Thursday, October 17, 2019
Tips
Tips

5 Tips Aman Membeli Gadget Online

Spectr News Theme Isny Dewi R.
25, June 2019
571

Kini, belanja online atau daring sudah menjadi bagian dari gaya hidup masyarakat. Barang-barang yang biasanya menjadi incaran tak hanya pakaian, tapi banyak juga yang membeli gawai melalui toko online. Ya, membeli barang-barang elektronik termasuk gawai secara online memang cukup beresiko. Namun, jika Anda jeli dan hati-hati, membeli gawai secara online tetap aman dan memudahkan. Berikut tips aman membeli gadget secara online.

1. Pilih Toko Resmi
Ini adalah hal paling penting yang harus Anda terapkan jika ingin membeli gawai secara online. Pilih lah official store-nya atau toko gawai ternama yang juga membuka toko online. Belanja di toko resmi tentu lebih aman karena toko tersebut sudah pasti milik brand gawai yang ingin Anda beli.

Jika brand yang ingin Anda beli belum memiliki official store, Anda bisa berbelanja di toko yang mendapatkan predikat best seller atau sebutan lain sejenisnya. Predikat ini biasanya diberikan kepada pelapak yang berhasil menjual banyak produknya dan terpercaya.

2. Cari Tahu Harga Pasaran Gawai
Sebelum membeli, usahakan untuk mencari tahu harga pasaran gawai yang ingin Anda beli. Karena biasanya meski harga gawai tersebut berbeda-beda, namun selisihnya tak banyak. Setelah mengetahui harga pasarannya, bandingkan dengan harga yang dibanderol oleh toko yang Anda inginkan. Apabila selisih harganya cukup banyak, Anda patut mempertanyakan ke-aslian dan kualitas gawai yang mereka jual.

3. Selesaikan Transaksi Melalui Situs Online
Jika Anda membeli gawai melalui situs web atau e-commerce, usahakan membayarnya juga melalui situs tersebut, agar Anda memiliki riwayat pemesanan yang jelas dan terekam di sistem. Hindari membeli barang melalui akun-akun media sosial. Jika terjadi penipuan, maka Anda tidak memiliki bukti kuat untuk melaporkannya, serta sulit untuk mencari toko yang telah melakukan penipuan tersebut.

4. Waspada Promo Menggiurkan
Untuk menarik banyak pembeli, banyak seller online memberikan promo atau diskon. Hal ini sebenarnya wajar, namun tetap harus diwaspadai jika promo yang ditawarkan tidak masuk akal atau sangat berlebihan. Padahal untuk penjualan gadget, jarang sekali ada diskon besar-besaran. Kalau pun ada, biasanya saat merayakan ulang tahun toko online, brand gadget yang Anda incar atau situs e-commerce.

5. Baca Ulasan
Jika Anda berencana membeli gawai melalui situs e-commerce, baca lah ulasan-ulasan pembeli. Cari lah toko yang telah menerima banyak ulasan, agar Anda bisa melihat perbandingannya. Jika lebih banyak ulasan positif, maka toko tersebut patut diperhitungkan. Namun, jika sebaliknya lebih baik mencari toko lain yang telah mendapatkan banyak ulasan positif.

Isny Dewi R.
Isny Dewi R.
Journalist
Registration