< Business

5 Tips Memulai Bisnis Properti Tanpa Modal

5 Tips Memulai Bisnis Properti Tanpa Modal

Business

Geliat bisnis properti di Tanah Air membuat banyak orang tertarik untuk membuka bisnis yang sama. Besarnya keuntungan yang dapat diraup menjadi faktor utama mengapa bisnis ini semakin banyak peminatnya. Sayangnya, tidak sedikit mereka yang ingin terjun ke dunia bisnis properti terganjal masalah modal.

Jangan kecewa dulu! Dikutip dari Swara Tunaiku, ada beberapa cara yang bisa Anda terapkan jika ingin menekuni bisnis properti, meski modal pas-pasan. Yuk, disimak!

1. Dapat Membaca Tren Properti
Cara mudah untuk dapat memahami tren kebutuhan properti adalah dengan melihat kondisi properti di sekitar Anda. Jika Anda memiliki media sosial, tentunya akan lebih mudah lagi memahaminya.

Anda bisa saling berbincang dan bertukar pikiran mengenai tema-tema properti. Siapa tahu dari situ Anda bisa mendapatkan inspirasi untuk bisnis properti nantinya.

2. Rajin Mencari Informasi Properti Terbaru
Cobalah untuk terus menggali informasi sebanyak-banyaknya tentang informasi properti terbaru. Jangan ragu untuk bertanya dengan perusahaan atau orang pemilik properti. Jika sudah mengetahui semua informasi mengenai properti yang akan dijual, Anda pun akan lebih mudah menjualnya.

3. Pandai Mempersuasi Orang
Tahukah Anda bahwa kemampuan utama yang dibutuhkan agar sukses dalam bisnis properti adalah kelihaian dalam mempersuasi orang? Baik saat sedang mempresentasikan atau meyakinkan orang lain untuk membeli properti yang dijual.

Jika kemampuan ini Anda miliki, bukan tak mungkin Anda akan menjadi perantara yang handal. Anda pun hanya tinggal menunggu keuntungan mendatangi Anda.

4. Membuat Kerja Sama Tertulis
Agar sama-sama memberikan keuntungan, sebaiknya Anda mengajukan kerja sama tertulis dengan pemilik properti. Nantinya Anda akan mengetahui sistem bagi hasil, spesifikasi properti, dan peraturan-peraturan lainnya.

Setelah kerja sama tertulis disepakati, barulah Anda bisa beraksi mencari calon pembeli. Tentukan harga jual sewajarnya, agar properti yang Anda tawarkan diminati orang lain. Tidak perlu mematok harga terlalu besar hanya karena ingin mendapatkan keuntungan yang besar juga. Toh, nantinya Anda akan mendapatkan komisi dari si pemilik properti, setelah propertinya resmi terjual.

5. Investasikan Keuntungan yang Didapat
Jika nantinya Anda sukses menjadi perantara, dan mendatangkan banyak keuntungan, jangan langsung berpuas diri. Cara bijak untuk memanfaatkan keuntungan tersebut adalah dengan menginvestasikannya. Anda juga bisa membuka bisnis lain, seperti membuat website tentang properti atau bisnis lainnya.