< Tips

5 Tips Sederhana ini Bisa Buat Kamar Anda Seperti di Drama Korea

5 Tips Sederhana ini Bisa Buat Kamar Anda Seperti di Drama Korea

Tips

Tidak dapat dipungkiri jika popularitas musik pop, makanan, fashion, makeup, tak terkecuali drama Korea, menyebar cepat ke berbagai belahan dunia. Anda mungkin bukan satu-satunya orang yang tersihir dengan kepiawaian, ketampanan dan kecantikan pemeran drama-drama Korea. Tak jarang juga Anda dibuat terpukau dengan latar tempat, mulai dari rumah hingga kamar pemain yang terlihat begitu menarik.

Rasanya, hampir setiap kamar yang muncul dalam drama Korea terlihat sangat sederhana namun nyaman untuk ditempati. Anda yang saat ini berencana mendekorasi kamar dapat menerapkan beberapa tips sederhana dan kreatif di bawah ini untuk menata kamar menjadi seperti di drama Korea.

1. Pilih Warna Cat Berwarna Soft

photo source: lifehacker.com

Ukuran kamar sendiri bukan satu-satunya faktor yang membuat kamar tersebut terlihat menarik dan terasa nyaman. Kamar yang tidak terlalu besar bukan halangan untuk Anda berkreasi dan mewujudkan impian untuk memiliki kamar seperti di dalam drama Korea.

Tips yang pertama adalah pemilihan warna cat dinding. Warna cat yang sesuai dapat menghasilkan efek luas pada kamar. Selain itu, cat dinding yang Anda pilih juga berperan membuat Anda merasa nyaman saat beristirahat atau menikmati waktu luang di dalam kamar.

Jika Anda perhatikan, kebanyakan kamar dalam drama Korea menggunakan cat dinding berwarna soft. Namun, putih bukan satu-satunya warna cat yang dapat menghasilkan efek lapang dan nyaman. Anda dapat memadukan warna putih dengan biru laut, kuning, turquoise (biru hijau), beige (krem), abu-abu, atau warna-warna pastel. Padu padankan warna-warna indah tersebut dengan perabot yang ditata sedemikian rupa, sehingga ruang kamar memiliki efek cerah, nampak luas dan lembut.    

2. Tidak Meletakkan Banyak Perabot

photo source: pinterest.com

Manfaatkan waktu luang di akhir pekan untuk memilih barang-barang yang sekiranya sudah tidak diperlukan lagi. Tidak terlalu banyak perabot merupakan kunci mengapa kamar di setiap drama Korea terlihat bersih dan rapi. Selain mengesankan efek sempit, terlalu banyak perabot juga menyulitkan Anda saat membersihkan kamar.

Mulai dari mengganti perabot berukuran besar yang memakan banyak tempat di dalam kamar. Anda bisa membuat atau membeli tempat penyimpanan vertikal, seperti rak temple pada dinding untuk memberikan efek lebih lapang pada kamar. Anda juga dapat menyontek gaya beberapa hotel untuk menghemat ruangan dengan cara menggunakan meja yang menyatu dengan dinding.

3. Bermain dengan Komposisi

photo source: pinteres.com

Sebagai tempat beristirahat, suasana kamar tidur dengan komposisi teratur merupakan suatu keharusan untuk dapat mengembalikan semangat dan energi Anda. Pastikan ukuran tempat tidur dan perabot yang ada di dalam kamar Anda sesuai. Pilih perabot yang tidak mempersempit ruang gerak, namun memberikan kesan luas pada kamar.

Usahakan untuk tidak meletakkan lebih dari 5 perabot dalam kamar. Selain itu, Anda juga dapat menggunakan warna cat berbeda pada masing-masing dinding atau wallpaper untuk mengalihkan fokus pada ukuran kamar yang terbatas (sempit).

4. Tidak Menggunakan Dipan

photo source: interiordesignideas.com

Selera masing-masing orang berbeda, ada yang suka menggunakan dipan, ada yang lebih suka menempatkan tempat tidurnya di lantai. Bukan berarti tempat tidur tanpa dipan mengurangi nilai estetis kamar Anda. Karpet bermotif yang warnanya senada dengan warna seprai membuat tempat tidur tanpa dipan terlihat lebih menarik. Anda bahkan bisa menambahkan rak buku di samping tempat tidur agar terlihat lebih berkarakter.

5. Manfaatkan Sudut Ruang

photo source: www.pinterest.com

Fokus mendekorasi kamar berukuran mungil bukan lagi pada ukuran namun lebih condong pada karakteristik. Tidak ada salahnya menambahkan elemen dekoratif unik pada sudut ruang kamar Anda. Mulai dari lukisan, cermin, lampu tidur atau perabot fleksibel serbaguna yang dapat dilipat ke dinding menjadi ide yang tepat untuk memaksimalkan sudut ruang yang terbatas.