< Tips

5 Tips Bagi Anda yang Ingin Mulai Berhijab

5 Tips Bagi Anda yang Ingin Mulai Berhijab

Tips

Apakah Anda berniat mengenakan hijab selama bulan Ramadan atau sampai seterusnya? Jika ya, mungkin ada sedikit rasa khawatir tidak betah memakainya, karena kepala akan terasa gerah. Tenang! Di bawah ini terdapat tips agar Anda nyaman berhijab meski baru pertama kali. Yuk, disimak!

1. Gunakan Hijab yang Dapat Menyerap Keringat
Ada banyak pilihan bahan hijab, tapi usahakan untuk tidak menggunakan hijab berbahan serat sintesis. Sebaiknya gunakan hijab berbahan serat alami, seperti katun, rayon, atau linen agar tidak cepat merasa gerah.

2. Kenakan Pakaian Longgar
Bukan hanya hijab, pakaian yang Anda kenakan juga bisa menyebabkan rasa gerah hingga ke kepala. Untuk itu, pilihlah pakaian yang longgar, seperti kaftan, rok lebar, atau celana longgar, agar sirkulasi udara di tubuh lebih lancar.

3. Rajin Keramas
Anggota tubuh yang harus rajin dirawat jika Anda ingin rutin mengenakan hijab adalah kepala. Kepala yang kegerahan biasanya membuat rambut kotor, bau dan menyebabkan gatal, serta munculnya ketombe. Jadi, usahakan untuk rajin keramas setidaknya dua hari sekali. Anda juga bisa menggunakan sampo khusus untuk wanita berhijab. Sampo ini biasanya mengandung formula yang dapat membuat kulit kepala tidak mudah berkeringat.

4. Keringkan Rambut Sebelum Memakai Hijab
Jangan pernah memakai hijab saat rambut masih dalam keadaan basah. Keringkan rambut dengan sempurna setelah keramas, karena rambut yang basah akan menimbulkan bau dan ketombe jika langsung ditutup hijab.

5. Jangan Gunakan Aksesoris Berlebihan
Gunakan saja gaya hijab yang sederhana, namun terlihat elegan. Tak perlu menggunakan aksesoris berlebihan, karena hanya akan membuat Anda kegerahan dan menyulitkan aktivitas Anda. Selamat mencoba!