< Tips

5 Tips Aman Mengajak Hewan Peliharaan Berpergian

5 Tips Aman Mengajak Hewan Peliharaan Berpergian

Tips

Apakah Anda merasa jika bermain dengan hewah peliharaan bisa membuat Anda lebih rileks? Bagi penyayang binatang, mengajak jalan-jalan hewan peliharaan juga bisa menjadi salah satu cara ampuh untuk melepaskan stres. Biasanya, pemilik anjing, kucing atau hewan lainnya, kerap menghabiskan waktu libur untuk jalan-jalan. Namun, mengajak jalan-jalan hewan peliharaan bukanlah perkara mudah. Berikut tips aman mengajak hewan peliharaan berpergian.

1. Jangan Memangku

Menurut animal rescuer, Doni Herdaru Tona, hal utama yang harus diperhatikan saat mengajak hewan peliharaan berpergian adalah tidak memangkunya saat Anda sedang mengemudi. Hal tersebut tidak aman dan dapat membahayakan pengemudi sekaligus hewan peliharaan selama berkendara. Jauh lebih baik untuk meletakkan hewan peliharaan Anda di kursi tengah atau belakang. Memangku hewan peliharaan selama berkendara berisiko memecahkan konsentrasi Anda.

2. Bawa Kandang

Pastikan Anda membawa serta kandang hewan peliharaan dalam perjalanan. Demi kenyamanan binatang kesayangan Anda, buat suasana kandang menjadi nyaman. Buat kandang seperti tempat tidur dengan menggunakan selimut atau handuk sebagai alas. Pasalnya, hewan peliharaan seperti kucing kerap merasa takut saat berpergian terutama bila menggunakan kendaraan.

3. Cukup Makan dan Minum

Meski demikian, ada aturan untuk memberi makan pada hewan peliharaan sebelum berpergian. Sebaiknya, dua jam sebelum berpergian hewan peliharaan sudah tidak lagi diberi makanan berat. Tujuannya, untuk menghindari kemungkinan hewan peliharaan Anda muntah karena hewan peliharaan juga bisa merasakan mabuk perjalanan. Selama perjalanan beri minum yang cukup agar terhindar dari dehidrasi.

4. Kunci Pintu dan Jendela

Pastikan jika pintu dan jendela kendaraan dalam keadaan terkunci sentral. Jika Anda tidak menggunakan kandang dan menggantinya dengan harness (tali pengaman yang dipasang pada tubuh), tips keempat ini sangat berguna jika hewan peliharaan secara tidak sengaja menginjak tombol pembuka jendela.

5. Ventilasi Baik

Baik di dalam kandang atau hanya menggunakan harness, ventilasi yang baik wajib Anda perhatikan agar tercipta suasana yang nyaman bagi hewan peliharaan Anda. Dengan demikian, hewan peliharaan akan belajar menyukai perjalanan saat berkendara. Bagi Anda yang menempuh perjalanan cukup jauh, sangat dianjurkan untuk berhenti secara berkala dan melakukan pengecekan. Sebab, hewan peliharaan juga butuh istirahat. Saat berhenti, pastikan Anda memberi cukup minum dan camilan, mengajak bermain atau membersihkan kotorannya.