< Business

5 Tips Memulai Bisnis Waralaba Tanpa Pengalaman

5 Tips Memulai Bisnis Waralaba Tanpa Pengalaman

Business

Banyak hal yang dapat dilakukan untuk memulai bisnis, salah satunya adalah dengan membuka usaha franchise atau waralaba. Dengan membuka usaha jenis waralaba, Anda tidak perlu memulai bisnis dari nol. Anda hanya tinggal membuka usaha dengan menggunakan produk lain yang telah sukses.

Namun sebelum memulainya, ada beberapa tips yang dapat membantu Anda memulai bisnis franchise dengan mudah, meski belum berpengalaman. Baca tipsnya di bawah ini!

1. Pilih Produk Sesuai Minat
Meski terdengar sederhana, namun sebenarnya hal ini sangat penting. Jika Anda memilih produk yang akan dijual sesuai dengan minat, maka Anda akan lebih bersemangat saat menjalaninya. Selain itu, Anda juga akan lebih mudah menguasainya. Sebagai contoh, jika Anda menyukai traveling, maka Anda bisa memilih travel agent sebagai bisnis waralaba.

2. Kenali dan Pahami Prosedur Waralaba
Sebelum Anda menandatangani kontrak waralaba, kenali dan pahami betul semua prosedurnya. Cari tahu apakah produk yang akan Anda jual berhasil atau tidak di tempat lain, segmentasi apa yang sesuai dengan produk tersebut, serta seberapa banyak peminat produk tersebut.

Selain itu, pahami juga apa yang akan Anda dapatkan dari pemilik franchise dan apakah cukup menguntungkan untuk Anda.

3. Hitung Modal dan Perkiraan Keuntungan
Sebelum memulai bisnis apapun, alangkah baiknya jika Anda menghitung modal yang Anda miliki, termasuk bisnis waralaba. Apakah modal yang Anda miliki sesuai dan cukup untuk membuka franchise dari produk yang diinginkan?

Mulailah dari produk yang cukup terjangkau dan sesuai dengan modal Anda. Setelah itu, perkirakan juga mengenai keuntungan yang akan Anda dapat jika membuka bisnis franchise tersebut.

4. Pilih Lokasi yang Tepat
Agar bisnis Anda berjalan lancar dan ramai pembeli, maka hal ini juga harus diperhatikan. Lokasi yang tidak sesuai dengan pangsa pasar malah akan menyebabkan kerugian. Sebagai contoh, jika Anda akan membuka kafe waralaba, maka pilihlah lokasi yang selalu ramai, seperti dekat perkantoran atau kampus.

5. Jaga Hubungan Baik dengan Pemilik Franchise
Setelah bisnis berjalan, ingatlah untuk menjalin hubungan baik dengan franchisor (pemilik asli franchise). Hubungan yang terjalin baik antara Anda dengan franchisor juga akan mempengaruhi bisnis yang Anda jalani. Bukanlah sebuah hal yang tak mungkin jika bisnis waralaba Anda akan dipromosikan oleh franchisor.

Jadi, tunggu apalagi? Yuk, mulai berbisnis waralaba!