< Tips

5 Tips Tetap Sehat Meski Sering Lembur

5 Tips Tetap Sehat Meski Sering Lembur

Tips

Hampir semua orang yang bekerja pasti pernah lembur. Lembur memang identik dengan jam kerja yang melelahkan karena melebihi waktu seharusnya, dan gaya hidup yang tak sehat. Akan tetapi, terkadang situasinya memaksa Anda untuk mau tak mau bekerja lembur. Ada beberapa cara yang bisa Anda lakukan agar tubuh tetap bugar meski sering lembur. Apa sajakah itu?

1. Pola Makan Teratur
Ketika sudah merasa ngantuk dan lelah, sering kali orang menjadi malas makan. Padahal, tubuh membutuhkan asupan makanan yang cukup agar tetap bertenaga meski sering lembur. Oleh karena itu, pastikan Anda tidak telat atau menunda jam makan malam. Pasalnya, laju metabolisme tubuh akan otomatis melambat di malam hari.

Itu sebabnya, meski lembur Anda tetap disarankan untuk makan malam sebelum jam 8 malam, agar tubuh Anda masih ‘kebagian waktu’ untuk memproses makanan sekaligus membersihkan racun di dalam tubuh. Selain itu, makan tepat waktu juga merupakan salah satu cara menjaga berat badan stabil.

Cara lainnya adalah dengan makan secukupnya saat jam makan. Kuncinya, sedikit tapi sering. Langsung makan dalam porsi besar tak hanya akan menaikan berat badan, tapi juga dapat memperlambat sistem pencernaan, serta meningkatkan risiko terkena penyakit diabetes.

2. Pilihlah Makanan dan Camilan yang Tepat
Hindari makanan manis, berlemak, pedas, dan mengandung banyak garam. Karena selain sulit dicerna, makanan tersebut juga akan membuat Anda mudah merasa lapar. Konsumsilah makanan sehat yang dapat memenuhi asupan energi Anda dengan mudah.

Makanlah makanan yang mengandung nutrisi seimbang, yaitu karbohidrat, protein, lemak baik, dan serat.

Nah, jika saat lembur tiba-tiba Anda ingin ngemil, pilihlah camilan yang sehat seperti buah-buahan segar, sereal, granola, biskuit, dan lain sebagainya.

3. Jangan Terlalu Banyak Ngopi
Ngantuk berat, mata merah, konsentrasi mulai buyar, dan punggung terasa kaku, adalah beberapa bentuk peringatan dari tubuh agar Anda segera beristirahat. Namun, bagaimana jika sedang lembur? Kebanyakan para pekerja mengatasinya dengan mengonsumsi makanan atau minuman tertentu sebagai stimulan untuk menghilangkan rasa lelah dan kantuk.

Salah satu stimulan yang paling digemari adalah minum kopi, dan akhirnya jadi kecanduan karena tiap kali lembur menghabiskan lebih dari secangkir kopi. Meskipun terlihat sangat membantu, konsumsi kafein secara berlebihan dapat membahayakan kesehatan. Pasalnya, mengonsumsi lebih dari secangkir kopi dalam satu malam dapat membuat tubuh dehidrasi dan insomsia.

Anda juga disarankan menghindari minuman berenergi dan alkohol. Sama seperti kopi, kedua jenis minuman tersebut merupakan jenis minuman tinggi gula dan kafein. Nah, kafein inilah yang dapat memacu paksa kerja jantung. Sedangkan kandungan gula berlebih di dalamnya dapat memicu diabetes.

4. Banyak Minun Air Putih
Daripada Anda mengonsumsi kopi ataupun minuman berenergi saat lembur, lebih baik penuhi asupan cairan Anda dengan banyak minum air putih. Minum air putih akan membantu Anda terhindar dari dehidrasi, sehingga Anda bisa tetap fokus dan tidak cepat lelah meski sering lembur.

Berapa banyak air putih yang harus diminum sebenarnya tergantung kebutuhan masing-masing. Namun, yang paling dianjurkan adalah segera minum tiap kali Anda merasa haus, sehingga kebutuhan air dalam tubuh tercukupi dengan baik.

5. Sisipkan Olahraga di Jam Kerja
Kebanyakan pekerja yang duduk berjam-jam sering mengeluh sakit punggung dan nyeri otot leher akibat postur duduk yang cenderung membungkuk karena melihat layar komputer atau kursi kantor yang tidak mendukung bentuk tubuh. Nah, untuk menyiasatinya, lakukanlah olahraga peregangan.

Melakukan peregangan sebentar dapat membantu menjaga peredaran darah dan tubuh tetap waspada ketika merasa lelah. Tidak usah melakukan olahraga yang berat, Anda cukup melakukan gerakan-gerakan ringan seperti peregangan leher dan punggung, atau jalan di tempat.