< Recreation

5 Tempat Instagrammable di Jakarta (Part 1)

5 Tempat Instagrammable di Jakarta (Part 1)

Recreation

Jakarta tak hanya sebatas hutan beton. Kota metropolitan ini juga menawarkan banyak situs perkotaan dan situs bersejarah yang indah. Mulai dari Museum MACAN dengan sentuhan modern hingga kafe bergaya wabi-sabi yang patut dikunjungi terutama bagi Anda yang hobi fotografi dan mengunggahnya di Instagram. Berikut 5 tempat Instagrammable di Jakarta yang akan membuat Anda berdecak kagum.

1. Museum MACAN
Kata “MACAN” sendiri merupakan singkatan dari Modern and Contemporary Art in Nusantara. Museum yang tergolong masih baru ini adalah museum kontemporer pertama di Indonesia. Dibuka pada tahun 2017, Museum MACAN terus menambah koleksi lukisan dan karya seni lainnya baik yang dibuat oleh seniman lokal maupun global.

Salah satu instalasi seni paling favorit di museum ini adalah "Infinity Mirrored Room" karya Yayoi Kusama (seniman kontemporer Jepang yang berkecimpung di bidang pematungan dan instalasi). Bahkan banyak sekali pengunjung yang rela antre agar bisa berfoto-foto ria di ruangan ini. Infinity Mirrored Room dipenuhi cermin dikombinasikan dengan warna cahaya rendah yang menghasilkan foto luar biasa untuk mempercantik feeds Instagram Anda.

Saat ini Museum Macam ditutup untuk pemasangan instalasi baru dan akan kembali dibuka 17 November 2018. Tiket dijual seharga Rp 100.000 untuk pengunjung dewasa, Rp 90.000 untuk mahasiswa, dan Rp 80.000 untuk anak-anak. Tiket bisa dibeli secara online ataupun on the spot. Namun lebih baik membelinya secara online untuk menghindari antrean Panjang.

Museum MACAN
Website: http://www.museummacan.org/en
Alamat: AKR Tower Level M, Jl. Panjang No. 5, Kebon Jeruk, Jakarta Barat
Jam Operasional: Selasa – Minggu: 10.00 – 19.00 WIB
Instagram: @museummacan

2. Monks


Photo Source: @monksjakarta

Monks bisa dibilang menambah percikan baru ke kawasan yang dipenuhi restoran-restoran milik keluarga. Di saat sebagian besar tempat di Kelapa Gading seperti wajib menyambut Anda dengan Fortune Cat dan kursi plastik merah, kafe ini menyambut para pelanggannya dengan neon besar berbentuk Fortune Cat yang menghiasi dinding, kursi rotan yang nyaman, dan mesin espresso Mirage yang mencolok di bar kopi. Inilah tampilan yang jarang sekali ditemukan di Kelapa Gading.

Didesain oleh Eko Priharseno, seorang desainer interior terkenal, Monks dengan interiornya yang nyaman dan detail yang jenaka agak menyerupai lounge mahasiswa yang tersebar di tiga lantai. Ada kursi ayunan, spot favorit pengunjung wanita di mana mereka dapat mengambil foto yang bagus di tempat ini. Suasana santai khas ruang mahasiswa ini mewakili karakter unik Monks, yang menghadirkan rasa keakraban.

Dengan konsep wabi-sabi Jepang dan estetika yang tidak lengkap, Monks menyajikan sarapan gaya Jepang, makan siang, dan kopi spesial. Mereka juga menawarkan pencuci mulut yang unik yaitu banana cake yang terlihat seperti batu. 

Monks
Alamat: Komp. Graha Boulevard Timur, Summarecon Kelapa Gading, Jkt Utara
No. Telp: (021) 22452487
Jam operasional: Setiap hari: 07.00 – 23.00 WIB
Instagram: @monksjakarta

3. Wisata Kota Tua
Seperti yang kita semua tahu, Kota Tua merupakan rumah bagi bangunan bersejarah, Destinasi wisata di Jakarta Barat ini sangat populer baik di kalangan wisatawan lokal maupun mancanegara. Daya tarik utamanya adalah ruang terbuka di depan Museum Sejarah Jakarta atau Museum Fatahillah, sebuah area terbuka yang dikelilingi oleh bangunan kolonial. Di area ini, pengunjung dapat mengunjungi beberapa museum sekaligus atau sekadar berjalan-jalan di area terbukanya.


Photo Source: Check In Jakarta doc. 

Selain mengunjungi museum, Kota Tua juga terkenal sebagai spot favorit untuk mengambil foto pre-wedding. Dengan bangunan bergaya kolonial Belanda di sekitarnya, tak heran jika tempat ini menjadi surga bagi para pemburu foto.

Kota Tua
Alamat: Jalan Taman Fatahillah No.1, Kota Tua, Pinangsia, Tamansari, Jakarta Barat

4. Lapangan Banteng
Ini dia spot terbaru di Jakarta yang sangat populer di kalangan anak muda Ibu Kota. Taman ini merupakan landmark bersejarah yang sudah ada sejak zaman pemerintahan kolonial Belanda. Pemerintah Provinsi DKI Jakarta tak hanya merenovasi monumen dan merevitalisasi area hijau di alun-alunnya saja, tapi juga menambahkan taman bermain anak-anak, jogging track, beberapa spot yang indah, serta sepuluh dinding bertuliskan kutipan yang berkaitan dengan pembebasan Irian Jaya.

Fokus utama di Lapangan Banteng adalah sebuah amphitheater berbentuk setengah lingkaran menghadap Monumen Pembebasan Irian Jaya yang berdiri di samping kolam di mana terdapat air mancur menari diiringi alunan musik.


Photo Source: Check In Jakarta doc. 

Lapangan Banteng
Alamat: Pasar Baru, Sawah Besar, Jakarta Pusat
Jam operasional: Setiap hari: 05.00 – 22.00 WIB

5. JimBARan Lounge
Datanglah ke JimBARan Lounge yang berada di Ayana Midplaza saat siang atau sore hari untuk menikmati hidangan lezatnya serta tempatnya yang nyaman. Lounge ini dirancang sebagai tempat pertemuan bagi para eksekutif dan sosialita, tak heran karena mereka menyuguhkan interior yang bersih dan elegan.

Tidak hanya menawarkan tempat yang indah, JimBARan Lounge juga menyajikan makanan lezat dengan presentasi yang luar biasa, dijamin feeds Instagram Anda makin indah.


Photo Source: @ayanajakarta

JimBARan Lounge
Alamat: Ayana Midplaza Jakarta Lobby Level, Jl. Jend. Sudirman, Jakarta Pusat
Jam Operasional: Setiap hari: 08.00 – 00.00 WIB
Instagram: @ayanajakarta