< Tips

5 Tips Aman Berkendara Saat Musim Hujan

5 Tips Aman Berkendara Saat Musim Hujan

Tips

Berkendara saat musim hujan terkadang banyak kendala yang dihadapi. Seperti pandangan terganggu, kondisi kendaraan menjadi gampang rewel, hingga keselamatan yang terancam. Oleh karena itu, berikut 5 tips aman berkendara saat musim hujan.

1. Periksa Semua Lampu Kendaraan
Pada saat hujan, biasanya langit menjadi gelap sehingga jarak pandang pun menjadi terbatas ditambah dengan turunnya air hujan. Sebaiknya Anda menyalakan lampu pada saat hujan walaupun pada siang hari untuk membantu Anda melihat jalanan serta agar pengendara lain dapat melihat mobil Anda. Oleh karena itu, periksalah lampu kendaraan Anda apakah dalam keadaan menyala dengan baik atau tidak. 

2. Periksa Kondisi Tekanan Udara dalam Ban
Tekanan ban yang cukup dan alur ban yang masih baik akan menghindari Anda dari tergelincir akibat jalanan yang basah pada saat hujan. Apabila tekanan ban Anda terasa kurang, segeralah isi. Hindari menggunakan ban yang sudah tipis pada jalanan yang basah karena resiko tergelincir sangatlah tinggi. Oleh karena itu, rajin-rajinlah mengecek tekanan angin pada ban pada saat musim penghujan tiba. 

3. Pergunakan Alas Kaki yang Tidak Licin
Apabila Anda dari luar dan masuk ke dalam mobil, alas kaki Anda dapat menjadi licin karena terkena air hujan. Hindari menggunakan alas kaki yang basah pada saat mengendarai mobil karena memiliki resiko tergelincir pada saat menginjak rem. 

4. Jaga Jarak Aman Kendaraan
Pada saat hujan, jarak pandang terganggu oleh turunnya air hujan pada kaca mobil. Oleh karena itu, sebaiknya jagalah jarak aman Anda terhadap kendaraan lain untuk menghindari tabrakan beruntun akibat jarak pandang yang berkurang dan jalanan yang licin. 

5. Periksa Kondisi Komponen Utama Kendaraan
Untuk mengantisipasi keadaan darurat, periksalah komponen utama kendaraan Anda seperti kemudi, pedal rem, gas, serta kopling. Berikan perawatan ekstra pada saat musim hujan untuk menghindari hal yang tidak diinginkan.