< Technology

5 Tips Edit dan Unggah Foto Ciamik di Instagram

5 Tips Edit dan Unggah Foto Ciamik di Instagram

Technology

Setiap hari, Instagram dijejali jutaan foto yang diunggah para penggunanya. Foto-foto terebut ada yang bagus dan sempurna, tapi ada juga yang biasa atau terkesan gitu-gitu saja. Foto yang bagus dan sempurna adalah foto dengan komposisi yang baik antara pencahayaan, warna, dan atmosfir.

Lalu bagaimana dengan pengguna Instagram yang masih awam dan belum mengerti cara membuat posting-an Instagrammable? Tenang saja! Karena kali ini Check In Jakarta akan membagikan tips mengedit dan mengunggah foto bak professional, yang dirangkum dari TheNextWeb guna memperindah feeds Instagram Anda.

1. Pencahayaan yang Tepat
Jika Anda ingin posting foto yang sempurna di Instagram, maka Anda perlu memastikan bahwa foto tersebut keren. Ingatlah selalu bahwa pencahayaan adalah kunci untuk foto yang sempurna. Terlepas dari jenis fotografi apa yang Anda sukai, tidak ada cara pengeditan atau filter yang dapat menyelamatkan foto dengan pencahayaan buruk. 

Jika memungkinkan, pilihlah pencahayaan alami daripada cahaya buatan. Jika Anda berada di luar ruangan, pagi atau sore hari adalah waktu terbaik untuk memotret. Cahaya alami yang indah di waktu-waktu tertentu dijamin dapat mempercantik foto Anda.

2. Selalu Gunakan Grid
Cobalah untuk menyelaraskan semua elemen gambar untuk mendapatkan foto yang sempurna. Dengan mengaktifkan fitur grid, maka Anda akan mendapatkan foto dengan komposisi gambar sempurna. Anda harus sangat hati-hati mengamati elemen-elemen yang tumpang tindih pada kamera atau layar ponsel dan menemukan titik tengah gambar yang tepat. Ambil foto setelah Anda berhasil menemukan pusatnya. Terlepas dari jenis fotografi apapun, fitur grid sangat membantu meningkatkan dampak keseluruhan gambar.

3. Gunakan Aplikasi Edit Foto
Terkadang, pengeditan di aplikasi Instagram saja tidak cukup. Bahkan jika Anda bukan seorang fotografer profesional atau ahli mengedit, Anda dapat menggunakan aplikasi untuk mendapatkan efek yang diinginkan pada foto Anda.

Aplikasi dapat membantu Anda meningkatkan tampilan, kualitas, dan dampak keseluruhan gambar. Anda dapat mencoba aplikasi gratis seperti Vsco, Adobe Lightroom, Snapseed, dan masih banyak lagi. Tetapi Anda juga bisa sedikit merogoh kocek untuk mendapatkan aplikasi yang tepat dan cocok dengan selera fotografi Anda dan yang memenuhi persyaratan Anda.

Aplikasi edit foto juga dapat menghubungkan Anda ke profesional bersertifikasi yang dapat melakukan semua pengeditan foto. Mereka dapat meningkatkan warna dan pencahayaan, menukar latar belakang foto Anda, bahkan menghapus photobomber yang merusak keindahan foto Anda.

4. Gunakan Filter Instagram
Jangan khawatir jika Anda bukan seorang ahli pengeditan, ada efek dan filter untuk membantu Anda meningkatkan kualitas foto. Pikat audiens Anda dengan menambahkan efek dan filter kreatif. Anda dapat menggunakan filter untuk menerangi latar depan dan menggelapkan langit menggunakan filter gradien. Atau jika Anda ingin memberikan tampilan retro pada foto dapat menggunakan filter vignette.

Anda dapat terus bereksperimen dengan berbagai efek dan filter hingga menemukan hasil yang diinginkan. Tapi ingat untuk tidak menggunakan filter dengan intensitas penuh. Cobalah mengutak-atik pengaturan filter untuk menemukan level filter yang optimal. Terkadang lebih sedikit justru lebih baik.

5. Hindari Edit Berlebih
Sering kali, orang cenderung mengedit foto mereka secara berlebihan. Namun yang tidak mereka pahami adalah pengeditan berlebihan dapat membuat foto tidak menarik. Ketika Anda melakukan pengeditan dasar dengan hati-hati, itu dapat secara signifikan meningkatkan kualitas foto.

Pengeditan dasar mencakup penyesuaian dengan kontras, bayangan, kehangatan, dan highlight. Kadang-kadang Anda mungkin ingin menyesuaikan kecerahan atau mengurangi saturasi di tepi foto Anda. Ingatlah untuk selalu menggunakan editan kecil dan mendasar ini.

Meskipun hal ini adalah pengeditan dasar, pengeditan yang berlebihan dapat secara drastis memengaruhi kualitas gambar. Itu menjadi sangat tidak menarik dan kehilangan tampilan alami. Pastikan untuk membandingkan foto asli dengan foto yang sudah diedit untuk mendapatkan gambaran bagaimana nantinya foto Anda akan terlihat saat sudah diunggah.