< Marketing

5 Tips Jualan Menggunakan Video

5 Tips Jualan Menggunakan Video

Marketing

Video mendominasi sebagian besar dari apa yang kita lihat di manapun. Hal itu pun berhasil memikat perhatian kita. Sederhananya, orang-orang senang menontonnya. Selama bertahun-tahun, Anda mungkin terbiasa mengandalkan lembar jual fisik untuk melisensikan ide Anda untuk produk baru. Hal ini memang terasa mudah, seperti papan reklame.

Pada selembar kertas, Anda akan fokus untuk menyoroti manfaat utama ide Anda. Dalam lembaran tersebut Anda mungkin juga menyertakan gambar, nama, serta informasi kontak. Menjual lembaran masih penting hingga kini. Tapi jika Anda benar-benar ingin terhubung dengan penonton, coba juga untuk menjualnya menggunakan video.

Kenyataannya, ada begitu banyak hal yang dapat Anda sampaikan melalui video meskipun hanya berdurasi satu menit. Materi pemasaran Anda harus bertindak seperti umpan, mendorong siapa pun yang menerimanya ingin tahu lebih banyak. Mereka ingin tahu apa manfaat produk yang divideokan bagi mereka. Mereka perlu diberi alasan untuk peduli. Bayangkan lembar jual video Anda sebagai film mini Anda.

Materi pemasaran statis seperti lembar jual masih penting dan akan selalu ada karena mudah dibagikan dan diserap. Akan tetapi, video sangatlah kuat. Ini menarik perhatian dengan cara yang tidak sederhana. Kabar baiknya adalah dengan sedikit latihan, Anda dapat membuat sendiri lembar penjualan video. Begini caranya!

1. Berdurasi Singkat
Yang baik adalah sekitar satu menit. Sebagian besar iklan di TV berdurasi singkat karena suatu alasan. Salah satunya adalah untuk menyampaikan manfaat dari ide produk Anda secepat mungkin. Ini bukan tentang Anda. Anda perlu membuat orang peduli. Fokus untuk membuat kesan, tidak perlu terlalu detail.

2. Gunakan Peralatan dan Software yang Anda Punya
Jika Anda memiliki ponsel pintar keluaran terbaru, itu sangat berguna. Pertimbangkan membeli mikrofon, karena mikrofon yang ada di ponsel Anda tidak akan dapat menangkap suara Anda jika posisi Anda terlalu jauh. Namun Anda juga dapat memfilmkan lembar penjualan video yang bagus tanpa Anda harus berbicara. Belilah tripod yang harganya kini sangat murah.

Bagi Anda yang menggunakan Apple MacBook, di dalamnya telah dilengkapi dengan iMovie. Jika Anda memiliki PC, gunakan Windows Movie Maker. Anda tidak perlu mempelajari seluk-beluk mengedit video untuk membuat video yang efektif. Tontonlah tutorial di YouTube untuk mempelajarinya secara mudah.

Jika Anda membuatnya menggunakan ponsel, resolusinya mungkin tidak terlihat bagus. Lebih baik memindahkan file video tersebut terlebih dulu ke komputer untuk melihat apakah gambarnya cukup tajam atau tidak.

3. Coba-coba Dulu
Coba rekam dalam pencahayaan yang berbeda. Coba rekam dari berbagai sudut, termasuk jarak dekat dan jarak jauh. Tujuannya adalah memiliki banyak pilihan video untuk dimainkan setelah Anda mulai mengedit. Prototipe kasar tampak bagus di kamera, jadi jangan terobsesi untuk menyempurnakan milik Anda. Anda akan kagum dengan sedikit pengeditan yang dapat dilakukan.

4. Jangan Berbicara Jika Anda Tidak Menyukai Suara Anda
Anda mungkin hebat di depan kamera, tapi banyak juga yang tidak. Namun, itu tidak lah masalah. Spesialis sulih suara di situs seperti Upwork cukup terjangkau. Anda juga bisa merekam tanpa audio yang akan memberi Anda banyak fleksibilitas. Misalnya, Anda dapat menyisipkan teks yang menjelaskan apa yang terjadi di setiap adegan alih-alih mengandalkan narator. Namun, metode ini cenderung dapat menimbulkan kesalahan. Jika Anda ingin ‘tampil’, tanyakan teman atau keluarga Anda bagaimana penampilan Anda di video tersebut.

5. Jangan Lupakan Storyboard
Anda akan menghemat banyak waktu jika Anda membuat storyboard terlebih dahulu. Buka lembar penjualan video Anda dengan halaman judul dan akhiri dengan informasi kontak Anda.