Thursday, June 20, 2019
Tips
Tips

5 Tips Belanja Suvenir Saat Traveling

Spectr News Theme Isny Dewi R.
15, January 2019
412

Jalan-jalan memang kurang lengkap tanpa membeli oleh-oleh. Namun tak jarang, belanja suvenir saat traveling membuat kita ‘kalap’. Ini bisa terjadi karena dorongan suasana hati, atau melihat barang-barang unik dan jarang ditemukan. Seringkali pula suvenir yang terlanjur dibeli hanya menjadi beban tambahan untuk bagasi dan tak ada gunanya saat sudah tiba di rumah. Untuk Anda yang berencana membeli suvenir khususnya saat traveling ke luar negeri, ada beberapa tips agar tidak lupa diri.

1. Lebih Baik Membeli Oleh-oleh Makanan
Hampir semua orang yang melakukan traveling merasa harus membawa pulang oleh-oleh untuk teman, keluarga, atau rekan kerja. Namun, orang lebih memilih membeli suvenir yang bersifat dekoratif atau ornamen, dan pada akhirnya barang-barang tersebut hanya akan menjadi penangkap debu. Sebagai oleh-oleh, lebih baik membeli sesuatu bisa dimakan: pergilah ke supermarket dan borong lah permen, coklat, atau camilan lokal lainnya. Makanan lokal memberi pengalaman baru bagi penerima oleh-oleh yang bisa jadi belum pernah mencicipinya. Ini tentu lebih berguna, daripada membeli barang yang hanya akan dijadikan pajangan semata.

2. Beli Karena Butuh, Bukan Ingin
Buat lah daftar barang-barang yang biasa Anda gunakan sehai-hari, seperti wajan atau sepatu olahraga baru. Jika Anda membeli souvenir berdasarkan apa yang Anda butuhkan saat sedang traveling, itu akan sangat menguntungkan untuk Anda. Barang tersebut dijamin akan bermanfaat, dan akan membangkitkan kenangan akan tempat yang Anda kunjungi setiap kali Anda menggunakannya. Barang tersebut tidak akan menjadi sesuatu yang hanya akan menempel di rak, tetapi menjadi bagian aktif dari hidup Anda.

3. Hindari Beli Oleh-oleh di Bandara
Sama seperti permen dan camilan lainnya yang biasanya dijual di toko grosir di dekat bagian register, toko grosir di airside (sisi udara) bisa menjadi godaan. Rasa cemas saat bepergian, baik karena keterlambatan pesawat atau anak yang rewel, membuat Anda rentan. Bandara mudah membuat Anda panik dan membeli barang-barang yang tidak Anda inginkan. Namun sebelum membeli, cek terlebih dulu mengenai harga bebas pajak. Biasanya harga yang ditawarkan toko grosir di bandara jauh lebih mahal.

4. Buatan Setempat
Banyak suvenir murah buatan pabrik yang dibuat bukan di kota tujuan Anda bepergian. Memilih untuk membeli barang yang dibuat oleh pengrajin lokal akan lebih mengingatkan Anda akan tempat tersebut sekaligus mendukung ekonomi di kota tujuan Anda. Caranya sangat sederhana, jika Anda melihat proses pembuatannya, Anda dapat langsung membelinya.

5. Gunakan Pinterest
Hindari penyesalan dengan memotret rumah Anda dan mengunggahnya ke Pinterest atau layanan hosting foto lainnya. Tambahkan ide-ide desain inspiratif lainnya untuk membantu menyempurnakan desain Anda. Setiap kali Anda tergoda untuk mengambil bantal imut dari sebuah butik lucu saat berlibur, berhentilah sejenak dan buka foto-foto tersebut. Apakah cocok dengan skema warna keseluruhan? Atau cocok kah dengan estetika desain Anda? Yakin kan diri Anda dengan pertanyaan-pertanyaan ini, dan Anda akan terhindar dari membeli barang-barang yang tidak bermanfaat.

Isny Dewi R.
Isny Dewi R.
Journalist
Registration