< Tips

5 Tips Aman dan Nyaman Berkendara dengan Ojek Online

5 Tips Aman dan Nyaman Berkendara dengan Ojek Online

Tips

Sejak kehadirannya, banyak masyarakat bergantung pada ojek online sebagai moda transportasi untuk aktivitas sehari-hari. Praktis, cepat, dan dapat menerjang kemacetan ibu kota menjadi beberapa alasan ojek online memiliki banyak peminat. Apakah Anda salah satunya? Kalau iya, simak tips di bawah ini agar perjalanan Anda menggunakan ojek online semakin aman dan nyaman!

 

1. Gunakan Pakaian yang Nyaman
Berkendara dengan ojek online berarti Anda akan berkendara dengan menggunakan sepeda motor. Karena terpapar langsung dengan sinar matahari dan angin, sebaiknya Anda menggunakan pakaian yang nyaman dan jaket berbahan adem untuk menghindari keringat berlebih. Tidak mau, dong, penampilan Anda menjadi rusak karena terlalu berkeringat setelah naik ojek online?

 

2. Hindari Membawa Banyak Barang
Karena ruang penyimpanan yang ada pada motor tidak banyak, usahakan Anda tidak membawa terlalu banyak barang. Selain bisa membahayakan, posisi duduk Anda juga bisa menjadi tidak nyaman akibat terlalu banyak membawa barang. Jika terpaksa dan memungkinkan, Anda bisa menitipkan pada driver untuk memasukkan barang ke bagasi motor atau ruang yang ada di depan driver.

 

3. Gunakan Masker dan Penutup Kepala
Menggunakan masker saat berkendara menggunakan ojek online berfungsi untuk mengurangi dampak polusi ke tubuh Anda. Menaiki ojek online, Anda juga sebaiknya menggunakan penutup kepala yang berfungsi untuk menjaga kebersihan kepala Anda. Biasanya, masker serta penutup kepala disediakan oleh driver ojek namun tak sedikit pula yang beralasan kehabisan. Sehingga ada baiknya Anda memiliki dan menyimpan masker serta penutup kepala tersebut.

 

4. Sesuaikan Posisi Duduk
Setelah menaiki motor, sesuaikan posisi duduk Anda dengan tingkat kenyamanan. Hal ini juga akan membantu agar tubuh Anda tidak terlalu lelah selama perjalanan, terutama untuk Anda yang akan menempuh perjalanan cukup jauh dengan ojek online. Bila posisi duduk Anda tidak nyaman, tentu tubuh Anda akan cepat merasa lelah dan dalam jangka panjang bisa memperburuk postur tubuh Anda, lho.

 

5. Perhatikan Rute dan Cara Driver Mengemudi
Untuk keamanan, perhatikan rute perjalanan apakah sesuai dengan yang ada di aplikasi atau tidak jika Anda tidak mengenal rute perjalanan Anda. Hal ini untuk menghindari kemungkinan tindak kejahatan yang dilakukan oknum ojek online. Ada baiknya Anda tetap berhati-hati walaupun ojek online sudah dapat memastikan keamanan para pelanggannya. Ingatkan juga bila cara mengemudi sang driver melanggar peraturan dan membahayakan Anda.