< Business

5 Tips Aman Bagi Anda Pemilik Kartu Kredit

5 Tips Aman Bagi Anda Pemilik Kartu Kredit

Business

Saat ini, kartu kredit sudah menjadi barang umum yang hampir dimiliki sebagian besar masyarakat. Kemudahan yang ditawarkan membuat banyak orang tergiur ingin memilikinya.

Meski kini sudah banyak fitur pengaman kartu kredit, tetap saja bertransaksi menggunakan kartu kredit membutuhkan pengamanan ekstra karena maraknya tindak kejahatan, seperti pemalsuan, penipuan, hingga penyalahgunaan kartu kredit. Berikut tips yang dapat Anda terapkan demi keamanan kartu kredit Anda. Check it out!

1. Simpan Kartu Kredit Anda di Tempat yang Aman
Jika Anda sering menyimpan kartu kredit di dompet, pastikan dompet Anda selalu disimpan di tempat yang aman seperti di dalam tas yang memiliki beberapa bagian di dalamnya atau jika di rumah, simpanlah di laci khusus yang berada di dalam lemari. Jauhkan juga kartu kredit Anda dari jangkauan anak-anak, agar terhindar dari risiko hilang ataupun rusak.

2. Jangan Berikan Kartu Kredit Anda Ke Sembarang Orang 
Kartu kredit sangat rentan disalahgunakan apabila jatuh ke tangan orang yang salah. Jangan pernah memberikan kartu kredit Anda ke orang lain, apalagi ke orang yang tidak dikenal. Sekalipun orang dari bank penerbit kartu kredit Anda.

Bank manapun tidak akan pernah meminta kartu kredit Anda untuk mengubah PIN. Umumnya bank hanya meminta Anda mengaktivasi PIN melalui aplikasi mobile sehingga Anda cukup mengikuti instruksi secara online agar lebih mudah. Jika ada orang yang mengaku dari bank meminta kartu kredit Anda dengan alasan ingin mengganti PIN kartu kredit, sebaiknya patut dicurigai dan segeralah melapor ke bank yang bersangkutan.

3. Simpan Slip Transaksi dengan Baik
Mungkin banyak pengguna kartu kredit yang meremehkan slip transaksi, dan sering membuangnya begitu saja setelah selesai bertransaksi. Padahal slip transaksi sangat berguna untuk memastikan tagihan bank penerbit kartu kredit tersebut memang benar. Jadi, jika sewaktu-waktu Anda menemukan perbedaan atau kesalahan pada nilai tagihan Anda, Anda dapat melaporkannya segera sesuai kurun waktu yang diberikan oleh penerbit kartu kredit.

4. Catat Tanggal Jatuh Tempo Kartu Kredit
Para pengguna kartu kredit sering lengah dalam hal ini. Kebanyakan dari mereka tidak ingat kapan tanggal jatuh tempo tagihan kartu kredit. Apalagi jika Anda memiliki lebih dari satu kartu kredit, sebaiknya Anda mencatat dengan baik setiap tanggal jatuh tempo tagihan. Ini berguna untuk menghindari klaim perbankan yang mengatakan bahwa Anda sudah melewati tanggal jatuh tempo. Selain itu, hal ini juga bermanfaat agar Anda terhindar dari bunga kartu kredit.

5. Manfaatkan dengan Baik Aplikasi Mobile Perbankan
Aplikasi mobile sangat penting untuk menjaga keamanan kartu kredit. Biasanya aplikasi ini memiliki fitur yang sangat membantu dalam hal keamanan, seperti memblokir kartu kredit jika hilang, mengganti PIN transaksi, dan lain sebagainya. Jadi, jika Anda memiliki smartphone, usahakan untuk menginstal aplikasi perbankan di smartphone Anda. Semoga bermanfaat!