< Tips

5 Tips Melakukan Staycation Hemat dan Menyenangkan

5 Tips Melakukan Staycation Hemat dan Menyenangkan

Tips

Apakah Anda senang merencanakan liburan singkat saat long weekend di bulan tertentu? Atau ingin liburan namun bujet terbatas? Eits, jangan khawatir karena Anda bisa melakukan staycation tanpa harus mengeluarkan banyak uang namun tetap menyenangkan, lho. Keep reading this article!

1. Undang Teman-Teman ke Rumah
Bila Anda memiliki halaman belakang rumah yang memadai, Anda bisa melakukan pesta barbecue dan undang teman-teman untuk datang ke rumah. Selain pesta barbecue, Anda juga bisa melakukan movie night dengan maraton film atau acara TV.

Nah, untuk menghemat pengeluaran, Anda bisa mengajak teman-teman untuk masing-masing membawa makanan, camilan, serta minuman untuk dinikmati bersama-sama di rumah Anda. 

Photo source: http://www.pixabay.com

2. Mengunjungi Wisata Alam
Yup, daripada jalan-jalan ke mall melulu, tidak ada salahnya untuk sesekali menikmati wisata alam, kan? Jangan salah, karena di Jakarta juga masih ada wisata alam yang bisa Anda nikmati tanpa harus jauh-jauh ke luar kota, lho. Simak artikel ini untuk 3 tempat wisata alam di Jakarta. 

3. Berkunjung ke Rumah Sanak Saudara
Misalnya long weekend di bulan September ini dalam rangka Hari Raya Idul Adha, Anda bisa memanfaatkan momen tersebut untuk berkunjung ke rumah saudara sembari mempererat tali silaturahmi. Apalagi jika pada Idul Adha kali ini ada saudara dari luar kota atau bahkan luar negeri yang sedang pulang kembali ke Tanah Air. Tentunya momen Hari Raya akan semakin seru dengan cara berkumpul bersama keluarga. 

Photo source: http://www.flickr.com

4. Mengunjungi Pusat Kebudayaan Negara Lain
Bila Anda berkunjung ke luar kota atau ke luar negeri, pastinya ingin mengenal kebudayaan lokal di kota atau negara yang sedang Anda kunjungi, kan?

Nah, di saat staycation tentu ada banyak juga kebudayaan pendatang yang bisa Anda lihat di pusat kebudayaan negara lain. Contohnya di Jakarta, Anda bisa mengunjungi Goethe Institut untuk kebudayaan Jerman, Institut Français Indonesia untuk kebudayaan Prancis, Erasmus Huis untuk kebudayaan Belanda, @America untuk kebudayaan Amerika Serikat, dan masih banyak lagi! Tiap-tiap pusat kebudayaan seringkali mengadakan event seru yang tak jarang bisa Anda nikmati secara gratis. 

5. Mengunjungi Perpustakaan
It’s definitely for you, book lovers! Membaca buku di perpustakaan bukan berarti Anda seorang kutu buku. Karena di perpustakaan Anda bisa menemukan buku-buku yang sudah tidak diterbitkan di pasaran lagi atau mendengarkan audiobooks di tempat dengan suasana yang tenang dan nyaman.

Anda juga bisa memanfaatkan fasilitas internet gratis yang biasanya disediakan di perpustakaan umum. Have a fun staycation, Jakartans!