zomato.com/id/jakarta

Alamat: Komplek Taman Ismail Marzuki, Jl. Cikini Raya No. 73, Cikini, Menteng, Jakarta Pusat
Jadwal Operasional: Setiap hari: 09.00 – 20.30 WIB

2. Soto Betawi Afung
Siapa sangka ternyata di kawasan Pecinan, Glodok, Jakarta Barat, juga terdapat warung makan yang menawarkan soto Betawi enak. Warung tersebut terletak di Gang Gloria dan sudah ada sejak tahun 1982. Wow!

Soto Betawi di sini bisa diberi isian campur, seperti ayam, daging sapi, kikil, urat, paru, dan babat. Isian itu kemudian disiram dengan kuah santan encer berwarna putih. Begitu melahapnya, rasa gurih langsung terasa yang berasal dari campuran santan dan sumsum tulang.

 

Photo Source: https://www.zomato.com/id/jakarta

Soto Betawi Afung juga cukup lengkap, karena berisi potongan kentang, tomat, dan emping,. Makin mantap lagi jika kuah soto ditambah perasan jeruk limo.

Alamat: Jl. Pancoran, Gang Gloria, Glodok, Pinangsia, Tamansari, Jakarta Barat
Jadwal Operasional: Setiap hari: 08.00 – 21.00 WIB

3. Soto Betawi Sambung Nikmat
Soto Betawi racikan H. Ridwan ini bisa Anda temukan di Jalan Ciputat Raya. Sambung Nikmat terkenal dengan kuah sotonya yang berwarna merah dengan tambahan rempah yang terasa gurih. Di sini Anda bisa memilih sendiri isian sotonya, mulai dari irisan daging sapi, paru, hingga kikil.

Isian ini lalu dimasukkan ke dalam mangkuk dan disiram dengan kuah kaldu panas yang masih mengepul. Agar semakin nikmat dan mengenyangkan, jangan lupa menyantapnya dengan nasi, acar, sambal, dan emping.

 

Photo Source: https://www.zomato.com/id/jakarta

Alamat: Jl. Ciputat Raya No.18, Pd. Pinang, Kby. Lama, Jakarta Selatan
Jadwal Operasional: Senin – Sabtu: 08.00 – 14.00 WIB

4. Soto Betawi Bang Sawit
Di warung yang satu ini Anda bisa memilih soto Betawi dengan campuran daging sapi, usus, babat, paru, hingga kaki.

Kuahnya berwarna kuning kecokelatan dengan perpaduan rempah kapulaa dan bawang. Rasa gurih kuah sotonya juga berasal dari campuran kaldu dan santan.

Photo Source: https://www.zomato.com/id/jakarta

Disajikan saat masih panas, Soto Betawi Bang Sawit semakin mantap begitu dicampur kecap manis, sambal rawit, dan potongan tomat.

Alamat: Jl. Boulevard Raya, Klp. Gading Bar., Klp. Gading, Jkt Utara
Jadwal Operasional: Senin – Jumat: 10.00 – 21.00 WIB, Sabtu & Minggu: 10.00 – 22.00 WIB

5. Soto Betawi H. Husein
Soto Betawi yang satu ini bisa dibilang yang paling jempolan di Jakarta. Warung makan milik H. Husein menawarkan beberapa pilihan soto Betawi, mulai dari soto daging, soto paru, soto campur, hingga soto istimewa. Soto Betawi di sini memiliki kuah berwarna kuning dengan santan yang membuatnya terasa gurih dan rasa kaldunya yang lezat.

Photo Source: https://www.zomato.com/id/jakarta

Semakin enak dimakan dengan tambahan irisan daun bawang, potongan, tomat, dan emping. Slurp! Cocok disantap bersama nasi agar lebih mengenyangkan.

Alamat: Jl. Padang Panjang No. 6C Pasar Manggis Setiabudi, Jakarta Selatan
Jadwal Operasional: Senin – Kamis, Sabtu & Minggu: 07.00 – 14.00 WIB, Jumat: Libur