< Tips

5 Tips Tetap Produktif Bekerja di Rumah

5 Tips Tetap Produktif Bekerja di Rumah

Tips

Semakin canggihnya teknologi, membuat banyak orang yang kini memilih bekerja di rumah. Memang, bekerja dari rumah terdengar menyenangkan. Karena kita tak perlu repot-repot keluar rumah menembus kemacetan Ibu Kota atau memakai baju formal. Namun, tak berarti bekerja dari rumah bukan tanpa masalah. Jika Anda tidak memperlakukannya bekerja di kantor, Anda juga akan merasa kewalahan dan justru menghambat pekerjaan Anda.

Dikutip dari JobStreet, ada beberapa tips sederhana yang dapat membuat Anda tetap produktif meski bekerja di rumah.

1. Miliki Ruang Kerja yang Layak
Jangan berpikir Anda bisa bekerja secara maksimal dengan posisi tiduran di tepat tidur. Memang, awalnya Anda akan merasa nyaman, namun lama-kelamaan justru akan membuat Anda merasa malas dan mulai mengantuk.

Jika Anda ingin tetap produktif, siapkan ruang kerja yang layak dan sesuai dengan pekerjaan Anda. Cara ini akan membuat tubuh Anda dengan sendirinya merasa semangat dan fokus untuk bekerja.

2. Gunakan Kursi yang Sesuai
Dengan situasi yang sama, miliki juga kursi yang sesuai untuk bekerja. Gunakan kursi yang biasa digunakan di kantor-kantor untuk bekerja. Karena kursi tersebut memang dirancang dapat menjaga postur tubuh Anda tegak, namun tetap dapat bersandar, sehingga tubuh tidak mudah merasa pegal.

3. Temukan Ritme Anda
Bergantung pada jenis pekerjaan, Anda mungkin tidak perlu mengikuti jam kerja yang biasanya berlaku di tempat kerja. Ini akan membantu Anda menemukan ritme kerja, sehingga Anda dapat bekerja produktif. Sebagian dari kita memang merasa bersemangat di pagi hari, namun ada juga yang baru menemukan ritmenya saat sore atau malam hari.

Bahkan jika pekerjaan Anda mengharuskan Anda mengikuti jam kantor, mengetahui ritme kerja tetap akan membantu Anda mengelola jam kerja yang tidak produktif lebih baik. Anda bisa menjadwalkan kerja manual untuk jam-jam tersebut, atau membuat secangkir besar kopi jika Anda memiliki tumpukan laporan untuk dibaca.

Intinya, karena bisa mengantisipasi jam kerja berkinerja rendah dapat membantu Anda membalikkan keadaan.

4. Mulai Hari dengan Benar
Mengikuti poin sebelumnya, Anda juga harus sarapan sehat untuk memulai apapun aktivitas Anda. Setelah sarapan pagi, beri waktu untuk bersantai dan berkumpul kembali sebelum mulai bekerja.

Renungkan, lakukan yoga, atau lakukan apapun untuk masuk ke dalam kerangka pikir yang produktif.

5. Pilih Lagu yang Tepat
Kedengarannya memang sepele, namun mendengarkan lagu yang tepat dengan ritme kerja ternyata dapat membuat perbedaan besar pada produktivitas kerja. Jika Anda mendengarkan musik yang lembut selama jam kerja Anda yang kurang produktif, yang ada Anda akan semakin malas untuk menyelesaikan pekerjaan, dan konsentrasi pun akan buyar. Jadi, pilihlah lagu yang tepat untuk meningkatkan semangat Anda.