< Tips

5 Tips Hadapi Musim Hujan

5 Tips Hadapi Musim Hujan

Tips

Musim hujan telah tiba. Agar tidak gampang sakit, ada 5 tips untuk menghadapi musim hujan. Simak di bawah ini!

1. Selalu Sedia Payung
Untuk melindungi diri dari turunnya hujan, bawalah payung kemanapun Anda pergi. Banyak tersedia payung kecil yang praktis dan dapat mudah dibawa. Kehujanan dapat memungkinkan Anda terkena flu atau demam karena perubahan suhu tubuh yang drastis, maka dari itu gunakanlah payung sebagai perlindungan tubuh dari luar. 

2. Jaga Kesehatan 
Perubahan suhu akibat musim hujan membuat tubuh kita rentan terkena virus hingga dapat mengundang penyakit. Oleh karena itu, jagalah kesehatan dengan makan makanan bergizi dan teratur. Konsumsilah multivitamin, terutama vitamin C, untuk meningkatkan imun tubuh sebagai perlindungan ekstra supaya tidak gampang sakit. 

3. Jaga Kebersihan Diri
Air hujan dapat membawa bakteri dan virus, karena itu setelah diterpa hujan sebaiknya sering-seringlah cuci tangan agar dapat membunuh virus tersebut. Atau jika Anda kehujanan, sebaiknya langsung mandi agar tubuh kembali bersih. 

4. Hindari Menggunakan Sandal Jepit
Banyak orang yang lebih suka mengenakan sandal jepit ketika musim hujan karena lebih praktis dan cepat kering. Namun tahukah Anda sebenarnya mengenakan sandal jepit dapat membuat kuman bersarang di kaki Anda lho. Apalagi pada saat musim hujan banyak genangan air, di genangan itulah banyak kuman yang dapat menyebabkan penyakit seperti diare dan jamur di kulit. Lebih baik gunakanlah sepatu bot atau sepatu yang tertutup. 

5. Bersihkan Rumah
Perhatikan selokan, bak mandi, dan sudut-sudut di rumah Anda, di situlah biasanya nyamuk bersarang. Karena musim hujan telah datang, populasi nyamuk pun bertambah. Sebaiknya Anda rajin membersihkan tempat-tempat yang dapat menjadi sarang nyamuk agar terhindar dari penyakit yang dibawa oleh nyamuk.