< Tips

5 Tips Merawat Baterai Handphone Anda

5 Tips Merawat Baterai Handphone Anda

Tips

Saat ini sudah memasuki era di mana hampir setiap orang mengandalkan sebuah handphone untuk melakukan segala aktivitas seperti berkomunikasi, browsing, sampai dengan mencari tahu arah jalan. Untuk mendukung segala aktivitas tersebut dibutuhkan sebuah baterai sebagai sumber kehidupan handphone. Berikut adalah 5 tips agar baterai handphone Anda tidak cepat rusak dan tahan lama.

1. Jangan Tunggu Sampai Baterai Kosong
Selain memakan waktu yang lebih lama, mengisi daya baterai saat baterai benar-benar kosong tidaklah baik. Jika diibaratkan seorang manusia, jangan tunggu sampai energi seseorang tersebut benar-benar habis sebelum diisi lagi. Lama kelamaan kinerja seseorang akan cepat menurun jika energinya terus menerus dikuras. Hal tersebut juga dapat terjadi pada handphone Anda. 

2. Isi Daya Baterai Sampai Benar-Benar Penuh
Mengisi baterai sedikit-sedikit sampai dengan penuh lebih baik daripada harus menunggu handphone Anda mengindikasikan “low battery”. Lebih baik mengisi dari daya 70% sampai dengan 100% daripada harus menunggu baterai turun hingga 30% namun tidak diisi sampai dengan 100%. Hal ini juga dapat membuat baterai Anda tidak cepat habis.

3. Jangan Mengisi Baterai Handphone Semalaman
Banyak orang sebelum tidur mengisi daya baterai mereka lalu baru dicabut keesokan paginya ketika bangun tidur. Tindakan tersebut sangatlah tidak baik bagi handphone Anda karena akan membuat baterai overheat hingga akhirnya bocor. Lebih baik Anda menggunakan stop kontak tambahan dengan timer yang akan dengan otomatis menghentikan proses pengisian daya baterai Anda jika memang benar-benar butuh mengisi baterai pada malam hari. 

4. Sebaiknya Hindari Penggunaan Power Bank
Ya, power bank hampir dimiliki setiap orang dan selalu dibawa saat pergi kemanapun. Namun, tahukah Anda bahwa sebenarnya pengisian baterai melalui power bank kurang baik untuk handphone Anda.

Power bank sendiri juga merupakan sebuah baterai tambahan yang mampu mengisi baterai lain, dalam hal ini handphone Anda. Kekuatan pengisian baterai dari power bank terkadang tidak stabil, lain halnya jika Anda mengisi baterai langsung ke stop kontak. Jadi sebisa mungkin gunakan power bank jika benar-benar dibutuhkan saja.

5. Jangan Tempatkan Baterai Pada Suhu yang Panas
Ketika Anda berada pada luar ruangan, hindari meletakkan handphone Anda langsung terkena sinar matahari. Pada suhu normal saja daya tahan baterai akan terus turun tiap tahunnya, apalagi jika diletakkan pada suhu yang lebih tinggi. Daya tahan baterai akan langsung turun drastis. Hindari juga meletakkan handphone di atas dashboard mobil Anda ketika berpergian. Simpanlah handphone di tempat yang baik dan jauhkan dari sinar matahari langsung.  

Tips di atas hanyalah untuk memperpanjang umur baterai handphone Anda, karena baterai memang dibuat tidak untuk selamanya. Jadi jangan khawatir jika baterai handphone Anda rusak, karena setiap baterai pasti ada umurnya. Gantilah baterai Anda dengan yang baru demi kesehatan handphone Anda.