< Business

5 Tips Sukses Menjadi Travel Blogger

5 Tips Sukses Menjadi Travel Blogger

Business

Cerita perjalanan seseorang yang mengunjungi tempat-tempat indah dan dicatat dalam sebuah blog, biasa disebut Travel blog. Adapun orang yang melakukannya disebut travel blogger. Lambat laun kegiatan ini ternyata dapat menghasilkan uang, hingga banyak yang tertarik terjun ke profesi ini.

Untuk mendalaminya, tentu mereka juga harus mempertahankan eksistensinya dengan terus menjelajahi berbagai tempat yang mempesona, baik di dalam maupun luar negeri dan menuangkan ceritanya ke dalam blog. Ada beberapa tips yang bisa Anda ikuti jika tertarik dan ingin menjadi seorang travel blogger yang sukses. Berikut uraiannya:

1. Buatlah Konten yang Menarik
Sebagai seorang travel blogger, menulis cerita perjalanan pada sebuah blog, tidak hanya sekadar bercerita saja. Apa yang ditulis dalam blog tersebut sebisa mungkin harus bermanfaat.

Biasanya, orang yang mengunjungi blog travel blogger adalah orang-orang yang sedang merencanakan perjalanan ke suatu tempat, dan belum pernah datang ke sana sebelumnya, sehingga mereka membutuhkan informasi tentang tempat tersebut. Jadi buatlah konten yang bermanfaat untuk dapat membantu mereka yang sedang mencari informasi di blog Anda.

Informasi itu bisa berupa rekomendasi penginapan, rute menuju tempat-tempat menarik di kota tujuan, hingga total anggaran menuju kota tersebut.

2. Melakukan Sesuatu yang Menarik
Unik, biasanya menjadi hal lain yang dicari oleh para pembaca blog, untuk menemukan informasi tentang perjalanan yang mereka inginkan. Seorang travel blogger yang berhasil menyajikan cerita perjalanan secara unik, seperti melakukan hal-hal yang tak biasa saat melakukan perjalanannya, biasanya sering menjadi blogger favorit para pembaca.

Anda bisa mencoba melakukan kegiatan yang tidak banyak ditemukan di lokasi wisata lainnya. seperti sea walking (berjalan di dasar laut), atau bungee jumping. Bisa juga mencicipi kuliner khas di kota yang Anda kunjungi tersebut. Akan semakin menarik lagi jika Anda juga menyertakan foto dan video di dalamnya.

3. Rajin Berkunjung ke Blog Orang Lain
Sesama blogger juga bisa saling mengunjungi blog-nya, dengan tujuan agar blog Anda bisa dipromosikan ke pembaca lainnya. Lakukan kunjungan ke blog yang sudah populer, karena mereka biasanya sudah memiliki banyak pembaca. Anda tidak perlu secara terang-terangan dengan memberikan link blog Anda. Cukup dengan memberikan komentar singkat yang sifatnya positif, mereka biasanya tidak akan sungkan untuk balik mengunjungi blog Anda. Namun, jangan lupa untuk mengikuti blog mereka. Karena jika blog Anda menarik, bukan tak mungkin mereka akan mengikuti balik blog Anda.

4. Share di Media Sosial
Selain itu , bisa juga mempromosikan blog Anda di akun media sosial yang Anda miliki. Sebagai contoh, setiap kali posting cerita di blog, jangan lupa untuk membagikannya di media sosial, seperti Facaebook dan Twitter yang memudahkan Anda berbagi link. Waktu terbaik untuk berpromosi di media sosial biasanya sekitar pukul 07.00 dan 20.00. Pada saat itu, sebagian besar orang sedang membuka akun media sosialnya.

5. Manfaatkan SEO (Search Engine Optimization)
Seorang blogger, sebaiknya mengetahui informasi dasar mengenai SEO dan bagaimana memaksimalkanya. SEO akan berpengaruh terhadap jumlah pengunjung yang mengunjungi blog Anda. Jangan lupa untuk selalu menambahkan kata kunci yang umum pada setiap postingan, agar mudah dicari di halaman utama Google.