< Tips

5 Tips Menghindari Krisis Keuangan

5 Tips Menghindari Krisis Keuangan

Tips

Finansial atau keuangan menjadi salah satu poin penting pada seseorang mengingat keuangan menjadi penunjang kehidupan kita mulai dari memenuhi kebutuhan sampai memuaskan keinginan. Risiko terkena krisis keuangan pun selalu menghantui, maka dari itu dibutuhkan pengelolaan keuangan agar tetap terhindar dari krisis keuangan. Simak 5 tips di bawah ini!

1. Mengatur Pengeluaran
Pengeluaran sangatlah penting untuk di atur, buatlah rincian mengenai pengeluaran apa saja yang Anda perlukan tiap bulannya. Makin detail makin bagus pula, usahakan untuk mematuhi rincian tersebut dan hindari pengerluan yang tidak penting. 

2. Menabung!
Menyisihkan pemasukan untuk ditabung memang ada manfaatnya. Banyak orang merasa susah untuk menabung namun tabungan Anda sangat berguna jika dibutuhkan di kemudian hari, untuk keperluan mendadak seperti perawatan rumah sakit jika harus dirawat misalnya. 

3. Buatlah Tabungan Likuiditas
Ini merupakan salah satu cara bagi Anda untuk menabung, pilihlah tabungan yang menguntungkan namun tetap bisa dicairkan sewaktu-waktu Anda membutuhkannya. Namun ingat, perlu didisiplinkan dari dalam diri Anda bahwa tabungan tersebut dicairkan hanya untuk keperluan yang mendadak saja. 

4. Catat Pemasukan dan Pengeluaran
Catatlah di buku atau sekarang ada aplikasi smartphone untuk mencatat setiap pemasukan dan pengeluaran Anda. Unduhlah Expense Manager sebagai aplikasi pada smartphone yang dapat digunakan untuk mencatat setiap pengeluaran maupun pemasukan keuangan Anda.

Dengan dibuat secara detil, Anda bisa memantau berapa jumlah pemasukan dan pengeluaran setiap waktunya. Sehingga secara keseluruhan Anda bisa mengontrol jumlah pengeluaran dan mengurangi pengeluaran yang tidak diperlukan. 

5. Bayar Hutang Tepat Waktu
Jangan remehkan hutang karena hutang pun memiliki bunga yang bisa memberatkan Anda di kemudian harinya. Sebisa mungkin hindari berhutang dengan pihak manapun, namun apabila terdesak bayarlah hutang tepat waktunya agar tidak menjadi beban.