< Tips

5 Tips Menjaga Kesehatan Mata untuk Generasi Digital

5 Tips Menjaga Kesehatan Mata untuk Generasi Digital

Tips

Rutinitas yang mendekatkan Anda pada dunia digital tentunya bisa berdampak pada kesehatan, salah satunya pada mata. Apalagi kini sudah banyak anak-anak yang telah memiliki masalah mata karena sejak usia dini sudah dibekali dengan gadget. Lihat tips di bawah ini agar mata Anda tetap sehat.

1. Pastikan Cahaya Cukup
Saat membuka smartphone atau laptop, pastikan tempat di mana Anda berada dikenai cahaya yang cukup baik dari arah atas, samping kanan dan kiri, serta depan atau belakang Anda. Kurangnya cahaya akan membuat mata Anda tegang dan bekerja keras untuk menyesuaikan terhadap objek yang sedang Anda lihat. Karena itu, pastikan cahaya sekeliling Anda cukup, tidak redup maupun terlalu terang. Berikan juga waktu istirahat pada mata tiap 15-30 menit sekali.

2. Posisi & Jarak Baca
Disadari ataupun tidak, kadang Anda terlalu asyik melihat media sosial sehingga kurang memerhatikan jarak antara mata dengan smartphone yang terlalu dekat. Belum lagi kadang Anda sering bermain smartphone sambil tiduran, miring ke kanan ataupun kiri.


Photo source: http://pinterest.com

Saat Anda melihat smartphone dalam posisi tubuh tidur miring ke kanan atau kiri, otomatis salah satu mata Anda akan dipaksa untuk terpusat pada arah smartphone di tangan Anda. Hal inilah yang dapat menyebabkan mata juling apabila Anda terlalu sering melakukannya, atau dikenal dengan istilah strabismus. Mulailah membiasakan untuk melihat smartphone dalam posisi duduk, dengan pencahayaan cukup, dan jarak baca kurang lebih 30 cm.

3. Nyamankan Posisi Kepala
Jika Anda sudah menerapkan posisi duduk yang benar dalam membaca, kini pastikan posisi leher dan kepala Anda nyaman, tidak terlalu mendongak ataupun terlalu menunduk. Posisi leher yang rileks akan melancarkan aliran darah ke kepala Anda sehingga suplai oksigen ke seluruh bagian kepala akan lancar. Hal ini akan menjauhkan Anda dari pusing ataupun vertigo.


Photo source: http://pexels.com

4. Check Up ke Dokter Mata
Jika sekarang Anda menemukan kecenderungan memiringkan kepala untuk melihat jelasnya suatu objek, bisa jadi Anda memiliki ciri mata juling. Mungkin saat bercermin, sebelumnya Anda tidak sadar karena ciri awalnya tidak selalu memengaruhi estetika wajah Anda. Sebaiknya segera periksakan ke dokter mata, biasanya dokter mata akan memberikan resep untuk membuat kacamata jenis prisma bila diperlukan setelah melakukan serangkaian tes.

5. Batasi Penggunaan & Asupan
Mencegah lebih murah dari mengobati. Membatasi pemakaian gadget dan beraktivitas outdoor menghirup oksigen langsung dari pepohonan merupakan cara yang jauh lebih murah dibanding Anda berobat setelahnya, bukan? Luangkan waktu Anda minimal dua kali seminggu untuk berolahraga outdoor, juga imbangi dengan asupan makanan sehat dan bergizi seimbang.


Photo source: http://pexels.com

Untuk Anda yang memang tak bisa lepas dari gadget karena pekerjaan, sebaiknya Anda memasang anti radiasi pada laptop dan smartphone, serta mengunduh aplikasi anti radiasi blue eye filter yang sekarang sudah banyak jenisnya untuk Android dan iPhone.