< Tips

5 Tips Jitu untuk Bantu Anda Tidur Nyenyak dalam Pesawat

5 Tips Jitu untuk Bantu Anda Tidur Nyenyak dalam Pesawat

Tips

Jarak antar bangku yang sempit, pencahayaan yang terang, hingga goncangan pada pesawat yang terkadang cukup keras adalah beberapa hal yang menyulitkan para penumpang untuk tidur nyenyak dalam pesawat. Padahal, tidur atau istirahat sangat diperlukan, apalagi jika melakukan penerbangan jarak jauh.

Masalah utama yang biasa terjadi dalam penerbangan jarak jauh adalah jet lag. Ini adalah kondisi saat jam biologis tubuh tidak sesuai dengan jam eksternal di luar tubuh. Gejala yang biasa terjadi mencakup pusing, susah tidur, susah konsentrasi, dan mood yang memburuk.

Salah satu poin terpenting untuk mengatasi jet lag adalah tidur dalam pesawat. Berikut 5 hal yang dapat membantu Anda tidur nyenyak dalam pesawat.

1. Makan Sebelum Naik Pesawat
Kebanyakan orang merasa ngantuk setelah makan. Cara ini dapat memudahkan Anda untuk segera tidur saat berada di pesawat. Anda pun tak perlu merasa kelaparan karena terlalu lama menunggu makanan yang disajikan dalam pesawat.

2. Bawa Penutup Mata
Hindari segala jenis sumber cahaya, seperti lampu, sinar dari ponsel dan lain sebagainya. Begitu pesawat lepas landas, pakailah penutup mata dan bersiaplah untuk istirahat.

3. Gunakan Bantal Leher
Bantal leher sangat membantu untuk mendapatkan posisi tidur yang baik meski sedang duduk. Menggunakan bantal leher juga dapat membantu Anda agar kepala tidak terjatuh saat tertidur pulas, Anda bisa menyandarkan kepala dengan nyaman menggunakan bantuan bantal leher.

4. Bawa Sesuatu dari Rumah
Agar tidur di pesawat lebih berkualittas, cobalah untuk menciptakan sedikit suasana seperti di kamar tidur Anda. Bawalah sesuatu dari tempat tidur Anda di rumah, seperti bantal cushion kecil atau bisa juga boneka kesayangan yang mudah dibawa.

5. Minum Air Mineral
Aneka minuman yang ditawarkan dalam pesawat memang menggugah selera. Namun, sebaiknya hindari semua minuman tersebut terutama kopi, teh, dan soda.

Mintalah air mineral agar menjaga tubuh dari dehidrasi. Air mineral yang tidak mengandung kafein dapat memudahkan Anda untuk istirahat.

 

Semoga 5 tips di atas bermanfaat untuk Anda!