< Tips

5 Tips Memesan Tiket Pesawat Mudik Meski Sudah Last Minute

5 Tips Memesan Tiket Pesawat Mudik Meski Sudah Last Minute

Tips

Mudik adalah momen yang ditunggu-tunggu saat akhir bulan Ramadan. Masyarakat di perkotaan akan berbondong-bondong pulang ke kampung halaman untuk merayakan Lebaran bersama keluarga. Maka tak heran saat musim mudik seperti sekarang ini penjualan tiket pesawat pun melonjak.

Biasanya masyarakat di Jakarta memiliki kebiasaan memesan tiket pesawat mendekati Lebaran atau dikenal dengan istilah last minute booking. Lalu bagaimana caranya agar tetap bisa mendapatkan tiket meski sudah last minute? Simak selengkapnya di bawah ini!

1. Hindari Berangkat Akhir Pekan
Pada masa-masa menjelang Hari Raya Idul Fitri, harga tiket pesawat sudah dipastikan akan naik. Hindarilah pergi saat akhir pekan, terutama hari Minggu, karena harga tiket pesawat akan semakin mahal saat akhir pekan.

2. Berangkat dari Bandara Soekarno-Hatta
Bagi warga Jakarta, pilihlah berangkat dari Bandara Soekarno-Hatta karena lebih murah dibandingkan dari Bandara Halim Perdana Kusuma. Hal itu dikarenakan banyaknya penerbangan yang dilayani Bandara Soekarno-Hatta. Selain itu, banyaknya persaingan antar-maskapai juga menjadi salah satu faktor harga menjadi lebih murah.

3. Lupakan Waktu Pemesanan
Meski sudah last minute booking, waktu pemesanan baik pagi ataupun malam tak memberikan pengaruh. Karena pemesanan tiket pesawat di saat-saat tersebut hanya tergantung pada ketersediaan tiket pesawat.

4. Manfaatkan Aplikasi Pemesanan
Biasanya, travel agent memiliki aplikasi pemesanan tiket pesawat untuk smartphone. Pemesanan tiket saat last minute lebih disarankan menggunakan aplikasi tersebut. Karena peluang mendapatkan harga tiket murah lebih tinggi jika memesan melalui aplikasinya.

Selain itu, melalui aplikasi, pemesanan tiket pesawat juga diklaim lebih cepat dibandingkan via desktop. Hal ini dikarenakan proses loading data di website lebih berat dibandingkan melalui aplikasi.

5. Pesan Tiket Secara Terpisah
Bila ingin memesan tiket untuk banyak orang, lebih baik memesannya secara terpisah. Karena dengan cara ini, Anda berkesempatan mendapatkan tiket dengan harga lebih murah.

Misalnya, jika Anda ingin memesan enam tiket, lebih baik memesan tiga tiket terlebih dahulu baru memesan tiga lagi. Semoga tips ini bermanfaat untuk Anda yang ingin memesan tiket pesawat saat last minute!