< Cafe & Resto

5 Tempat Ngopi di Senopati yang Nyaman untuk Hangout (Part 2)

5 Tempat Ngopi di Senopati yang Nyaman untuk Hangout (Part 2)

Cafe & Resto

Lima daftar tempat ngopi di Senopati masih belum memuaskan Anda? Tak perlu risau! Karena Check in Jakarta akan kembali merekomendasikan lima tempat ngopi di Senopati yang pastinya nyaman untuk hangout.

1. Crematology Coffee Roasters
Tempat ngopi yang ideal adalah yang memberi perasaan nyaman, rasa kopi yang nikmat, dan pelayanan yang memuaskan. Dan semua itu bisa Anda dapatkan di Crematology Coffee Roasters. Sssttt, WiFi di sini koneksinya juga cepat, lho.

Dirancang dengan dekorasi bernuansa rustic, minimalis, dan lantai beton yang memberikan kesan hangat. Begitu juga dengan pencahayaannya, lampu alami yang memancar dari luar dinding kaca, membuatnya terlihat indah.

Bagi para coffee addict, kedai kopi yang satu ini mungkin sudah tidak asing lagi. Crematology digadang-gadang menyajikan kopi paling nikmat yang sulit ditolak. Yang menjadi daya tarik dari coffee shop ini adalah kopi yang disajikan semuanya merupakan kopi nusantara, yang berasal dari Papua, Toraja, Bali, dan masih banyak lagi. Barista di sini akan dengan senang hati merekomendasikan kopi yang pas jika Anda bingung memilihnya.

Tidak masalah jika Anda tidak begitu menyukai kopi, karena Crematology juga menyediakan menu minuman lainnya yang tak kalah nikmat, seperti Nutella Frappe, Oreo Frappe, Snickers Frappe, Taseo Green Tea, Taseo Black Tea Darjeeling, Dilmah Earl Grey, dan yang lainnya. Nutella Frappe menjadi menu non-coffee yang menjadi best seller di sini. Harga untuk segelas minumannya berkisar antara Rp 30.000,- hingga Rp 53.000,-.

 

Photo Source: https://www.instagram.com/crematology

Untuk pelengkap, varian pastries dirasa cukup, Aneka pastry yang tersedia di Crematology meliputi Nutella Cupcakes, Almond Galette, Peanut Butter Brownies, Cinnamon Bun, Blondies (white chocolate brownies), dan Canelé Pastry.

Meski merupakan tempat ngopi, tapi menu makanan yang ditawarkan juga cukup banyak. Mulai dari pastries & desserts, waffles & french toast, lighter bites, hingga comfort food. Aglio Olio Pasta menjadi menu paling favorit para pengunjung Crematology untuk menemani hidangan kopi yang mereka pesan. Harga makanan di kafe ini berkisar antara Rp 28.000,- hingga Rp 80.000,-.

Jika ingin datang ke sini, usahakan untuk tidak datang saat malam hari, karena selalu penuh.

Jl. Suryo No.25, Rawa Barat, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan
(021) 72780012
Senin - Jumat: 07.30 – 00.00 WIB, Sabtu & Minggu: 09.00-12.00 WIB
@crematology

2. Caribou Coffee
Sejak tahun 2015 lalu, para pencinta kopi di Jakarta dapat menikmati racikan spesial Caribou Coffee. Coffee house terkemuka asal Amerika Serikat ini resmi membuka gerai pertamanya di kawasan Senopati. Caribou Coffee sendiri merupakan jaringan rumah kopi pertama di Amerika Serikat yang menyediakan 100% kopi dan espresso dari perkebunan kopi bersertifikat Rainforest Alliance.

Setelah memiliki 220 gerai waralaba internasional di 11 negara, Caribou Coffee akhirnya berlabuh ke Indonesia sebagai negara ke-12 dan negara pertama di Asia Tenggara untuk pembukaan gerainya.

Kopi unggulan di kedai kopi ini adalah kopi dari Sumatera Utara yang merupakan biji kopi arabica terbaik. Selain espresso dari kopi Sumatera Utara, Caribou Coffee juga menawarkan minuman klasik berbasis espresso, seperti mocha, cappucino, dan latte. Beberapa minuman lainnya yang juga menjadi andalan antara lain Campfire Mocha, Vanilla White Mocha, Turtle Mocha, dan Caramel High Rice yang dibuat dari campuran Cross Fox espresso blend dan cokelat asli. Penggunaan cokelat asli memang menjadi karakteristik minuman khas Caribou Coffee. Untuk minuman dingin biasanya menggunakan cokelat cair. Sementara minuman panas menggunakan cokelat batang yang dipanaskan bersama susu.

 Photo Source: https://www.instagram.com/cariboucoffeeid

Tak hanya minuman, di Caribou Coffee juga tersedia makanan pendamping yang unik seperti bagels, artisanal sandwiches, dan cakes. Berbagai pilihan makanan utama pun bisa Anda pesan untuk mengenyangkan perut.

Kisaran harga untuk minuman ditawarkan mulai dari Rp 20.000,- hingga Rp 60.000,-. Sedangkan untuk makanan, harga dipatok mulai dari Rp 18.000,- hingga Rp 56.000,-.

Gerai kopi yang mengusung slogan "Life is Short. Stay Awake for It" ini memiliki suasana yang homey. Layaknya rumah sendiri yang terdiri dari beberapa kepala, suasana akrab pun terasa di sini. Jadi, Caribou bukan sekadar rumah kopi dengan segala sajian kopinya, namun juga menghadirkan keakraban, dan kekeluargaan antara pengunjung dan tim Caribou Coffee yang menjadikan tempat ini berbeda dengan rumah kopi lainnya.

Bangunan Caribou Coffee terdiri dari 2 lantai. Untuk memesan minuman dan makanan, dilakukan di lantai 1. Sementara untuk menikmatinya bisa dilakukan di kedua lantai. Di lantai 2 terdapat area outdoor yang juga merupakan area merokok. Ada juga ruang tertutup yang cocok untuk meeting dan toilet yang dilengkapi dengan fasilitas mengganti popok bayi di lantai ini. Kabar baik bagi para Ibu.

Fasilitas parkir menjadi nilai tambah Caribou Coffee untuk yang ke sekian kalinya. Ada fasilitas vallet dengan staf yang sangat ramah. Dan lebih menyenangkannya lagi, ada juga area parkir untuk sepeda. Jarang-jarang lho ada kafe seperti ini di Jakarta.

Jl. Senopati No. 52, Selong, Kby. Baru, Jakarta Selatan
(021) 27515162
Minggu – Kamis: 06.30 – 23.00 WIB, Jumat & Sabtu: 06.30 – 00.00 WIB
caribou.coffee@mahadya.co.id
@cariboucoffeeid

3. Mister Sunday
Kalau kebetulan Anda sedang melintas di kawasan Cikajang, Senopati, Anda bisa memilih tempat ngopi yang nyaman untuk nongkrong. Mister Sunday bisa Anda masukkan dalam daftar ini. Di sini Anda bisa mencicipi aneka macam menu brunch, camilan, cake, hingga kopi tentunya.

Mister Sunday berada di lantai dua dengan konsep modern dan sentuhan asri. Terlihat di beberapa bagian, Anda akan menemukan beberapa pot tanaman hijau yang semakin menambah kesan nyaman. Selain itu, jika datang di pagi atau siang hari, coffee shop ini akan terlihat terang karena terdapat jendela kaca yang cukup besar di bagian depannya.

Mister Sunday juga bisa dijadikan pilihan untuk Anda bersantai di hari libur. Di hari Minggu, kafe ini sudah buka sejak pukul 8 pagi, tentunya di waktu itu sangat cocok untuk menikmati cappuccino hangat dengan harga sekitar Rp 38.000,- yang disajikan dalam cangkir keramik dengan tambahan latte art yang di bagian atasnya berbentuk bunga. Membuat Anda semakin berselera untuk segera menyeruputnya. Kopinya berwarna cokelat pekat dengan semburat rasa pahit kopi yang cukup kuat. Racikan ini terbuat dari campuran antara kopi asal Flores dan Kerinci.

Kalau kebetulan perut sedang lapar, Anda bisa mencoba Creamy Mushroom Dijon Chicken (Rp 95.000). Sajian ini berisi potongan dada ayam yang dimarinasi dengan bumbu gurih, lalu diolah dengan teknik pan seared yang diberi sedikit minyak. Saat mencicipinya, Anda akan merasakan tekstur daging yang empuk dan juicy, sehingga semakin nikmat saat memadukannya dengan mushroom sauce yang creamy. Apalagi saat bertemu tumisan bayam dan jamur, dijamin nendang di lidah Anda.

 Photo Source: https://www.instagram.com/hello_mrsunday

Seperti dapat memahami keinginan Anda, potongan daging ayam panggang ini juga dilengkapi kentang panggang yang gurih dengan taburan tomat ceri dan selada segar. Hasilnya pasti mengenyangkan!

Setelah puas mencicipi makanan berat, Anda bisa menutupnya dengan cake manis yang enak. Pilihan bisa Anda jatuhkan pada Noir Chocolate (Rp 50.000), ialah cake cokelat dengan campuran pistachio. Walaupun tidak menggunakan telur, akan tetapi cake ini tetap terasa lembut dengan perpaduan rasa manis yang berasal dari cokelatnya. Ukurannya yang sedang membuat Noir Chocolate bisa dimakan berdua, jika ingin mencicipinya setelah melahap menu utama.

Mau mencicipi menu yang lain? Bagaimana kalau memesan egg benedict dengan racikan poached egg yang lumer dan campuran salmon hingga racikan kopi lokal yang segar. Seperti Papua, Mandailing, hingga Java Halu.

https://www.mister-sunday.com
Jl. Cikajang No.30, Petogogan, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan
(021) 7211189
Minggu – Kamis: 08.00 – 22.00 WIB, Jumat & Sabtu: 08.00 – 23.00 WIB
@hello_mrsunday

4. Doppio Coffee
Kawasan Senopati menawarkan banyak pilihan tempat nongkrong, dan Doppio Coffee yang berlokasi di Wolter Monginsidi menjadi salah satunya. Doppio sendiri merupakan singkatan dari double shot espresso, yang berarti sajian espresso di sini diekstraksi menggunakan double coffee filter dalam portafilter.

Buka dari pagi hingga malam, kedai kopi mungil ini cocok untuk tempat Anda sarapan maupun makan malam. Ditambah suasana nyaman yang berasal dari dominasi furnitur kayu kecokelatan sebagai hiasan interiornya. Meski tak begitu luas, namun Doppio berhasil menyulapnya menjadi homey dan hangat melalui dinding berwarna bata putih, monokrom, serta penerangan hangat dari lampu gantung.

 

Begitu masuk ke dalamnya, Anda akan langsung disambut staf yang siap mencatat semua pesanan Anda. Tampak di sebelah kasir terdapat etalase kaca berisi display menu. Dan tentunya berbagai macam alat untuk menyeduh kopi.

Melihat menu kopinya, ada pilihan yang umum seperti espresso, double esspreso, piccolo, cappucino, dan mocha latte. Selain itu, ada juga Doppio Iced Shaken, Filter Kalita, Baby Cino, Red Velvet Latte, dan aneka teh. Yang menjadi favorit di sini adalah Doppio Cube (Rp 45.000). Cara menyajikannya, gelas mula-mula diisi dengan kopi dalam bentuk es batu. Sebagai pendamping, ditambahkan susu putih hangat dengan aroma sirup caramel, terasa nikmat sekali saat dihirup.

Sebelum diminum, susu dituangkan ke dalam es batu. Baru kemudian diaduk hingga rata. Rasanya begitu enak, tidak terlampau pahit dengan tekstur agak creamy. Pas untuk Anda yang tidak begitu menyukai kopi yang kuat. Untuk kopinya, Doppio Cube menggunakan Doppio Blend, yakni campuran biji kopi yang tiap saat bisa berbeda-beda. Kopi ini memberi jejak asam buah dan sedikit seperti rasa cokelat untuk aftertaste-nya.

Sementara menu makanannya, Doppio menyediakan menu camilan, seperti spring roll, pisang goreng, sandwich, pasta, cinnamon roll, hingga brownies. Risoles Beef Ragout (Rp 30.000) nampaknya paling pas untuk disantap bersama Doppio Cube. Risolesnya berukuran lebih besar dari biasanya. Pada permukaan risoles terdapat topping mayonnaise. Sebagai penambah nikmat, jangan lupa dicocolkan ke sausnya. Tersaji hangat, risoles di sini bertekstur renyah di bagian luarnya. Sementara di dalamnya terasa lembut dengan ragout yang enak dan gurih. Ada campuran irisan buncis, wortel dan daging cincang.

Penne Pesto (Rp 53.000) bisa menjadi hidangan utama yang pas. Penne yang dimasak al dente diberi baluran saus pesto. Topping pasta menambah kenikmatan sajian ini berupa irisan sosis dan fillet ayam yang empuk, dijamin akan menggoyang lidah Anda.

Jl. Wolter Monginsidi No. 43, Rawa Barat, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan
(021) 7394315
doppiocoffeejkt@gmail.com
Minggu – Sabtu: 07:30 - 22:00 WIB
@doppiocoffee_jkt

5. That’s Life Coffee
Kampanye soal membudidayakan kopi asli Indonesia memang sedang gencar-gencarnya. Mengusung misi yang sama, dengan menambahkan sedikit keunikannya sendiri, That’s Life Coffee siap menjadi tempat Anda untuk menghabiskan waktu bersama sahabat atau sekadar meluangkan me-time.

Terletak di lantai kedua di sebuah rumah di kawasan Senopati, Jakarta Selatan, kafe ini memang terlihat mungil. Tapi, rasanya memang tidak harus menyediakan ruangan yang besar untuk dapat menciptakan suasana yang nyaman. Dengan deretan kursi kayu dan lukisan, serta ilustrasi yang dipajang menghiasi dinding, Anda bisa dengan santai menikmati segelas kopi dan sepiring cemilan ataupun hidangan berat di sini.

Photo Source: https://www.instagram.com/thatslifecoffee

Saat masuk ke dalamnya sangat kental nuansa antik dan klasik. That’s Life Coffee yang sudah berdiri sejak delapan tahun silam ini dapat menampung sekitar 20 pengunjung. Menurut sang pemilik, ruangan yang mungil dan konsep yang simpel ini bertujuan agar tercipta suasana homey pada setiap pengunjungnya. Hanya ada sekitar 9-10 meja dengan kursi-kursi kecil di sini. Namun, hal itu justru memberikan suasana yang tenang, tidak terlalu ramai dari riuh percakapan pengunjung yang datang.

Karena rasa cintanya terhadap kopi Indonesia, menu yang disajikan di That’s Life Coffee pun sebagian besar adalah kopi asli Indonesia. Mulai dari kopi asal Sumba, Bali, hingga kopi Luwak. Tentu saja ada pula minuman non-coffee bagi yang bukan penikmat kopi, seperti Iced Cappucino, Green Tea Blend, Iced Chocolate dan Caffe Mocha.

Yang membedakan That’s Life Coffee dengan tempat ngopi lainnya adalah, di sini tiap bulannya selalu berubah tema untuk jenis menu kopi yang ditawarkan. Misalnya, jika bulan ini menggunakan Kopi Lombok, maka di bulan berikutnya menggunakan kopi jenis lainnya, seperti Kopi Mandailing atau Kopi Papua.

Cicipi Rum-O-Rama yang terasa sekali rumnya dan cukup creamy. Atau pilihan lainnya yang tak kalah nikmat, seperti Vanilla Coffee Island, yakni perpaduan antara espresso, vanilla ice cream dan caramel.

Untuk menemani waktu ngopi Anda, jangan lupa juga memesan beberapa camilan andalan That’s Life Coffee, seperti Tuna Sandwich, Hot Dog, Apple Pie, Choco Lava, atau yang tradisional, Singkong Keju.

Nama That’s Life Coffee sendiri diambil dari salah satu judul lagu Frank Sinatra. Menurut si pemilik, alasannya karena di coffee shop biasanya para pengunjung saling berbincang soal kehidupan mereka masing-masing. Cukup unik, ya?

Keunikan lain dari kafe ini adalah Anda bisa meletakkan mug atau cangkir favorit Anda sendiri di salah satu lemari khusus. Jadi, setiap kali Anda mampir ke sini, Anda bisa menikmati kopi kesukaan menggunakan cangkir favorit Anda.

https://thatslifecoffee.com
Jl. Gunawarman No. 24 Lantai 2, Selong, Kby. Baru, Jakarta Selatan
(021) 7392942
Minggu, Senin, Rabu, Kamis: 15.00 – 23.00 WIB, Selasa: Tutup, Jumat & Sabtu: 15.00 – 00.00 WIB
@thatslifecoffee