< Tips

5 Tips Liburan Seru Saat Musim Hujan

5 Tips Liburan Seru Saat Musim Hujan

Tips

Musim hujan telah tiba, berbarengan dengan datangnya libur panjang. Tak perlu risau, musim hujan bukanlah halangan untuk Anda tetap dapat menikmati liburan.

Nah, tentunya perlu persiapan ekstra agar liburan di musim hujan tetap menyenangkan. Check In Jakarta mempunyai beberapa tips untuk Anda yang ingin tetap berwisata di saat musim hujan.

1. Cek Perkiraan Cuaca
Alangkah baiknya Anda mengecek perkiraan cuaca paling tidak sehari sebelum Anda memutuskan ingin pergi keluar untuk berwisata. Selain bisa melakukan persiapan, Anda juga bisa menentukan tempat wisata yang tepat untuk dikunjungi.

Caranya mudah, kok, Anda bisa mengeceknya di website resmi BMKG (Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika) atau melalui aplikasi di ponsel pintar Anda, seperti Google.

2. Selalu Bawa Payung dan Jas Hujan
Seperti kata peribahasa “sedia payung sebelum hujan”, tidak ada salahnya jika Anda berjaga-jaga sebelum sesuatu yang tidak diinginkan datang. Di saat musim hujan seperti sekarang ini, pastikan selalu membawa payung atau jas hujan atau kalau perlu keduanya di tas Anda.

Selain bisa dipakai saat hujan, payung juga bisa dipakai saat sedang terik untuk mencegah sinar matahari langsung menyengat ke kulit. Anda juga bisa membawa jas hujan sebagai alternatif pengganti payung, ini tentu sangat berfungsi jika Anda bepergian menggunakan motor.

3. Kenakan Kostum yang Tepat
Pada musim hujan, suhu cenderung lebih dingin. Siapkan pakaian yang dapat membuat tubuh merasa hangat seperti jaket tebal ataupun sweater.

Jangan lupa untuk membawa baju ganti sebagai alternatif jika kehujanan. Ada baiknya juga untuk selalu membawa sandal, karena lebih nyaman digunakan saat sedang hujan. Pastikan untuk menggunakan sandal yang anti-slip.

Yang tak boleh dilewatkan juga, jangan lupa membawa kantong plastik untuk menyimpan pakaian Anda yang basah.

4. Mengunjungi Wisata Indoor
Mengunjungi wisata terbuka memang menyenangkan, namun sebaliknya jika sedang musim hujan. Trek yang licin atau basah tentu membuat Anda tidak nyaman. Terlebih lagi jika tempat yang dikunjungi adalah wisata alam.

Eits, jangan berkecil hati dulu, karena Anda bisa merubah tujuan liburan ke spot wisata indoor seperti mal ataupun museum yang tentunya tak kalah menarik. Ada juga wahana permainan dalam ruangan yang pasti membuat liburan Anda lebih seru meski sedang musim hujan.

5. Cari Kuliner yang Dapat Menghangatkan Badan
Berwisata kuliner ke restoran atau kafe-kafe unik juga bisa menjadi altenatif yang tepat untuk memanfaatkan liburan Anda di musim hujan. Cobalah untuk memesan makanan berkuah yang panas agar dapat membuat tubuh tetap terasa hangat meski sedang turun hujan di luar.

Selain menjadi penghangat, makanan panas juga berfungsi untuk menjaga kesehatan tubuh. Tak hanya makanan, Anda juga bisa memesan minuman hangat seperti kopi atau teh yang juga terasa nikmat disajikan dalam kondisi panas. Selamat mencoba!